Artikel Pilihan

Manfaat Keseluruhan Pohon Pinang Bagi Masyarakat

Pada artikel sebelumnya telah diketahui kandungan senyawa kimia yang terdapat pada pohon pinang. Sebagian besar senyawa kima tersebut banyak terdapat di bagian biji nya. Namun hal tersebut tak membuat bagian tubuh yang lain akan kehilangan manfaatnya.

Ada cara-cara tersendiri bagi masyarakat untuk membuat pohon pinang menjadi bermanfaat bagi kehidupan, seperti menanamnya di dalam maupun di luar ruangan sebagai pohon hias. Lantas, manfaat lain apa lagi dari pohon pinang bagi masyarakat? Mari kita bahas lebih lanjut.

1. Biji Pohon Pinang

Pohon pinang ditanam terutama untuk dimanfaatkan bijinya. Biji pinang terkenal dengan manfaatnya bagi masyarakat sebagai campuran yang ditambahkan gambir dan kapur ketika bersirih. Selain itu masyarakat juga banyak memanfaatkan biji pohon pinang sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Penyakit-penyakit yang biasa disembuhkan dengan racikan biji pohon pinang adalah sakit gigi, eksim, kudisan, cacingan, disentri dan diare akut yang menimbulkan pendarahan hebat. Adapun manfaat lain dari biji pohon pinang adalah sebagai alternatif penghasil warna merah dan bahan penyamak.

Apabila biji pohon pinang dibakar hingga menjadi abu, maka abu tersebut dapat digunakan untuk membersihkan gigi, namun jika digunakan terlalu banyak dapat merusak gigi. Biji pohon pinang juga dapat dilakukan pengolahan menjadi minyak atsiri sebagai bahan dasar pengganti solar.

ciri ciri pohon pinang

2. Buah Pohon Pinang

Buah pohon pinang juga memiliki segudang manfaat. Manfaat yang diberikan dari buah pohon pinang ini hampir sama dengan bijinya, karena dalam pengolahannya terkadang buah dan biji pohon pinang digunakan secara bersamaan.

Umumnya masyarakat juga memanfaatkan buah pohon pinang dalam dunia kesehatan. Dengan mengunyah buah muda dari pohon pinang dan menelan airnya, dapat membantu menetralkan darah yang terlarut dalam urin. Selain itu buah pohon pinang juga dimanfaatkan untuk mengobati difteri, penyakit kulit seperti kudis, hidung berdarah (mimisan), pendaharan saat menstruasi dan sariawan. Air sari buah pinang muda dapat bermanfaat sebagai obat luar untuk gangguan mata, demam dan disentri.

Buah pohon pinang banyak terkandung senyawa mineral alami, kalsium dan antioksidan. Senyawa mineral alami tersebut dapat memicu keluarnya saliva mulut, sehingga ketika mengunyah kulit buah pohon pinang membuat mulut tidak mudah kering.

Sementara itu adanya mineral Ca yang cukup tinggi dapat membuat gigi dan gusi menjadi lebih kuat dengan mengonsumsi buah ini. selain itu senyawa antioksidan yang cukup tinggi pada buah pohon pinang dapat menangkal mencegah terjadinya gangguan mata dan menangkal radikal bebas.

Disamping manfaatnya yang luar biasa, buah pohon pinang ternyata juga mengandung senyawa yang bersifat racun, yaitu arekaina dan arekolina. Jika mengonsumsi buah pohon pinang secara berlebihan dapat dalam jangka panjang dapat memicu senyawa racun tersebut menyebabkan berbagai gangguan. Adapun gangguan tersebut diantaranya beresiko menyebabkan kanker, hipertensi, detak jantung berlebihan dan anemia.


3. Batang dan Daun Pohon Pinang

Batang pohon pinang sering digunakan dalam perayaan HUT RI, sebagai sarana perlombaan. Selain itu kayu pohon pinang yang sudah tua juga dimanfaatkan sebagai pagar halaman dan alat perkakas, walaupun tidak awet dan tidak sebagus kayu jati.

Batang pohon pinang yang sudah tua dan sudah dibelah serta dibuang bagian tengahnya dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pipa untuk membuat saluran air. Sementara itu daun pohon pinang dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan dan bahan campuran untuk menganyam topi tradisional serta bagus digunakan dalam membuat atap.

Selain itu daun tersebut juga diolah sebagai obat untuk mengatasi sakit pinggang dan tidak nafsu makan pada anak. Sabut pohon pinang yang ketika dimakan terasa hangat dan pahit dapat pula bermanfaat untuk mengobati masalah gangguan pencernaan seperti sembelit dan edema.

Baca Juga :
ciri ciri pohon pinang merah
Sumber: stewartflowers.net

4. Akar dan Umbut Pohon Pinang

Pada zaman dahulu, akar pohon pinang dimanfaatkan sebagai campuran bahan untuk meracuni musuh atau orang yang tidak disukai. Namun sekarang pemanfaatan akar pohon pinang lebih manusiawi yaitu untuk mengobati sakit perut, difteri, kudis, sakit pinggang dan memperlancar buang air kecil.

Sementara itu umbut pohon pinang dapat dikonsumsi sebagai lalapan atau diolah menjadi acar, pepes maupun ditumis. Dalam dunia pengobatan, umbut pohon pinang juga dapat digunakan untuk mengobati patang tulang dan sakit pinggang.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Manfaat Keseluruhan Pohon Pinang Bagi Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel