Artikel Pilihan

Zat yang Terkandung Dalam Sebiji Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon Bidara
Untuk menanam bibit pohon bidara, anda harus melakukan proses persemaian terlebih dahulu. Rendam bibit pohon bidara bersama dengan bawang merah selama 1 malam. Setelah itu, anda harus menutupi bibit itu dengan tisu basah selama dua hari. Akar akan tumbuh setelah dua hari dan siap untuk dipindahkan ke tanah.

Menanam bibit pohon bidara memang memerlukan waktu yang panjang. Namun, tetap saja banyak orang yang ingin menanamnya karena mengandung banyak sekali manfaatnya. Contohnya, buahnya yang bisa menjadi bibitnya mengandung banyak sekali zat yang bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. 

Zat Dalam Sebiji Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: agrobibittanaman.com


1. Vitamin A 


Vitamin A berfungsi sebagai antioksidan, mencegah kerabunan, menurunkan risiko kanker, dan masih banyak lagi. Itulah kenapa anda disarankan untuk memakan buah atau bibit pohon bidara secara rutin. Kandungan ini juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. 

2. Vitamin C 

Vitamin yang banyak terdapat di jeruk ini ternyata juga banyak di buah bidara. Vitamin C bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh, menjaga kesehatan tulang, gigi, jantung, dan peredaran darah. Kandungan vitamin C dalam buah bidara juga tidak kalah banyak dari jeruk. 

3. Protein 

Kalau anda sedang ingin membentuk dan memperbesar otot, protein merupakan komponen yang sangat penting. Protein ini bisa anda dapatkan di bibit pohon bidara. Anda juga tetap harus memenuhi kebutuhan protein harian, yaitu 0,8 sampai 1 gram untuk setiap berat badan anda. 

4. Fosfor 

Zat yang satu ini terkenal sebagai zat yang membentuk kesehatan tulang dan gigi pada manusia. Namun, ternyata fosfor memiliki manfaat lain. Beberapa diantaranya adalah membantu kerja ginjal, meningkatkan fungsi otot dan saraf, untuk membentuk DNA, dan mempertahankan asam dan basa tubuh agar tetap seimbang. 

Buah bidara mengandung fosfor yang lumayan banyak. Kalau anda kesulitan memenuhi kebutuhan fosfor harian, memakan buah bidara bisa membantu anda. 

5. Zat Besi 

Zat yang biasa didapatkan dari hati ayam ini juga terdapat di bibit pohon bidara. Tubuh sangat membutuhkan zat besi untuk memperkuat imunitas tubuh, mempercepat pembentukan hemoglobin, meningkatkan fungsi otak dan otot, serta membuat tidur anda jadi lebih nyenyak. Karena itu, jangan pernah anggap sepele tubuh yang tidak cukup zat besi. 

6. Kalsium 

Untuk memiliki tulang yang kuat dan sehat, anda harus mengkonsumsi banyak kalsium. Zat yang satu ini biasanya terdapat di susu. Namun, buah bidara juga mengandung banyak kalsium. 

Fungsi lain kalsium selain untuk membantu pertumbuhan tulang adalah membantu pembekuan darah saat anda terluka, menjaga kesehatan janin bagi ibu yang sedang hamil, mencegah usus besar dari kanker, serta mengatur kerja otot. Setidaknya anda membutuhkan 1000mg kalsium setiap harinya. 

7. Niacin 

Bibit pohon bidara juga mengandung niacin atau lebih dikenal vitamin B3. Sebaiknya anda rajin memakan buah bidara agar tidak kekurangan asupan vitamin B3. Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan pikun, depresi, sakit kepala, diare, kelelahan, hingga masalah kulit. 

Niacin juga memiliki fungsi yang bagus untuk mengendalikan penyakit kardiovaskular. Vitamin yang biasanya banyak terdapat di ayam, ikan, dan telur ini bisa mengendalikan kolesterol dan kadar trigliserida. Selain itu, vitamin B3 juga akan meningkatkan fungsi otak dan hati. 

8. Beta Karoten 

Mungkin anda bertanya, apakah itu beta karoten? Zat ini adalah sebuah zat yang akan dipecah menjadi vitamin A. zat ini biasanya terdapat di sayuran dan buah-buahan, salah satunya adalah buah bidara. 

Fungsinya hampir sama seperti Vitamin A. Namun dengan beberapa kelebihan, yaitu menangani diare, penyakit liver, penyakit pankreas, asma, dan ostheoarthritis. Selain itu, kandungan ini juga bisa mengobati penyakit kulit terbakar. 

Makanya, anda bisa menggunakan buah bidara sebagai obat salep kalau kulit terbakar atau menggunakannya sebagai masker untuk mencegah timbulnya jerawat. Setiap harinya, anda disarankan untuk memberikan tubuh sebanyak 15mg beta karoten. 

9. Mineral 

Bibit buah bidara kaya akan mineral, salah satunya adalah zat besi dan kalsium. Mineral lainnya yang terkandung dalam tanaman ini adalah klorida, magnesium, kalium, iodium, selenium, dan zinc. 

Semua mineral tersebut memiliki fungsi untuk mengatur kerja tubuh. Contohnya seperti magnesium yang memiliki fungsi untuk membantu kerja metabolisme tubuh saat akan menyerap lemak dan protein. Contoh lainnya, Iodium memiliki fungsi untuk menjaga suhu tubuh serta kesehatan jaringan saraf dan otot. 

Setiap mineral tersebut dibutuhkan oleh tubuh dalam takaran tertentu. Daripada kekurangan mineral tersebut yang bisa menyebabkan tubuh jadi sakit, lebih baik anda memakan buah ini. 

Manfaat Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: rumahtanaman.com
Anda telah membaca kandungan yang terdapat dalam sebiji bibit pohon bidara serta manfaat setiap kandungan itu. Secara keseluruhan, buah bidara bisa mengobati berbagai penyakit, seperti penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit maag, gangguan saluran cerna, dan mencegah kanker. 

Bibit pohon bidara juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai permasalahan kulit, misalnya untuk jerawat, kulit kering, serta luka bakar. 

Kalau anda ingin memakan bibit pohon bidara setiap harinya karena sudah mengetahui manfaat dari tanaman ini, lebih baik langsung segera menanamnya langsung sehingga lebih praktis dan mendapatkan banyak manfaatnya.

Belum ada Komentar untuk "Zat yang Terkandung Dalam Sebiji Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel