Artikel Pilihan

Ternyata, Ini Manfaat Pupuk NPK untuk Tanaman Sawit

Semua petani pastinya menginginkan tanaman tumbuh subur dan menghasilkan panen yang berlimpah. Maka dari itu, petani membutuhkan pupuk yang bisa membantu kesuburan tanaman. Salah satu jenis pupuk yang banyak digemari adalah Pupuk NPK.

Jenis pupuk ini merupakan salah satu jenis pupuk majemuk. Artinya pupuk ini memiliki lebih dari satu unsur hara. Dengan begitu, pupuk dapat membantu kesuburan tanah hingga mendukung tumbuh kembang tanaman. Pupuk NPK pun memiliki banyak jenisnya.

Namun, pupuk yang banyak dipakai antara lain pupuk yang mengandung amonium dihidrogen fosfat, kalium klorida hingga ammonium nitrat. Dari kandungan ini sungguh-sungguh membantu tumbuh kembang tanaman. Salah satu jenis tanaman yang cocok memakai pupuk NPK adalah tanaman sawit.

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK




Manfaat Pupuk NPK untuk Tanaman Sawit

Secara spesifik pupuk NPK memiliki tiga kandungan penting. Sesuai dengan namanya, NPK mengandung unsur Nitrogen, Fosfor dan juga Kalium. Nah ketiga unsur inilah yang sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang tanaman sawit.

1. Nitrogen

Nitrogen dalam kandungan pupuk NPK ternyata baik untuk pembentukan serta pertumbuhan pada bagian vegetatif tanaman. Sawit akan memiliki daun, batang hingga akar yang baik jika mendapatkan nitrogen yang cukup. Nitrogen merupakan salah satu komponen penyusun dari beberapa senyawa penting bagi tanaman salah satunya asam amino.

Unsur nitrogen semakin penting karena 16% sampai 18% protein yang dibutuhkan oleh tanaman terdiri atas nitrogen. Maka dari itu, pupuk yang mengandung nitrogen sangat baik bagi tanaman sawit. Protein dalam larutan nutrisi benar-benar dibutuhkan dalam kesuburan tanaman.

2. Fosfor

Lalu apa fungsi unsur fosfor pada tanaman sawit? Ternyata unsur hara ini memiliki fungsi untuk proses fisiologis tanaman misalnya respirasi dan fotosintesis. Proses inilah yang membantu perkembangan akar sehingga bisa tahan terhadap kekeringan.

Selain itu, fosfor juga membantu mempercepat masa panen sehingga dapat mengurangi risiko panen yang terlambat. Memang jumlah fosfor yang diperlukan oleh sawit lebih sedikit dibanding nitrogen tetapi tetap saja kandungan ini penting bagi tumbuh kembang tanaman.

3. Kalium

Unsur berikutnya yang penting bagi tumbuh kembang tanaman adalah kalium. Nah, kalium sendiri ternyata berperan dalam aktivitas penting dalam sebuah proses reaksi-reaksi fotosintesis. Selain itu, ia juga berperan dalam respirasi tanaman serta enzim yang terkandung dalam tanaman.

Selain itu, kalium juga memiliki fungsi untuk mengedarkan karbohidrat. Ia juga dapat mempengaruhi susunan karbohidrat dalam tanaman. Dengan kalium, metabolisme tanaman juga lebih lancar. Dengan adanya kalium, bunga yang muncul dari tanaman tidak akan mudah gugur. Begitu pula buahnya.

Tak hanya unsur di atas, ada pula kandungan lain dalam NPK yang memberikan manfaat untuk tanaman sawit. Misalnya saja untuk mengusir hama. Kandungan NPK yang aktif bisa melindungi tanaman dari hama seperti ulat atau gulma. Tanaman yang bebas hama akan lebih bugar dan lebih sehat.

Manfaat berikutnya adalah untuk memberikan vitamin pada tanaman. Kerap kali ada faktor alam yang sulit diatur, salah satunya kekurangan sinar matahari. Nah dengan adanya pupuk NPK, tanaman akan mendapatkan enzim dan vitamin.

Agar bisa tumbuh dengan sehat, dinding tanaman harus tebal. Nah, ketebalan ini memiliki fungsi untuk melindungi tanaman dari cuaca ekstrim. Selain itu dapat pula membuat tanaman jadi lebih sehat dan segar. Maka dari itu, banyak petani yang sangat menyukai pupuk NPK.
Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK
Sumber: gdmorganic.com

Jenis Pupuk NPK untuk Tanaman Sawit

Nah, tak semua pupuk NPK bisa dijadikan pupuk untuk sawit. Ada beberapa jenis pupuk yang memang baik untuk sawit salah satunya pupuk NPK Palmo. Jenis pupuk satu ini memang memiliki kandungan makro maupun mikro yang sangat lengkap untuk sawit. Hanya saja pupuk ini bisa dipakai untuk tanaman sawit sja.



Pupuk satu ini bisa memperbaiki struktur tanah, mengaktifkan mikroorganisme serta dapat meningkatkan kemampuan akar untuk menyerap hara. Jenis pupuk berikutnya adalah Pupuk NPK Mahkota 12-12-17-2 + TE. Pupuk satu ini memang diformulasikan untuk tanaman sawit mulai dari proses bibit. Tak hanya itu saja, formulasinya cocok untuk tanaman di dataran rendah.

Semua tanaman termasuk tanaman sawit memang harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Kandungan dalam pupuk NPK benar-benar bermanfaat bagi tanaman secara keseluruhan.

Belum ada Komentar untuk "Ternyata, Ini Manfaat Pupuk NPK untuk Tanaman Sawit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel