Artikel Pilihan

7 Jenis Pohon Kaktus Mini Untuk Hiasan Rumah, Mulai Ferocactus Hingga Ariocarpus

ciri ciri pohon kaktus

Pohon kaktus adalah pohon yang biasanya hidup di daerah padang pasir. Tanaman asli gurun pasir ini memang membutuhkan sedikit air. Inilah alasan kenapa pohon kaktus bisa bertahan di padang pasir yang memiliki sedikit asupan air. Batang pohon kaktus yang tersusun dari jaringan spon berfungsi untuk menyimpan cadangan air.

Ciri utama dari pohon kaktus adalah seluruh pohonnya di penuhi dengan duri. Selain durinya, biasanya pohon kaktus paling mudah di kenali karena pohonnya yang besar dan warnanya yang hijau. Lapisan lilin di pohon kaktus lah yang berfungsi sebagai penghambat penguapan air sehingga kaktus bisa hidup meski dengan sedikit air.

Jenis-Jenis Pohon Kaktus Mini Untuk Tanaman Hias

Jika dulu pohon kaktus hanya bisa di temukan di padang pasir saja maka sekarang pohon kaktus sudah sering dipakai sebagai tanaman hias di rumah-rumah. Namun tanaman kaktus yang sering dipakai untuk tanaman hias adalah kaktus mini. Adapun jenis pohon kaktus mini yang cocok untuk tanaman hias adalah:

1. Pohon Kaktus Mini Ferocactus

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: bangbre.com
Daya tarik dari pohon kaktus ferocactus adalah duri merahnya yang tumbuh dengan ukuran sangat besar. Orang awam biasanya akan ngerti ketika pertama kali melihat pohon kaktus ini. Namun untuk para pecinta tanaman hias pasti langsung menyukai tanaman hias satu ini.

Sama seperti tanaman kaktus yang lain, ferocactus juga tidak membutuhkan banyak air. Bahkan pohon kaktus mini ini mudah sekali untuk dirawat dan juga dibudidayakan. Sayangnya pohon kaktus mini ferocactus tidak memiliki bunga, namun hal itu tidak mengurangi keindahan dari tanaman hias satu ini.

2. Pohon Kaktus Mini Echinofossulocactus

Proses pertumbuhan dari kaktus mini echinofossulocactus cukup lama yakni memakan waktu sampai 3 tahun. Namun Anda tidak akan kecewa, sebab bunga dari kaktus ini sangatlah indah dengan warna putih, kuning, dan merah. Pohon kaktus mini echinofossulocactus sendiri cocok di letakkan di luar ruangan dan dalam ruangan.

3. Pohon Kaktus Mini Echinocactus Grusonii

Kaktus mini berikutnya yang cocok dijadikan tanaman hias adalah pohon kaktus mini echinocactus grusonii. Tanaman kaktus ini juga sering di kenal dengan nama Golden Barrel atau gentong emas.

Hal ini karena bentuk dari echinocactus grusonii memang mirip gentong dengan duri besar diatasnya yang bewarna kuning keemasan. Bahkan tanaman kaktus yang berasal dari Texas dan Meksiko ini memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan kaktus hias yang lainnya.

Baca Juga :

4. Pohon Kaktus Mini Cephalocereus Senilis

Apabila Anda ingin memelihara pohon kaktus mini cephalocereus senilis maka suhu dirumah Anda harus mencapai 32-40° Celcius. Kaktus mini satu ini juga sering dikenal sebagai kaktus orang tua. Ini karena seluruh bagian pohon kaktus cephalocereus senilis di penuhi dengan rambut putih yang bisa tumbuh hingga 12 cm.

5. Pohon Kaktus Mini Cereus Tetragonus

Kaktus mini cereus tetragonus memiliki bentuk yang panjang dan tidak membulat. Bahkan jenis pohon kaktus mini satu ini bisa tumbuh dengan cukup tinggi dan tidak ada duri yang terlalu besar di pohonnya. Cereus tetragonus berasal dari Amerika dan memiliki bentuk seperti castil.

6. Pohon Kaktus Mini Astrophytum

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: bibitonline.com
Bisa hidup di suhu 40° tetapi tidak terlalu terkena panas adalah ciri utama dari pohon kaktus mini astrophytum. Bunga di pohon kaktus mini ini memang mudah mekar jika Anda merawatnya dengan benar. Bentuk dari astrophytum mirip seperti buah belimbing dengan bunga diatas pohonnya yang bewarna pink, kuning ataupun merah.

7. Pohon Kaktus Mini Ariocarpus

Pohon kaktus mini ariocarpus bisa dibilang sebagai kaktus mini yang paling indah jika dibandingkan dengan pohon kaktus mini yang lain. Ini dikarenakan ariocarpus tidak memiliki duri sama sekali.

Daun pohon kaktus mini ariocarpus memiliki bentuk seperti prisma dan punya bunga yang tumbuh cukup besar di atasnya. Warna dari bunga kaktus ariocarpus pun beranekaragam, mulai dari merah, pink, kuning, putih, hingga ungu.

Nah, itu tadi 7 jenis pohon kaktus mini hias yang bisa Anda tanam di rumah Anda. Ternyata pohon kaktus juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berminat untuk menanam salah satunya?

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "7 Jenis Pohon Kaktus Mini Untuk Hiasan Rumah, Mulai Ferocactus Hingga Ariocarpus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel