Artikel Pilihan

Bagi Para Peternak Ikan, Daun Pohon Ketapang Punya Banyak Manfaat


Ternyata daun pohon ketapang memberikan manfaat yang baik untuk para peternak ikan. Jika sebelumnya Anda belum pernah mendengarnya maka beruntunglah Anda menemukan bahasan ini. Daun ketapang ini memang sekilas terlihat biasa saja, tidak ada yang spesial.

Namun ternyata di balik daunnya yang berukuran besar dan terkadang menjengkelkan karena terlalu sering gugur, ada beberapa manfaat yang tidak bisa didapatkan dari daun pohon lain. Salah satu profesi yang akan diuntungkan oleh kehadiran daun pohon ketapang ini adalah peternak ikan.


Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: bibitbunga.com


Manfaat Daun Pohon Ketapang Untuk Peternak Ikan

Ada beberapa manfaat daun pohon ketapang sekaligus yang harus diketahui. Baik oleh peternak ikan maupun Anda yang bukan peternak ikan. Langsung saja, berikut beberapa manfaat dari daun pohon ketapang untuk peternak ikan.



1. Mengobati Ikan yang Luka

Tidak apa-apa jika anda awam terhadap peternakan ikan atau budidaya ikan, kurang percaya bahwa ikan bisa mengalami luka-luka. Halnya dengan binatang lainnya ikan juga bisa berkelahi satu sama lainnya. Apalagi jika itu soal perebutan makanan atau pasangan. Dari perkelahian tentu saja salah satu atau semua akan luka. Ikan juga demikian Terkadang mereka berkelahi satu sama lain dan mengalami luka.

Luka dari ikan memang tidak bisa kita lihat secara langsung, meskipun beberapa ada yang bisa dilihat. Kelebihan daun pohon ketapang untuk hal ini adalah bahwa daun yg bisa menyembuhkan luka-luka yang dimiliki ikan-ikan tersebut. Percaya atau tidak memang benar demikian salah satu manfaatnya. Jika ikan memiliki kondisi yang sehat tentu saja akan tidak cepat mati dan bisa dikonsumsi dengan aman.
Ciri Ciri Pohon Ketapang

2. Menurunkan pH Air

Ada yang belum tahu apa itu pH, pH adalah tingkat keasaman. Setiap zat terutama larutan di dunia ini memiliki kadar pH, bisa rendah bisa juga tinggi. Semakin tinggi kadar pH maka semakin besar pula larutan tersebut. Sebaliknya jika kadar pH nya rendah maka diartikan larutan tersebut bersifat asam. pH dari larutan air yang kita minum sehari-hari berada di angka 7 atau netral.

Namun sayangnya ada beberapa ikan tertentu yang tidak bisa hidup di kadar pH tertentu. Meskipun bisa hidup tetap saja akan membuatnya tidak nyaman dan bisa saja cepat mati. Fungsi daun pohon ketapang lainnya untuk urusan ini adalah bahwasanya daun ini bisa menurunkan pH air.

Air yang terlalu basah tidak bisa dihidupi makhluk hidup terlebih ikan. Karenanya jika air yang dimiliki peternak ikan terlalu basa, bisa diberikan daun pohon ketapang supaya ya bisa sedikit lebih asam.

3. Membuat Sisik Ikan Lebih Bagus

Fungsi daun pohon ketapang kali ini adalah untuk ikan hias. Untuk peternak ikan hias mereka pasti sudah paham betul bahwa daun ketapang bisa membuat sisik ikan ikan yang dimilikinya menjadi lebih bagus.

Definisi lebih bagus kali ini adalah lebih bersinar. Yang mana semakin bersinar sisik ikan hias maka akan semakin baik pula nilai ikan tersebut. Apalagi jika ikan hias tersebut tujuannya adalah untuk dijual kembali pastilah memiliki nilai jual yang tinggi.


4. Meminimalisir Kadar Racun Pada Air

Fungsi selanjutnya adalah untuk melindungi habitat ikan itu sendiri. Daun ketapang dinilai bisa menyerap racun pada air yang ditinggali ikan. Karena sifat adsorpsinya ini lingkungan ikan yang tadinya beracun menjadi sehat kembali. Ikan yang sehat pastilah membawa kebaikan. Pelanggan yang membeli ikan dari peternakan tersebut bisa mendapatkan ikan yang berkualitas. Peternak pun untung karena bisa mengkonsumsi ikan yang sehat serta dagangannya laku.



Kemudian mungkin saja Anda bertanya bagaimana bisa ikan di dalam tambak ikan atau air ikan bisa beracun. Tetap ada potensi beracunnya air pada peternakan ikan. Bisa saja karena limbah yang tidak sengaja tercampur. Namun juga bisa karena faktor internal. Hanya saja ada salah satu atau beberapa ikan yang yang terkena hama. Bisa saja hal ini menulari ikan lain atau membuat air ikan beracun.

Itulah beberapa fungsi daun pohon ketapang yang harus diketahui setiap peternak ikan. Anda yang berencana memiliki ternak ikan dan sudah memiliki pohon ketapang pastilah bisa segera memanfaatkannya.

Belum ada Komentar untuk "Bagi Para Peternak Ikan, Daun Pohon Ketapang Punya Banyak Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel