Artikel Pilihan

Daftar Pupuk NPK Terbaik untuk Tanaman Perkebunan

Indonesia terkenal dengan berbagai jenis tanaman perkebunan. Banyak orang yang memiliki usaha di bidang ini karena menjanjikan. Maka dari itu, segala cara dilakukan agar hasil panen maksimal salah satunya dengan pemberian pupuk yang tepat.

Salah satu jenis pupuk yang banyak dipakai oleh berbagai tanaman perkebunan adalah pupuk NPK. Kandungan unsur hara yang lengkap membuat pupuk ini membuat tanaman jadi lebih sehat. Selain itu, produktivitas panen juga semakin tinggi. Kenali jenis pupuk sawit terbaik yang banyak dipakai oleh para petani di bidang perkebunan.

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK

Pupuk NPK Palmo

Tak hanya lengkap dengan kandungan unsur hara, pupuk NPK s ini mengandung asam humat dan fulvat. Kandungannya memang merupakan formulasi khusus sawit. Salah satu keunggulan dari pupuk ini adalah mengatasi masalah nitrogen dalam pupuk yang kerap kali hilang atau menguap.



Sebuah rekayasa dibuat agar kehilangan unsur nitrogen lebih lambat. Artinya tingkat kelarutan dengan unsur lain seperti phospat dan kalium jadi sama. Kandungan fulvat dan asam humat bisa memperbaiki struktur tanah serta bisa mengaktifkan mikroorganisme. Dengan begitu tanaman jadi sehat karena akar dapat menyerap nutrisi dengan baik.

Pupuk NPK KOKA

Pupuk NPK Kopa termasuk salah satu pupuk yang punya unsur hara sangat lengkap. Selain itu, penyerapan pupuknya juga tinggi sehingga dosis pemberian pupuk tidak perlu terlalu banyak. Hal ini akan membantu petani dalam hal efisiensi biaya produksi. Sesuai namanya, pupuk NPK ini sangat cocok untuk tanaman kakao atau kopi.

Selain itu, pupuk ini bisa menjamin ketersedian unsur hara selama 5 sampai 6 bulan. Pupuk KOKA sangat efektif dalam kandungan unsur hara dan dapat mencegah penguapan unsur hara karena sifatnya yang mudah larut. Senyawa humik dalam pupuk NPK sawit ini bisa memperbaiki struktur tanah sehingga tanaman juga jadi lebih sehat.

Pupuk NPK PUKALET

Kali ini pupuk NPK satu ini sangat bagus untuk tanaman karet. Pupuk ini juga diperkaya dengan vulvat dan asam humat. Pastinya juga memiliki unsur hara mikro maupun makro. Tak hanya itu, pupuk Pukalet juga mengandung kalsium, sulfur dan magnesium. Pastinya ketiga unsur ini sangat dibutuhkan oleh tanaman karet.

Mirip dengan jenis pupuk NPK untuk perkebunan lainnya, bahan di dalam pupuk NPK ini ternyata berfungsi untuk mengatur pelepasan unsur hara dengan cara perlahan dan juga terkendali. Dengan begitu pemakaian pupuk jadi lebih efektif dan juga efisien.

Pupuk NPK Saraswanti

Salah satu keunggulan dari pupuk ini adalah kandungannya yang disesuaikan dengan kondisi tanah di Indonesia serta menyesuaikan iklim sekitar. Pupuk ini termasuk yang banyak variannya karena bisa dipakai untuk berbagai tanaman mulai untuk tebu, sawit, karet hingga kopi. Ada berbagai jenis pupuk NPK jenis ini yang bisa disesuaikan dengan kebutuhannya.

Formulasi unsur hara dibarengi dengan bahan dasar yang berkualitas membuat pupuk ini juga termasuk yang disukai oleh petani. Tanaman akan memiliki kualitas panen yang lebih maksimal. Tak hanya itu saja, tanaman juga memiliki daya tahan yang lebih kuat. Dengan begitu, ia tidak mudah diserang oleh berbagai penyakit.

Pupuk NPK Cornalet

Ciri Ciri Pohon Pupuk NPK
Sumber: merdeka.com
Pupuk NPK jenis ini cocok untuk dipakai ke tanaman tebu. Kandungan unsur hara mikro dan makro juga akan membantu pelepasan nutrisi secara lambat. Tak hanya itu saja, pupuk ini juga mencegah pupuk mengalami kehilangan unsur hara yang sangat besar.



Salah satu indikator keunggulan dari sebuah pupuk adalah bagaimana kadar unsur pelepas hara dan juga tingkat kekerasan dari pupuk itu sendiri. Sebab, pupuk juga berfungsi untuk memastikan unsur hara bisa dilepaskan sesuai dengan kebutuhan tanaman. Jangan sampai terlalu banyak atau kurang mengingat ada proses penguapan pada tanaman.

Itu dia sederet pupuk NPK yang biasa dipakai untuk berbagai tanaman perkebunan. Masalah tanaman yang umum terjadi pada perkebunan adalah kurangnya penyerapan unsur hara. Maka dari itu, petani harus memilih pupuk yang memang bisa terserap dengan baik.

Pupuk yang tidak terserap baik justru akan membuat petani merugi. Penyerapan yang baik pastinya akan membuat biaya jadi efisien dan efektif. Pastinya juga berdampak baik pada hasil perkebunan dan tumbuh kembang tanaman itu sendiri.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Pupuk NPK Terbaik untuk Tanaman Perkebunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel