Artikel Pilihan

4 Cara Meramu Daun Pohon Bidara untuk Gangguan Lambung

daun bidara

Daun pohon bidara ternyata bisa diolah atau diramu untuk mengobati gangguan lambung. Tidak hanya buah, kulit, maupun akar pohonnya saja yang berkhasiat tetapi juga daunnya yang bisa memberikan khasiat, manfaat, serta efek samping yang positif bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit lainnya.

Banyak sekarang daun pohon bidara yang dicari untuk pengobatan entah lewat ekstrak atau diminum secara langsung. Pastinya harus melalui resep dan cara pembuatan yang baik dan benar. Daun pohon bidara juga bisa diolah menjadi teh.

Karena manfaat dan khasiatnya yang cukup banyak dirasakan, maka tidak kaget jika bibit pohon bidara ini mahal. Selain itu juga, manfaat dari pohon ini tidak umum karena bisa untuk menangkal gangguan jin maupun gangguan sihir.

Berikut ini akan dibahas tentang bagaimana meramu atau mengolah daun pohon bidara untuk gangguan lambung, diantaranya adalah:

1. Petiklah Daun Pohon Bidara Paling Ujung (Masih Segar)


Pilihlah daun yang masih muda atau segar dan hal tersebut ada di bagian paling ujung. Ambil dan petik sebanyak 3-9 sesuai kebutuhan (diambil dalam jumlah ganjil). Pengambilan dalam jumlah ganjil dipercaya bisa menangkal gangguan sihir yang dikirim oleh orang lain. Itu adalah salah satu keistimewaan dari pohon ini.

2. Jemur dan Keringkan Daun Bidara


Jemurlah daun pohon bidara di bawah sinar matahari atau bisa menggunakan alat bantu berupa oven atau pemanas lainnya. Jemur atau keringkan sampai benar-benar kering sampai teksturnya menjadi kaku.

Jika dijemur dalam sinar matahari, maka anda bisa menunggunya seharian untuk sampai kering.

3. Rebuslah Daun Bidara yang Sudah Kering ke Dalam Air Mendidih


Siapkan air sekitar 500 ml untuk dipanaskan atau didihkan. Kemudian setelah mendidih, masukkan 7 lembar daun pohon bidara yang sudah kering. Sebelum dimasukkan ke air mendidih, remaslah daun pohon bidara tersebut sampai ukurannya menjadi kecil.


4. Saring Rebusan dan Tuangkan Airnya ke dalam Wadah Saji


Daun pohon bidara yang sudah mendidih dan terlihat sudah tercampur bisa dilihat dengan warna bening kekuning-kuningan seperti teh. Jika sudah, angkat dan tuangkan ke dalam gelas atau wadah saji dengan menyaringnya.

Baca Juga :

Tujuan menyaring pastinya untuk memisahkan antara air dan daun pohon bidara itu sendiri. Tujuan lain disaring adalah agar enak pas diminumnya. Berikut ini akan dijelaskan juga tentang bagaimana membuat teh dari daun pohon bidara, yaitu:

1. Petik dan ambil daun pohon bidara secukupnya (dalam jumlah ganjil).

2. Cuci bersih dengan air yang mengalir.

3. Anginkan daun pohon bidara yang sudah dibersihkan sampai airnya agak hilang.

4. Oven atau jemur daun pohon bidara sampai kering.

5. Remas daun pohon bidara sampai kecil bentuknya. Kemas setelah dingin.

6. Setelah itu, tinggal lakukan seperti membuat teh biasa, yaitu ambil gula secukupnya dan daun pohon bidara yang sudah kering tadi kemudian rebus dengan air 300 ml. setelah itu, tuang ke dalam gelas yang sudah diberi madu jika anda ingin lebih manis (sesuai selera). Berikut adalah manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi olahan daun pohon bidara untuk kesehatan tubuh, antara lain:


1. Memberikan Perlindungan bagi Tubuh dari Penyakit Berbahaya

perlindungan tubuh
Sumber: digitaloceanspaces.com
Selain menjadi pengobatan alternatif, daun pohon bidara juga bisa mencegah timbulnya tumor. Karena selain mengandung fenolat, pohon bidara juga bisa bertindak sebagai anti oksidan, anti inflamasi, anti jamur, dan anti mikroba.


2. Mencegah Efek Radiasi Sinar Matahari terhadap Tubuh

mencegah radiasi
Sumber: media.suara.com
Khasiat dari daun ini adalah melindungi sel DNA agar tidak rusak karena terkena radiasi sinar matahari. Karena kita ketahui sendiri, bahwa sinar radiasi matahari membuat berbagai masalah terhadap kesehatan, salah satunya adalah munculnya sel kanker (melanoma).


3. Bisa Menenangkan Saraf

menenangkan saraf
Sumber: orami.co.id
Daun bidara bisa menenangkan saraf dengan memunculkan sifat anti cemas dan sedatif saat mengonsumsi ataupun memakainya. Selain itu juga, bisa memperbaiki koordinasi dan respon serta memiliki sifat hipnotis.

4. Bisa Mengatasi Konstipasi

konstipasi
Sumber: doktersehat.com
Jika anda sedang mengalami sembelit, minum rebusan dari daun bidara setiap hari bisa meredakan masalah pencernaan tersebut. Coba saja deh.


5. Bisa Melawan Sel Kanker dalam Tubuh

melawan sel kanker
Sumber: awsimages.detik.net.id
Daun bidara memiliki kandungan saponin sehingga bisa melawan pertumbuhan sel kanker tertentu yang ada di tubuh. Pernyataan ini baru terbukti di penelitian laboratorium, belum diujicobakan kepada manusia.

Nah, itulah cara meramu atau mengolah daun pohon bidara untuk gangguan lambung dan gangguan kesehatan lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "4 Cara Meramu Daun Pohon Bidara untuk Gangguan Lambung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel