Artikel Pilihan

Keunikan Pohon Zaitun

ciri ciri pohon zaitun

Pohon merupakan salah satu tumbuhan hidup yang sangat bermanfaat untuk manusia. Sama dengan tumbuhan hidup lain yang mempunyai keindahan tersendiri. Selain itu, pohon juga mempunyai keindahan tersendiri, karena itu pohon memang menjadi istimewa seperti ke beberapa pohon unik yang ada di seluruh dunia.

Setiap orang pasti menyukai hal yang unik dan menarik. Salah satunya adalah pohon di berbagai dunia yang memiliki keunikan hingga membuat manusia terpesona dan menjadikannya sebagai pusat perhatikan. Pohon-pohon yang unik ini mempunyai berbagai bentuk dan tumbuh di tempat yang asri dengan bentuk yang sangat unik.

Sebelum kita membahasnya lebih lanjut, yuk kita bahas pohon paling unik di dunia. Berikut adalah Pohon Paling Unik Di Dunia:

Elia Bouybon, Pohon Zaitun dari Vouves

ciri ciri pohon zaitun
Sumber: wikipedia.com
Pohon dengan bentuk yang sangat unik ini merupakan salah satu pohon yang tertua di dunia. Bahkan usianya diperkirakan sudah mencapai 3,500 hingga 4,000 tahun. Pohon ini terletak di sebuah kampung di Ano Vouves, Crete, Greece, yang katanya sampai saat ini masih mengeluarkan sebuah minyak, pohon tersebut adalah pohon zaitun dari vouves.

Pohon zaitun adalah pohon hijau yang sudah ditemukan sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan kabarnya, pohon zaitun ini dapat hidup bertahun-tahun lamanya. Walaupun pohon zaitun berada di tanah yang kering dan tandus.

Tanaman zaitun adalah tanaman yang mampu tetap berproduksi meski usianya telah tua. Tanaman ini dapat dimanfaatkan setiap bagiannya, mulai dari buah, daun, bahkan batang hingga akarnya. Pohon zaitun memiliki karakter yang kuat dan dapat bertahan terhadap penyakit, cuaca bahkan walau dibakar ia tetap bisa tumbuh dengan baik.

Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa meskipun pohon zaitun telah ditebang, tetap akan memunculkan cabang baru. Selama akarnya tidak tercabut hingga habis, pohon zaitun tetap bisa tumbuh lagi.

Baca Juga :

Habitat asli tanaman ini yaitu di lingkungan yang panas dan bisa tahan terhadap hujan es ringan. Tanaman ini biasa dijumpai di daerah timur tengah dan Eropa. Namun, sekarang di daerah tropis juga telah mengembangkan budidaya tanaman yang satu ini.

Pohon zaitun terbiasa hidup di daerah dengan lahan yang cukup luas. Akarnya bisa memanjang hingga 7 meter demi mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman dengan berbagai zat hara yang terdapat dalam tanah dan juga mencari air. Karenanya, pohon zaitun biasanya tumbuh berjarak satu sama lain. Walau ada juga tanaman zaitun yang tumbuh berkelompok seperti The Sister Olive Tree of Noah yang ada di Lebanon. Di sini terdapat 16 pohon zaitun yang hidup dalam sebuah kelompok.


Berumur Lebih Dari 100 Tahun

Sebagai informasi para arkeolog pernah menemukan pohon zaitun yang berumur lebih dari 100 tahun. Kenapa bisa begitu, ya? Nah ternyata, akar pohon Zaitun ini dapat menembus tanah hingga 6 meter dan menjalar sampai ke kanan dan kiri. Inilah rahasia ketangguhan pohon Zaitun bisa berumur panjang bahkan sampai lebih dari 100 tahun.

Suku Melati-melatian

Pohon ini termasuk spesies Olea europaea. L, dan berasal dari keluarga Oleaceae (suku melati-melatian). Pohon zaitun memiliki bunga, dimana bentuknya seperti lonceng. bentuk daun pohon zaitun berbentuk lonjong dan saling berhadapan, panjangnya sekitar 4-10 cm. Kalau bentuk buahnya mirip seperti batu kecil, di dalamnya terdapat biji-biji buahnya. Tinggi pohon ini kira-kira 8-15 meter.


Manfaat Pohon Zaitun

Buah pohon zaitun bisa dimakan. Biasanya digunakan sebagai manisan buah. Dan yang paling terkenal di dalam buah zaitun ini terdapat minyak yang disebut minyak zaitun. Minyak itu mengandung zat antioksidan dan lemak tak jenuh. Minyak ini bisa menyeimbangkan kolesterol. Selain itu minyak dan buah Zaitun bisa menjaga kelembapan kulit, lo. Katanya bisa bikin awet muda lho.

Itulah keunikan pohon zaitun, bahkan di Yunani, hampir setiap warganya menanam pohon zaitun di pekarangan rumahnya. Buah zaitun memang istimewa, tidak hanya dipakai sebagai bumbu dapur saja, tetapi juga bisa sebagai hiasan. Nah, apakah anda tertarik mencoba menanam zaitun di rumah?

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Keunikan Pohon Zaitun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel