Artikel Pilihan

Siapa Sangka, Di Berbagai Daerah Sebutan Pohon Ketapang Memang Berbeda


Ada beberapa sebutan pohon ketapang dari berbagai daerah yang harus Anda ketahui. Sebutan pohon ketapang ini tidak hanya berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya di Indonesia saja. Di berbagai negara ketapang juga memiliki sebutan yang berbeda-beda.

Pertanyaannya adalah mengapa Anda harus mengetahuinya? Sebab mungkin saja Anda sedang berada di luar daerah dan mencari ketapang, mengetahui nama lainnya saja rasanya sudah bisa menambah sedikit wawasan anda tentang ketapang.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: contactfinia.files.wordpress.com


Sebutan Pohon Ketapang di Berbagai Daerah Indonesia

Karena sebutan pohon ketapang berbeda antara daerah satu dengan daerah lain di Indonesia serta berbeda di setiap negara, yang akan pertama dibahas adalah di Indonesia sendiri dulu. Begitu tidak setiap daerah di Indonesia menyebutkan nama ketapang yang berbeda-beda. Antara daerah satu dengan daerah lainnya yang berdekatan masih ada kesamaan sebutan pohon ketapang ini.



Contohnya saja di Papua Barat, ketapang biasa disebut dengan dua nama yaitu kalis dan kris. Selain di Papua Barat, nama yang sudah berbeda ditemui di daerah Rote, yang mana ketapang ini disebut sebagai lisa.

Ada beberapa sebutan pohon ketapang di daerah Maluku, di antaranya adalah sarisalo, sirisal, sirisa, sarisa, ngusu, tiliho, dan tiliso. Hal ini sama dengan ketika Anda berada di Sulawesi Utara. Warga Sulawesi Utara biasa menyebut ketapang dengan sebutan salrise, tarisei, atau talisei.

Sebutan pohon ketapang tak hanya berdasarkan daerah saja melainkan juga bahasa. Untuk mereka yang menggunakan bahasa Bugis biasa menyebut Ketapang sebagai atapang. Suku Timor menyebutnya sebagai ketapas, suku Simeulue yang menggunakan bahasa Simelue menyebutnya sebagai lahapang, disebut katapieng oleh orang Minangkabau, disebut sebagai katafa oleh orang Nias, dan disebut sebagai hatapang dalam bahasa Batak.

Tentu saja perbedaan sebutan pohon ketapang ini bukan menjadi masalah. Justru ternyata dengan hal ini bisa terbukti bahwa di Indonesia ada beragam suku serta bahasa. Anda tidak perlu menghafal satu persatu sebutan untuk pohon ketapang ini dari daerah satu dengan daerah lainnya atau dari bahasa satu dengan bahasa lainnya. Pastinya akan sulit untuk menghafalkan satu sama lain. Maka dari itu, jika benar Anda kesulitan gunakan saja bahasa Indonesia yaitu dengan menyebutnya sebagai ketapang.

Istilah Untuk Pohon Ketapang di Dunia

Perbedaan penyebutan pohon ketapang tak hanya berbeda-beda di dalam Indonesia saja. Orang-orang di wilayah Indonesia juga memiliki sebutan yang berbeda-beda untuk pohon ketapang ini. Kurang bisa dipastikan negara satu menggunakan sebutan apa, dan negara lainnya menggunakan sebutan apa, namun telah diringkas beberapa sebutan yang dipakai oleh orang luar negeri dalam menyebutkan ketapang.

Orang luar negeri yang menyebut ketapang dalam bahasa Inggris rupanya memiliki banyak sebutan. Ada yang menyebutnya sebagai Umbrella Tree, juga ada yang menyebutnya Talisay Tree. Di sisi lain juga banyak warga dunia yang menyebutkan ketapang sebagai almond-almond an, misalnya saja dengan menyebut ketapang sebagai Beach Almond, Sea Almond, Tropical Almond, Singapore Almond, Malabar Almond, Indian Almond, dan Bengal Almond.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: manuelantoniopark.com

Mungkin Anda langsung bertanya-tanya mengapa ada sebutan pohon ketapang sebagai Singapore Almond. Belum ada yang mengetahui secara pasti mengapa ada warga dunia yang menyebut ketapang dengan nama tersebut. Namun jika Anda sudah mengerti dari mana asal ketapang ini akan lebih mudah menyimpulkannya.

Diketahui Ketapang adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini bisa hidup secara alami tanpa bantuan manusia di semua wilayah Asia Tenggara kecuali dua daerah. Dua daerah tersebut hanyalah Pulau Sumatera dan Kalimantan.



Di dua pulau ini sebenarnya ketapang bisa hidup, hanya saja harus dengan bantuan manusia. Mungkin karena asalnya inilah ada warga dunia yang menyebut ketapang sebagai Singapure Almond. Itulah beberapa informasi seputar sebutan pohon ketapang dari berbagai daerah baik di dalam Indonesia maupun di luar Indonesia.

Setelahnya Anda bisa menggunakan sebutan pohon ketapang sesuai dengan yang ada di daerah Anda atau menggunakan versi bahasa Indonesianya saja. Anda juga sudah mengetahui Apa sebutan lain pohon ketapang di luar negeri. Karenanya jika Anda sedang di luar negeri dan mencari ketapang bisa mendapatkannya dengan lebih mudah.

Belum ada Komentar untuk "Siapa Sangka, Di Berbagai Daerah Sebutan Pohon Ketapang Memang Berbeda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel