Artikel Pilihan

Minum Minyak Zaitun Secara Rutin Ternyata Mampu Menyehatkan Badan

Siapa yang masih belum mengenal minyak zaitun? Minyak zaitun ini sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu dengan jutaan khasiat yang dihasilkannya. Minyak zaitun biasa dijadikan bahan makanan maupun sebagai minyak yang dioleh di bagian luar tubuh. Penikmat minyak zaitun ternyata juga cukup banyak tersebar di seluruh dunia.

ciri ciri pohon minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak nabati yang berasal dari tanaman. Tanaman tersebut yaitu tanaman zaitun. Minyak ini didapatkan dengan cara memeras buah zaitun yang sudah tua. Proses pemerasan dan penyulingan minyak zaitun cukup sederhana. Namun, semakin banyak proses penyulingan, hasil dari minyak yang didapatkan juga semakin jernih.

Pohon zaitun sendiri berasal dari daerah Mediterania, Timur Tengah dan Eropa. Tanaman ini bisa hidup dalam waktu yang cukup lama. Bisa dalam waktu ratusan bahkan ribuan tahun. Tak hanya itu, dalam usia pohon yang sudah tua sekalipun, pohon ini tetap mampu menghasilkan buah zaitun setiap musimnya.

Minyak zaitun ternyata juga bisa diminum. Konsumsi minyak zaitun satu sendok setiap harinya mampu memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat minum minyak zaitun.


Mengatasi Sembelit

Kandungan dalam minyak zaitun mampu melancarkan pencernaan. Hal ini dapat membantu atau mencegah anda terkena sembelit (susah Buang Air Besar). Minyak zaitun memenuhi kebutuhan kalori yang cukup tinggi tanpa meninggalkan minyak jenuh serta tidak perlu dicerna dalam waktu yang lama. Hal ini membuat tubuh tidak perlu bekerja keras untuk mencerna makanan di dalam perut. Sehingga buang air bisa lebih lancar dan rutin.

Mencegah Penyakit Stroke

ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: halodoc.com
Penyakit stroke sering ditandai dengan penyempitan pembuluh darah. Hal ini disebabkan banyaknya lemak yang menumpuk di dalam pembuluh darah. Tentu saja kondisi seperti ini mengganggu proses peredaran darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga :

Di dalam minyak zaitun tidak mengandung komposisi lemak jenuh. Bahkan, kandungan lemak tidak jenuh dalam minyak zaitun ini mampu melancarkan peredaran darah serta dapat memenuhi kebutuhan oksigen di seluruh organ tubuh.


Mampu Menyehatkan Tulang

ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: govegetarian.co
Di dalam minyak zaitun sebanyak 20 ml terdapat kandungan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini mampu meningkatkan kadar procollagen serta kadar osteocalcin yang terdapat dalam tulang. Kadar rpocollagen dan osteocalcin yang cukup tinggi, mampu menambah kepadatan tulang sehingga tulang tidak mudah keropos.

Di sisi lain juga dapat mengurangi risiko terjadinya patah tulang. Kandungan fenol pada extra virgin oil dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Hal ini sangat baik bagi kesehatan tubuh serta mencegah terjadinya penuaan dini.


Membantu Kestabilan Gula Darah

ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: health.harvard.edu
Minyak zaitun dapat menstabilkan kadar gula dalam darah serta mampu meningkatkan sensitivitas hormone insulin yang berfungsi menjaga kadar gula dalam darah. Dengan kadar gula darah yang stabil, dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Kadar kolesterol LDL dapat diturunkan denga minyak zaitun, sehingga kadar glukosa dalam darah juga bisa menurun.

Diabetes tipe 2 juga bisa disebabkan kondisi tubuh yang obesitas. Sedangkan dalam minyak zaitun mampu mengurangi risiko terjadinya obesitas dengan kandungan lemak tak jenuh yang terdapat di dalamnya. Pola makan dengan kandungan yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal seperti ini mampu mengurangi risiko terjadinya diabetes.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Masih berkaitan dengan kandungan lemak tak jenuh yang dimiliki minyak zaitun, kandungan ini juga bisa meningkatkan kondisi kesehatan jantung. Asam oleat yang dihasilkan lemak tak jenuh ini, diduga menjadi penyebab utama yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan satu sendok minyak zaitun per hari, dapat mencegah terjadinya kolesterol, mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah, serta mampu mencegah kolesterol. Minyak zaitun ini juga dapat memperbaiki kondisi lapisan pembuluh darah sehingga peredaran darah bisa lebih baik.

Demikian tadi berbagai khasiat yang bisa didapatkan dengan meminum minyak zaitun setiap hari. Konsumsi minyak zaitun memang bagus bagi tubuh, namun perlu diingat jumlahnya harus dibatasi sesuai dengan kebutuhan kalori dalam tubuh. Karena minyak zaitun juga merupakan sumber kalori yang cukup besar. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Minum Minyak Zaitun Secara Rutin Ternyata Mampu Menyehatkan Badan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel