Artikel Pilihan

Manfaat Tanaman Bonsai Beringin Untuk Kesehatan Otak

Menanam pohon bonsai beringin sebagai tanaman hias mungkin merupakan kegiatan yang membosankan bagi sebagian orang. Alasan kebanyakan orang malas menanam bonsai beringin adalah tampilannya yang seperti pohon beringin biasa.

Tanaman ini memang versi kecil dari pohon beringin yang besar. Namun, anda bisa membentuknya sesuai dengan pola yang anda inginkan. Bonsai beringin memang kalah dengan tanaman hias lainnya, tetapi tanaman yang satu ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi anda. Salah satu manfaat yang akan anda rasakan adalah untuk kesehatan otak.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Manfaat Menanam Bonsai Beringin Untuk Kesehatan Otak

1. Meningkatkan Kreativitas Otak

Anda mungkin berpikir bagaimana tanaman seperti bonsai beringin dapat meningkatkan kreativitas otak anda. Tanaman yang satu ini adalah tanaman yang dapat anda bentuk menyerupai pola yang anda inginkan.



Saat anda berusaha membayangkan pola yang diinginkan dan mengimplementasikannya ke tanaman ini, pada saat itulah kreativitas anda sedang dilatih. Anda juga dapat memangkas daunnya hingga menyerupai bentuk yang anda inginkan.

2. Menghilangkan Stress

Warna hijau berpengaruh dalam psikologi untuk menghilangkan stress. Bonsai beringin memiliki daun lebat yang berwarna hijau. Begitulah cara tanaman ini menjaga kesehatan otak anda. Dengan melihat warna hijau pada tanaman yang satu ini, setidaknya beban dalam pikiran anda dapat sedikit berkurang.

Selain warna hijau, ada juga warna cokelat dalam tanaman. Warna cokelat akan memberikan kesan nyaman dan aman bagi anda. Itulah sebabnya ada beberapa orang hobi melihat tanaman hias.

3. Mempertajam Ingatan

Perawatan bonsai beringin harus terus dilakukan dengan rutin sehingga mau tidak mau, otak anda akan terus terlatih untuk mengingat kapan anda harus merawatnya lagi. Kapan terakhir kali anda memotong daunnya, memakaikan pupuk, dan menyiram.

Terus-menerus mengingat hal yang sama dalam jangka waktu panjang akan membuat otak anda terlatih. Ingatan anda akan semakin tajam untuk mengingat hal-hal dalam jangka panjang. Menanam tanaman ini sangat cocok untuk mempetajam ingatan.

4. Anda Akan Terus Belajar

Merawat bonsai beringin berarti anda harus terus belajar setiap harinya. Anda harus mulai belajar mendapatkan bibit tanaman ini, mulai dari tempat membeli atau cara mencangkok. Anda juga akan belajar cara menanam tanaman ini, membentuk pola, hingga memotong daun-daunnya.

Anda pasti melakukan banyak kesalahan saat pertama kali melakukannya. Mungkin anda memotong daun yang terlalu banyak atau melepas kawat terlalu kasar hingga batangnya rusak.

Anda terus belajar setiap harinya hingga akhirnya menjadi mahir dalam merawat tanaman ini. Otak anda juga akan semakin terlatih untuk mengingat hal-hal yang baru.


5. Membawa Pikiran Positif

Bonsai beringin akan membawa suasana alam ke dalam rumah anda. Suasana seperti itu sangat penting untuk membuat otak menjadi rileks dan tenang. Pikiran yang tenang akan membuat anda berpikir lebih positif.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com

6. Bonsai Beringin Juga Membuat Tubuh Bergerak

Bonsai beringin juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu membuat tubuh bergerak untuk merawatnya. Anda akan sibuk bergerak mengambil pupuk, air, dan gunting setiap hari.

Tuntutan fisik akan lebih besar saat anda memutuskan untuk menanam bonsai beringin lagi. Anda harus mencari bibit atau mencangkok langsung dari pohon. Tentu membutuhkan energi yang cukup besar untuk melakukan proses pencangkokan. Proses penanaman juga membutuhkan energi yang tidak sedikit.

Pergerakan tubuh yang lebih aktif membuat anda lebih banyak membakar kalori sehingga penumpukan lemak dapat dikurangi. Menanam bonsai beringin dapat jadi solusi kalau anda ingin mulai berdiet.



Bonsai beringin merupakan tumbuhan yang melakukan fotosintesis sehingga memberikan anda oksigen di saat anda merawatnya. Pergerakan tubuh yang aktif ditambah oksigen yang segar akan membuat badan anda lebih sehat. Anda tidak akan mudah terserang penyakit.

Setelah melihat manfaat menanam pohon bonsai beringin, apakah anda masih meremehkan tanaman yang satu ini dibandingkan tanaman hias lainnya? Manfaat yang anda dapatkan tidak akan kalah dari tanaman lainnya.

Kalau anda tertarik menanam bonsai beringin setelah mengetahui manfaatnya, anda harus mengetahui cara menanam dan merawat tanaman ini dengan benar.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Tanaman Bonsai Beringin Untuk Kesehatan Otak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel