Artikel Pilihan

Ciri-ciri Buah Pohon Palem Acai yang Wajib Diketahui

ciri ciri pohon acai

Pohon palem acai adalah jenis pohon palem yang sudah ditemukan sejak jaman dulu. Pada abad ke 21 sudah banyak masyarakat dunia yang memanfaatkan buah palem acai untuk berbagai keperluan. Seiring berjalannya waktu, pembudidayaan pohon palem acai terus dilakukan dan bagian daun dari pohon palem acai juga sering dijadikan bahan dalam pembuatan sayur.

Pohon palem acai merupakan jenis palem yang berasal dai Brazil dan keberadaannya banyak ditemukan di area rawa atau daerah yang sering terkena banjir. Pohon palem acai tumbuh dengan tinggi menjulang dan ketinggiannya bisa mencapai 25 meter. Bentuk daun pohon palem acai biasanya menyirip hingga mencapai 3 meteran.

Bentuk buah palem acai sangatlah kecil dan bentuknya bulat atau bundar dan buah palem acai memiliki warna yang hitam mendekati ungu. Pada abad ke 18, Buah palem acai menjadi makanan pokok masyarakat Brazil yang tinggal disekitar banjir. Buah palem acai mulai diperkenalkan sebagai makanan sehat pada tahun 1990-an dan popularitasnya masih terjaga sampai sekarang.

Sejarah Pohon Palem Acai

ciri ciri pohon acai
Sumber: foodtolive.com
Penamaan pohon palem acai berasal dari bahasa portugis yaitu tupian yang artinya adalah buah yang mengeluarkan air. Pentingnya buah palem acai sebagai bahan makanan disekitaran sungai Amazon memundulkan berbagai cerita lokal yang terus berkembang di masyarakatnya. Dengan cerita rakyat yang panjang, maka pohon palem acai bisa dikenal sampai sekarang.

Dalam ceritanya disebutkan bahwa kepala itaqui memberikan perintah agar semua bayi yang baru saja lahir harus dihukum mati, akibat adanya kelaparan yang sangat parah. Suatu ketika anak dari kepala itaqui melahirkan dan anaknya menjadi korban yang harus dibunuh, kepala itaqui menangis hingga meninggal di bawah sebuah pohon yang baru saja tumbuh.

Pohon itu mampu memberikan kehidupan bagi masyarakat sekitar amazon dan penamaan acai dihasilkan dari nama anak yang jadi korban. Dengan berbagai cerita sejarahlah ditemukan pohon palem acai. Berdasarkan isi cerita yang berkembang di masyarakat Brazil, tentu menanam pohon palem acai diharapkan memberikan keberuntungan atau keberkahan.


Ciri-ciri Buah Pohon Palem Acai yang Wajib Diketahui

ciri ciri pohon acai
Sumber: 1.bp.blogspot.com
Buah pohon palem acai lebih dikenal dengan sebutan acai berry. Buah acai memiliki ukuran kecil dengan bentuknya yang bundar atau bulat. Diameter buahnya sekitar 25 mm dan buah ini memiliki bentuk menyerupai buah anggur, tetapi ukurannya lebih kecil dari anggur. Kandungan pulp dalam buah pohon palem acai sangatlah sedikit.

Baca Juga :

Buah pohon palem acai yang sudah matang biasanya memiliki warna ungu tua atau hijau, karena tergantung dari jenis pohon palem acainya dan tingkat kematangan buahnya. Mesocarp yang dimiliki pohon palem acai berbentuk menyerupai pulpa dan memiliki ukuran yang tipis, karena ketebalannya hanya 1 mm, bahkan ada yang kurang dari 1 mm.

endocarp yang dimiliki pohon palem acai bertekstur tebal dan juga keras, biasanya berisikan sebuah biji yang memiliki diamater sekitar 7-10 mm. Buah palam acai bisa menghasilkan benih dengan presentase 80%, karena pohon palem acai bisa berbuah sepanjang tahun dan buah pohon palem acai tidak bisa dipanen saat musim hujan, karena kondisi buahnya basah.

Pohon palem acai memiliki 2 waktu yang tepat untuk dipanen, panen periode pertama pada bulan Januari sampai Juni dan pada periode kedua pada bulan Agustus dengan Desember. Pohon palem acai memang tidak terlalu rentan untuk terjena serangan hama atau terkena penyakit tanaman, namun kemungkinan kena serangan masih ada.

Hama yang seringkali menyerang pohon palem acai adalah belalang dan ciri pohon palem acai terserang hama memiliki bekas gigitan yang tidak beraturan, bahkan bekas gigitan di daun dapat merambat ke bagian lainnya. Belalang harus dijauhkan dengan pohon palem acai dan cara mencegahnya bisa menyemprotkan cairan kimia yang khusus untuk berantas hama tanaman.

Sedangkan penyakit yang seringkali menyerang pohon palem acai adalah munculnya penyakit bercak daun dan penyebab penyakit bercak daun adalah fusarium sp. Gejala penyakit ini biasanya didapati bercak kuning atau bercak hijau dan bercak yang dibiarkan dalam waktu lama akan menimbulkan bekas luka bewarna gelap.

Sekian ulasan lengkap mengenai ciri-ciri buah pohon palem acai yang wajib diketahui dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembaca.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri Buah Pohon Palem Acai yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel