Artikel Pilihan

Keunikan Buah Pohon Ketapang yang Berwarna Kuning


Ternyata buah pohon ketapang bisa dikatakan sebagai buah yang unik. Malahan tidak hanya unik saja, ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari buah dari pohon yang asli dari Asia Tenggara ini.

Maka dari itu beruntunglah Anda yang sebelumnya telah merawat pohon ketapang di halaman rumah. Sebab selain mendapatkan buahnya juga ada manfaat-manfaat lain yang bisa Anda ambil, contohnya saja sebagai peneduh, perindang, dan penyejuk rumah.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: i2.wp.com


Merawat pohon ketapang memang mudah namun sedikit menjengkelkan. Definisi merawat pohon ketapang mudah adalah perawatannya Hanya berupa penyiraman selama dua kali sehari dan pemberian pupuk beberapa bulan sekali.



Sedangkan bagian menjengkelkan nya adalah pasti akan melelahkan untuk membersihkan daunnya yang gugur. Apalagi jika pohon ketapang di halaman rumah Anda sudah memiliki tinggi ideal atau sekitar 2 sampai 3 meter, pastilah daun yang digugurkan cukup banyak dan ukurannya besar. Tetapi untungnya pohon ketapang Ini bisa memberikan timbal balik yaitu dengan memberikan manfaat-manfaat yang terkadang tidak bisa didapatkan dari pohon lain.

Ciri-ciri Buah Pohon Ketapang yang Unik

Fokus utama dari bahasan ini adalah buah pohon ketapang itu sendiri. Ketika masih mentah buah ini akan berwarna hijau dan teksturnya keras. Saat masih keras ini sering digunakan mainan untuk anak-anak kecil.

Jarang pohon ketapang yang masih mentah gugur dengan sendirinya. Jikalau ada berarti itu gugur karena faktor eksternal. Hanya buah pohon ketapang yang sudah cukup matang saja yang gugur atau jatuh dengan sendirinya.

Matang optimal dari buah Ketapang adalah memiliki warna ke kuningan. Masih ada sisi sisinya yang terlihat hijau atau samar-samar hijau, namun jika sudah ada warna kuning di sana bisa dikatakan sudah matang. Mungkin saja Anda pernah menemui buah pohon ketapang yang sudah berwarna kecoklatan.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Ragam Manfaat Buah Pohon Ketapang

Buah ketapang yang sudah kecoklatan bukan berarti busuk, memang ada manfaat yang bisa diperoleh dari buah ketapang yang keadaannya sudah berwarna kecoklatan. Bila warnanya sudah menghitam tentu saja bisa disimpulkan sudah busuk.

Lantas apa saja manfaat dari buah yang cukup unik ini? Supaya lebih banyak wawasan Anda sebaiknya ketahui juga apa saja manfaatnya. Dengan demikian saat pohon ketapang yang ada di rumah Anda nanti sudah menghasilkan buah, Anda bisa segera mengambil manfaatnya. Sebelum masuk ke manfaatnya secara spesifik ketahui dulu senyawa atau zat apa yang dikandungnya.

1. Buah Pohon Ketapang Mengandung Protein Kompleks

Buah Ketapang telah diteliti kaya akan protein, yang mana kandungannya telah mencapai satu per empat dari kandungan buah itu sendiri. Sedangkan sisanya atau tiga per empatnya pohon ketapang mengandung senyawa-senyawa penting seperti asam amino, tirosin, lisin, metionin, treonin, triptofan, leusin, histidin, dan masih banyak jenis asam amino lainnya.

2. Kaya Asam Palmitrat

Sedangkan apabila buah ketapang ini dijadikan minyak kandungannya akan kaya asam palmitat yang mana kadarnya 50% dari keseluruhannya. Tidak apa-apa jika Anda awam terhadap istilah-istilah tersebut, karena memang tidak mengharuskan Anda demikian.


3. Sumber Vitamin E

Adalah manfaatnya energi spesifik yang lebih baik Anda ketahui. Adapun beberapa manfaat dari buah ketapang antara lain untuk mengobati ejakulasi dini, menurunkan kadar kolesterol berlebih, menurunkan resiko penyakit jantung, mengurangi resiko stroke, menjadi sumber vitamin E, serta mencegah penuaan dini.



4. Kaya Asam Amino dan Zat Penting Lainnya

Karena kandungannya yang telah Anda ketahui di atas, buah ketapang ini juga biasa digunakan untuk sumber-sumber zat penting yang dibutuhkan tubuh. Diantaranya adalah dimanfaatkan sebagai sumber protein, asam amino, hingga, asam lemak. Meski begitu sebenarnya pohon kelapa masih memiliki banyak manfaat lainnya. Buah ketapang bisa digunakan untuk biodiesel atau alternatif bahan bakar.

Itulah beberapa keunikan dan manfaat dari buah ketapang. Semoga bermanfaat, ya.

Belum ada Komentar untuk "Keunikan Buah Pohon Ketapang yang Berwarna Kuning"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel