Artikel Pilihan

Manfaat Pohon Palem Paris yang Wajib Diketahui

ciri ciri pohon palem paris

Pohon palem paris adalah jenis pohon palem dengan nama latin Calamus ciliaris dan pohon palen paris masuk dalam keluarga rotan-rotanan yang biasanya dipakai untuk tanaman hias. Pohon palem paris banyak ditemukan di Indonesia, karena pohon palem paris bisa hidup dengan berbagai kondisi udara dan daya tahan pohon palem paris terbilang sangat kuat.


Definisi Pohon Palem Paris

ciri ciri pohon palem paris
Sumber: pics.davesgarden.com
Pohon palem paris merupakan sebuah pohon yang menyerupai rotan dengan kondisi batang yang tidak tebal. Pohon palem paris bisa hidup dengan cawa merumpun ataupun merambat. Pohon palem paris memiliki garis tengah dengan ukuran sekitar 2 cm dan memiliki tinggi batang sekitar 3 meter. Bentuk daun pohon palem paris adalah menyirip, kemudian melengkung dan warna daun pohon palem paris adalah hijau tua.

Anakan daun memiliki letak yang saling merapat dan bagian sisinya memiliki bulu yang sangat halus, hal ini yang menambah keindahan daun pohon palem paris. Bunga pohon palem paris memiliki ukuran sekitar 0,5 meter. Kondisi buah pohon palem paris seperti bersisik dan warna buahnya hijau mendekati warna kuning.

Pohon palem paris memang memiliki beberapa varietas seperti C. ciliaris dengan Bl. var. peninsularis Furtado. Penelitian mengenai berbagai varietas pohon palem paris telah dilakukan sejak jaman dulu tepatnya pada jaman Beccari tahun 1913, karena Beccari melakukan penelitian pohon palem paris yang ada di Herbarium Bogoriensis.


Tempat Hidup Pohon Palem Paris

ciri ciri pohon palem paris
Sumber: palmpedia.net
Pohon palem paris memang bisa hidup di Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatera dengan Jawa dan pohon palem paris juga bisa ditemukan di luar Indonesia, tepatnya di semenanjung malaya. Karakteristik pohon palem paris adalah tumbuh di hutan yang memiliki curah hujan tinggi dan terjadi sepanjang tahun. Pohon palem paris bisa tumbuh pada ketinggian 0-800 meter diatas permukaan laut. 

Baca Juga :

Kebanyakan pohon palem paris yang tumbuh di pulau Jawa memiliki ketinggian sekitar 450 sampai 900 meter diatas permukaan laut. Kini kebanyakan penjualn pohon palem paris berada di pulau jawa, tepatnya di provinsi Jawa Barat. Harga bibit pohon palem paris sangatlah bervariasi, tergantung dari kualitas bibitnya.

Manfaat Pohon Palem Paris

Pada tahun 1877 sampai 1947, Karel Heyne pernah berpendapat mengenai pohon palem paris yang bagus untuk dijadikan tali pengikat. Dulunya orang Siberida menggunakan pohon palem paris untuk mengikat rumah, karena dulu belum musimnya penggunaan paku. Awal namanya bukanlah palem paris, namun peran para pedagang asal Bandunglah yang mempopulerkan pohon palem paris.

Penamaan paris ditanaman ini sengaja dilakukan para pedagang Bandung, agar ada kesan tanaman impor. Tanaman impor memang lebih disukai masyarakat dibandingkan tanaman lokal dan tanaman impor biasanya memiliki harga yang tinggi. Pohon palem paris memang memiliki bunga yang sangat indah dan memiliki batang rotan yang sangat mudah dirawat.

Pohon palem paris memiliki masa tumbuh yang relatif lambat, hal ini yang membuat pohon palem paris cocok untuk dijadikan tanaman hias. Apabila tumbuhan ini diletakan berdekatan dengan pagar rumah, tentu akan cepat melebar dan merambat ke berbagai sisi pagar. Pohon palem paris akan sangat bagus bila ditanam di sebuah kebun yang luas, karena pertumbuhannya akan lebih cepat.

Pohon palem paris juga bisa dipakai dalam dunia pengobatan, karena pohon palem bisa diracik menjadi penyembuh cacingan dan pohon palem paris juga bisa dipakai untuk membantu penyembuhan ibu yang baru melahirkan. Dengan banyaknya kegunaan yang dimiliki pohon palem paris, tak heran kalo banyak orang yang membutuhkannya.

Pembibitan yang bisa dilakukan untuk memperbanyak pohon palem paris adalah memakai biji, karena pembibitan melalui rumpun dengan tunas sangatlah sulit dilakukan. Akar halus yang dimiliki pohon palem paris sangatlah peka terhadap berbagai perubahan, sehingga sangat sulit untuk dikembangkan lewat tunas atau rumpun.

Secara umum pohon palem paris bisa ditanam dalam pot atau tanah dan pohon palem paris juga tidak perlu disiram secara rutin, siramlah setiap pohon mengalami kekeringan.

Demikian ulasan lengkap mengenai manfaat pohon palem paris dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat untuk para pembacanya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Manfaat Pohon Palem Paris yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel