Artikel Pilihan

Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Biji Pohon Ketapang


Rupanya tidak tanggung-tanggung pohon ketapang memberikan banyak sekali manfaat, salah satunya biji pohon ketapang. Pohon ketapang yang ukurannya kecil, terletak di dalam buahnya, serta sulit untuk didapatkan ternyata memberikan manfaat yang tidak main-main. Wawasan Anda akan bertambah setelah mengetahui apa saja manfaat dari biji pohon ketapang.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: bibitbunga.com


Manfaat Biji Pohon Ketapang

Bahasan utama kita kali ini adalah mengenai manfaat dari biji pohon ketapang. Sebagaimana yang telah disebutkan di atas manfaatnya bukan main, malahan tak hanya di bidang kesehatan saja.


1. Sebagai Biodiesel

Manfaat pertama dari biji pohon ketapang yang akan dibahas adalah sebagai biodiesel. Biodiesel juga disebut sebagai bio energi merupakan sebuah bahan bakar yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Biodiesel tak hanya bisa dibuat dari biji pohon ketapang saja, melainkan tumbuhan-tumbuhan lain seperti jarak, kacang tanah, kemiri, hingga kelapa sawit.



Tentu saja manfaat dari biodiesel bisa diakui. Biodiesel biasa dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti. Karena itu pula bahan bakar yang tidak bisa diperbarui seperti yang sering dipakai saat ini penggunaannya bisa dikurangi. Terlebih tidak sulit untuk membuat biodiesel dari biji pohon ketapang.

Selain mudah diproses biodiesel ini juga sebagai bahan bakar yang tidak membutuhkan biaya yang besar alias lebih murah dari bahan bakar pada umumnya. Namun untuk fungsi, fungsinya tetap sama saja.

2. Membantu Program Diet

Biji ketapang dikenal kaya akan asam lemak, asam lemak yang ada di biji ketapang ini biasa dimanfaatkan untuk program diet atau menurunkan berat badan. Bagaimana bisa? Bagaimana tubuh mencerna asam lemak untuk dijadikan senjata dalam menurunkan berat badan?

Wajar saja Jika beberapa pertanyaan sekaligus langsung ada di benak Anda. Asam lemak yang ada di dalam biji ketapang ini saat masuk ke tubuh akan dicerna oleh tubuh. Pencernaannya ini lain dengan mencerna makanan yang lain.

Setelah mencerna asam lemak yang ada di dalam biji ketapang tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Karena ini orang tidak akan cepat lapar dan bisa menunda waktu makannya. Porsi makan yang lebih kecil juga bisa tercapai dengan mengkonsumsi biji ketapang.


3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat selanjutnya adalah untuk menurunkan kolesterol. Mungkin anda sudah sering menemukan manfaat-manfaat ini dari bahan alam lainnya. Namun biji pohon ketapang tidak akan membohongi Anda untuk bisa memberikan manfaat ini. Dari kadar kolesterol yang normal Anda bisa menghindari berbagai penyakit.

Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung serta meningkatkan resiko terkena stroke. Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan menjadikan biji ketapang sebagai camilan. Setelah dikeluarkan dari buahnya yang mungkin terasa sulit, biji ketapang diolah dulu dan baru dijadikan camilan.

4. Meregenerasi Kulit

Inilah manfaat dari biji ketapang yang disukai wanita. Meskipun Jika dilihat sekilas biji ketapang memang tidak memiliki tekstur yang cantik, namun bisa memberikan manfaat yang cantik. Biji ketapang kaya akan vitamin E, yang mana fungsinya adalah untuk memperbaiki sel kulit atau melakukan regenerasi.

Meski begitu tetap disarankan untuk mengimbangi dengan aktivitas lain supaya mendapatkan manfaat ini. Beberapa caranya adalah dengan rutin berolahraga, rajin minum air putih, menggunakan tabir surya saat di luar ruangan, dan hal lainnya yang bertujuan untuk mempercantik kulit.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: petuaibu.com


5. Sumber Antioksidan

Apakah Anda apa itu antioksidan dan apa manfaatnya? Antioksidan adalah zat yang fungsinya melindungi tubuh kita dari paparan sinar matahari. Sebenarnya tak hanya sinar matahari saja, paparan racun juga bisa diantisipasi oleh adanya antioksidan di tubuh.

Alhasil jika di tubuh kita ada antioksidan maka kita tidak akan mudah terkena zat-zat berbahaya yang bisa mengakibatkan kanker. Memang terdengar sedikit menyeramkan, namun jika tidak diantisipasi bisa saja hal ini terjadi.



Cara mendapatkan manfaat ini cukup sama dengan manfaat-manfaat sebelumnya. Yaitu dengan mengolahnya menjadi makanan yang menurut Anda lezat. Bisa dengan membuatnya sebagai camilan atau olahan masakan lainnya.

Dari lima manfaat biji pohon ketapang di atas, manfaat mana yang paling ingin Anda dapatkan? Apa saja manfaat yang Anda inginkan, jika dikonsumsi disarankan untuk mengolahnya sematang mungkin.

Belum ada Komentar untuk "Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Biji Pohon Ketapang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel