Artikel Pilihan

Mengenal Karakteristik dan Ciri-Ciri Bibit Pohon Bidara

Ciri-Ciri Pohon Bidara

Bibit pohon bidara merupakan salah satu tanaman yang paling banyak dicari. Hal ini menandakan bahwa pohon bidara sangat populer. Salah satu alasan orang mencari bibit pohon bidara adalah cara penanamannya yang mudah dan manfaat kesehatan yang banyak dari tanaman yang satu ini. Sayangnya, tanaman ini kurang cocok untuk pemula karena perawatannya yang lumayan sulit.

Bibit pohon bidara akan menghasilkan daun dan buah yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti, jerawat, pencernaan, kanker, diabetes, darah tinggi, dan masih banyak lagi. Selain itu, tanaman ini juga memiliki khasiat untuk melawan hal mistis. Tanaman yang satu ini dipercaya untuk mengusir setan dan jin. 


Karakteristik Bibit Pohon Bidara 

Ciri-Ciri Pohon Bidara
Sumber: mediaharapan.com
Pohon bidara memiliki nama latin Ziziphus mauritiana yang dihasilkan dari buahnya. Buah bidara yang sudah dilepas cangkangnya memang bisa menjadi bibit pohon bidara. Tanaman yang satu ini tumbuh di Aljazair, Libya, Tunisia, Mesir, dan seluruh negara dengan tanah yang kering. Tanaman ini asalnya dari Asia Tengah. Namun, kini mulai menyebar ke Indonesia, Australia, dan Malaysia. 

Anda bisa menemukan pohon bidara dengan melihat ciri-ciri daunnya. Daun bidara memiliki tiga tulang daun yang tumbuh sejajar di tengah daun. Warna daunnya hijau pekat dengan panjang tangkai sekitar 8 sampai 15 mm. Bentuk daun ini bulat, tetapi runcing di bagian ujungnya. Saat masih muda, daun ini akan diselimuti oleh duri. 

Bibit pohon bidara juga menghasilkan bunga, tepatnya terletak di ketiak antara daun dan batangnya. Bunga tersebut berwarna kuning dengan panjang mencapai 2 cm. Kuntum bunganya sebanyak 7 sampai 20 buah. 

 Karakteristik dari bunga ini adalah memiliki lima mahkota. Bunga ini juga memiliki bentuk yang cekung dan sedikit melengkung. Bunga dari pohon bidara ini menghasilkan aroma yang sangat wangi. 

Daun bidara memiliki lima jenis daun tergantung dari bibit pohon bidara yang anda tanam. Lima jenis itu adalah Bidara Upas, Laut, Apel India, Arab, dan Cina. Tentu saja bentuk setiap jenisnya berbeda. 

Bidara Upas memiliki bentuk yang bulat dan lebar. Pangkalnya berbentuk seperti hati dan memiliki bunga di setiap ketiak. Bunganya berjumlah paling banyak 4 kuntum. Bidara Laut memiliki bentuk yang oval dan halus bila dipegang. Bibit pohon bidara dengan bentuk daun ini sering ditemukan di dekat pantai. 

Daun Bidara Apel India atau sering disebut Bidara Putsa berbentuk bulat dengan lancip pada ujungnya. Dikatakan sebagai Bidara Apel India karena buahnya mirip seperti buah apel yang masih berwarna hijau. Namun, ukurannya lebih kecil dari buah apel pada umumnya. 

Bidara Cina memiliki ruas yang sangat renggang dengan bentuk bulat. Daun Bidara Cina sering digunakan sebagai bahan obat tradisional. Terakhir, daun Bidara Arab berbentuk panjang serta lancip. Pohon Bidara Arab akan menghasilkan buah yang berwarna merah mirip dengan buah zaitun. 

Bibit pohon bidara bisa menghasilkan pohon yang mencapai tinggi 15 meter dengan cabang yang menyebar di seluruh batang utamanya. Ranting dari pohon ini ditumbuhi dengan bulu-bulu halus. 

Bibit pohon bidara berasal dari divisi Magnoliophyta dan kelas yang sama. Ordo dari tanaman ini adalah Rosales. Sedangkan familinya adalah Rhamnaceae dengan genus Ziziphus. Nama-nama ini pasti sudah anda dapatkan pada pelajaran biologi saat sd atau smp dulu. 



Manfaat Bibit Pohon Bidara 

Ciri-Ciri Pohon Bidara
Sumber: rumahtanaman.com
Salah satu alasan orang banyak mencari daun atau bibit pohon bidara adalah untuk dijadikan sebagai obat. Tanaman ini memang memiliki banyak sekali khasiat. Salah satunya adalah mempercepat proses penyembuhan luka. 

Kandungan dalam daun bidara dipercaya bisa membantu proses penyembuhan luka, mencegah infeksi, dan meredakan rasa sakit. Daun bidara bisa juga dipakai untuk melawan bakteri dari luka itu. 

Manfaat lainnya adalah sebagai obat jerawat. Bibit pohon bidara memiliki kandungan anti inflamasi yang berguna untuk membunuh bakteri. Jerawat disebabkan oleh bakteri yang telah menumpuk dapat dengan ampuh dilawan menggunakan daun pohon bidara. 

Kalau anda memiliki masalah dengan kulit kering, bibit pohon bidara juga bisa mengatasi masalah tersebut. Oleskan air campuran dengan daun bidara yang telah ditumbuk halus di bagian kulit yang kering. 

Selain untuk mengobati kulit kering, daun bidara juga bisa mengatasi berbagai masalah kecantikan lainnya. Beberapa masalah yang dapat diatasi dengan bibit pohon bidara adalah mencegah penuaan dini, memperbaiki kulit yang kusam, mempercepat proses regenerasi sel kulit mati, serta mengontrol minyak berlebih. 

Bibit pohon bidara juga menghasilkan daun yang kaya akan antioksidan. Zat yang satu ini berguna untuk menangkal berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Mengonsumsi tanaman ini secara rutin bisa membuat daya tahan tubuh jadi meningkat. 

Bagi perempuan yang mengalami masalah keputihan, anda juga bisa menggunakan tanaman ini untuk mengatasi masalah itu. Cobalah menggunakan air yang direbus menggunakan daun bidara. Pakai secara rutin sampai akhirnya sembuh. Bila sangat parah, anda bisa menggunakannya dua kali dalam sehari. 

Memang tidak terlalu penting bagi anda untuk mengetahui karakteristik dari bibit pohon bidara. Namun, setidaknya anda jadi tahu ciri-ciri pohon ini. Pengetahuan ini akan sangat berguna saat anda ingin mencari bibit pohon bidara nantinya.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Karakteristik dan Ciri-Ciri Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel