Artikel Pilihan

Ini Dia Cara Mengolah Biji pohon Ketapang Jadi Makanan Lezat

Pohon ketapang merupakan salah satu jenis pohon yang sering dipandang sebelah. Tidak seperti pohon lainnya, pohon ketapang ternyata membawa manfaat lebih bagi orang yang mengonsumsinya. Seperti kita tahu bahwa pohon ketapang berkhasiat bagi penyembuhan berbagai macam penyakit.

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi bijinya. Biji ketapang ternyata bisa diolah menjadi bahan makanan siap santap yang cukup lezat. Disini kami akan memberikan tips bagaimana cara mengolah biji ketapang menjadi kudapan yang lezat. Karena selain lezat, biji ketapang juga memiliki banyak manfaat.

Baca juga : Di Mana Habitat Pohon Ketapang untuk Pertumbuhan Optimal ?

Mengolah Biji Ketapang

Memilih Biji yang Berkualitas

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Sebelum kita mengolah biji pohon ketapang ke tahap lebih lanjut. Kita harus memilih biji pohon ketapang yang berkualitas. Berikut ini tips memilih biji ketapang yang berkualitas :

1. Pilih biji yang benar-benar matang.
Artinya biji pohon ketapang tersebut sudah bisa kita panen. Cara melihatnya bisa dari penampakan buahnya. Jika buahnya sudah berwarna agak hitam maka kita bisa mengambilnya.




2. Pilih biji pohon ketapang yang sudah jatuh ke tanah.
Seperti kita tahu bahwa salah satu cara memilih buah ketapang yang sudah matang adalah dilihat dari bentuk bijinya. Namun jika anda sulit menentukan yang mana yang benar-benar matang maka bisa dengan cara ini. Caranya dengan mengambil buah ketapang yang sudah jatuh. Namun jangan pilih buah ketapang yang sudah jatuh terlalu lama ya! Karena bisa jadi buahnya sudah busuk.

3. Pilih yang masih berkualitas.
Ya, cara ketiga ini pasti semua orang sudah tahu. Namun berbeda ketika kita memilih buah konvensional dengan buah ketapang. Cara memilih biji yang masih berkualitas bisa dilihat dari bobotnya. Jika bobotnya sudah ringan artinya biji sudah kering dan siap dimanfaatkan.

Menjemur Biji Ketapang

Setelah kita berhasil memilih biji yang berkualitas. Lantas kita jemur biji tersebut dibawah sinar matahari langsung. Ada baiknya jika kita menjemur sampai buah dari pohon ketapang benar-benar kering.

Salah satu cara untuk mengetahui bahwa biji tersebut benar-benar kering adalah dengan mengangkatnya. Biasanya, biji pohon ketapang yang sudah kering memiliki bobot yang cukup ringan. Selain itu ketika kita gores, kandungan airnya pun sedikit.

Baca juga :Jangan Kaget, Di Waktu Ini Pohon Ketapang Meranggas Sempurna

Proses perendaman ini juga bertujuan untuk menghilangkan jamur serta bakteri pengganggu. Karena jika buah ketapang dihinggapi jamur dan bakteri maka akan mengurangi kualitas dari bijinya. Misalnya biji jadi keropos dan tidak enak ketika dimakan.

Pukul-pukul Biji Ketapang

Iya, cara untuk mengeluarkan biji dari buah ketapang sangatlah sulit. Hal ini karena biji dilingkupi dengan kulit buah yang cukup keras. Jika kita membukanya dengan tangan kosong akan kesulitan.

Maka dari itu, untuk membuka biji pohon ketapang kita harus memukul-mukulnya sampai kulit buah hancur. Setelah hancur kita bisa mengambil biji ketapang. Biji pohon ketapang ini mirip dengan kacang almond.

Kabarnya rasa dari biji ketapang pun juga mirip dengan rasa kacang almond. Maka dari itu banyak yang mencoba mengganti kacang almond dengan biji ketapang ini. Untuk memukul-mukulnya bisa dengan balok kayu yang ukurannya cukup tebal. Namun untuk memukulnya jangan sampai menghancurkan biji di dalam buahnya.

Rendam Biji Ketapang

Setelah kita mendapatkan biji ketapang, selanjutnya kita bisa merendamnya dalam air. Untuk meningkatkan rasa gurih pada biji ketapang kita bisa menambahkan garam dan bumbu bumbu pilihan.

Sebaiknya rendam biji pohon ketapang selama satu hari lebih. Semakin lama kita merendamnya maka biji ini semakin mudah untuk dihancurkan. Maka dari itu kita harus mengontrol kekerasan biji jangan sampai biji tersebut hancur. Biji yang terlalu keras pun jadi kurang nikmat ketika dikonsumsi.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: resepkoki.com





Nah jika sudah diberi bumbu, kita tinggal mengolahnya. Dalam mengolah biji pohon ketapang ada banyak caranya. Misalnya dengan menggorengnya. Namun akan lebih nikmat jika kita menyangrai biji tersebut dengan pasir yang bersih.

Setelah biji tersebut di masak maka kita bisa memberinya bumbu sesuai selera. Dengan begitu biji ketapang lezat sudah siap untuk dinikmati. Rasanya pun mirip dengan kacang almond. Nikmat!

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia Cara Mengolah Biji pohon Ketapang Jadi Makanan Lezat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel