Artikel Pilihan

Beragam Fungsi Pohon Sakura Dalam Dunia Kuliner

Berburu kuliner di seluruh penjuru dunia merupakan hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Bagaimana tidak, hampir di setiap negara memiliki kuliner mereka yang khas dan berbeda dari negara yang lainnya. Negara tetangga kita pun sudah memiliki perbedaan yang besar dalam hal kuliner saja.

Di Indonesia sendiri kita sudah memiliki banyak sekali jenis makanan, yang tersebar dari ujung Sabang sampai Merauke. Berbagai daerah memanfaatkan bahan makanan yang khas dari daerah mereka sendiri. Di tiap negara pun, makanan khas bisa berbeda-beda. Seperti Jepang, yang turut memasukkan sakura sebagai bahan makanan.

Ya, sakura di Jepang dapat dimanfaatkan untuk bidang apa saja, termasuk di dalamnya kuliner. Ada banyak sekali kuliner yang menggunakan bahan dasar dari pohon sakura, menggunakan unsur-unsur yang ada di dalamnya untuk mempersedap makanan. Nah, bagi anda yang penasaran dengan bagaimana fungsi pohon sakura dalam dunia kuliner, berikut penjelasannya :

Penggunaan Sakura Sebagai Penyedap dan Hiasan Makanan

Ciri Ciri Pohon Manfaat Bunga Sakura

Bukan rahasia lagi bila bunga sakura memang terlihat sangat indah. Banyak tangan-tangan kreatif yang gemas untuk menjadikan bunga sakura sebagai hiasan kue ataupun makanan lain yang bisa dikonsumsi. Biasanya, anda dapat menemukan hiasan bunga sakura pada kue-kue, terutama kue yang dibuat dalam rangka yang istimewa, seperti kue pernikahan misalnya.



Hiasan bunga sakura ini dapat mempercantik makanan kesukaan anda, tanpa memberikan efek samping kepada kandungan makanan. Selain daripada sebagai hiasan, daun sakura bisa digunakan sebagai penyedap yang nanti dapat digunakan untuk membuat makanan jenis kue seperti cupcake dan bakpao. Rasanya yang gurih juga bisa digunakan sebagai penambah rasa jeli.

Penggunaan Daun dan Bunga Sakura

Contoh sangat sederhana dari penggunaan daun sakura adalah pada saat menanak nasi. Apabila di Indonesia seringkali masyarakatnya menambahkan pandan untuk menambah rasa dan aroma, di Jepang sana daun sakura lah yang digunakan. Karena sifat daun sakura yang memiliki rasa asin, akan sangat cocok apabila dikombinasikan dengan nasi. Selain daripada rasa, wewangian khas bunga juga bisa dirasakan.
Ciri Ciri Pohon Manfaat Bunga Sakura
Sumber: tastykitchen.com
Selain daripada itu, masyarakat juga mengolah daun sakura ini menjadi berbagai bentuk jajanan yang menggoda nurani anda. Salah satu contohnya adalah sakuramochi. Siapa sangka, kombinasi antara rasa manis dan rasa asin dari daun sakura bisa menghasilkan jajanan yang sangat nikmat. Di musim semi, jajanan ini menjadi jajanan yang khas dan mudah dijumpai di mana-mana. Selain daripada Sakura Mochi, ada juga makanan tradisional lainnya seperti Sakura Daifuku dan Sakura Wagashi yang memiliki rasa yang unik.

Selain daripada makanan Jepang, makanan dari negara lain pun dapat dikombinasikan dengan sakura ini. Contohnya adalah Sakura Macarons. Jajanan Macarons khas Eropa ini juga akan memiliki rasa yang unik ketika dikombinasikan dengan Sakura, apalagi aroma harumnya juga menambah nafsu makan.

Ekstrak yang diambil dari sakura juga bisa digunakan sebagai bahan-bahan dapur lainnya, seperti selai sakura, kripik sakura, dan lain sebagainya. Dengan segala potensi yang ada, anda bisa mendapat banyak sekali pilihan produk olahan sakura.

Teh Sakura

Ciri Ciri Pohon Manfaat Bunga Sakura
Sumber: thirstyfortea.com
Salah satu peran sakura dalam dunia kuliner adalah dapat digunakan sebagai minuman yang bernutrisi. Mengonsumsi sakura yang kaya akan antioksidan dan kolagen akan sangat berguna bagi wajah anda, terutama para wanita yang menginginkan kulit halus dan awet muda. Mengubah bunga sakura menjadi teh cukup mudah, dan bisa dilakukan dengan dua cara saja.



Cara yang pertama adalah menggunakan kelopak bunga sakura. Letakkan bunga sakura kedalam cangkir, dan siram perlahan dengan air panas. Perlahan, air akan berubah menjadi warna merah muda, dan teh sakura siap untuk dihidangkan. Cara ini sebenarnya merupakan cara alternatif untuk mengonsumsi sakura, karena anda juga bisa mengkonsumsi bunga sakura secara langsung.

Cara kedua adalah dengan mengeringkan dahulu daun dan bunga sakura. Hampir sama seperti penyeduhan teh herbal sebelumnya, saringlah dedaunan dan bunga sakura yang dikeringkan dan kemudian disiram menggunakan air panas. Teh dari metode pengeringan ini akan terasa lebih gurih dan sedikit asing, karena daun sakura itu sendiri. Tapi, kombinasi rasa ini menciptakan kontras yang menarik untuk dicicipi.

Belum ada Komentar untuk "Beragam Fungsi Pohon Sakura Dalam Dunia Kuliner"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel