Artikel Pilihan

Alasan Pohon Ketapang Cocok Jadi Tanaman Peneduh

Salah satu manfaat dari pohon ketapang adalah sebagai tanaman peneduh. Fungsinya sebagai peneduh tidak lain adalah karena keunggulannya jika dibandingkan dengan pohon lain. Disini kami akan membahas tentang keunggulan dari pohon ketapang, mengapa pohon ini banyak dijadikan sebagai pohon peneduh.

Pohon Ketapang Pohon Peneduh
Pohon ketapang memang memiliki banyak keunggulan sebagai pohon peneduh. Keunggulan ini bahkan tidak ditemui pada beberapa pohon lain. Keunggulan pohon ini sebagai pohon peneduh antara lain :

1. Daunnya Rimbun

Salah satu yang memikat dari pohon ini adalah daunnya. Bagaimana tidak? Pohon ketapang merupakan salah satu pohon yang daunnya cukup lebat. Tidak hanya lebat, daun yang dimiliki pohon ketapang juga memiliki penampang yang lebar. Dengan begitu intensitasnya yang banyak sangat baik digunakan sebagai peneduh alami.



Dari segi morfologinya, daun ketapang merupakan jenis daun menyirip. Dimana bentuknya berbeda dengan daun pada umumnya. Bentuk Daun Pohon Ketapang agak oval layaknya sebuah telur. Sementara itu, panjang dari daun pohon ketapang bisa mencapai 38 cm dan 19 cm untuk lebarnya. Untuk ukuran pohon tropis, daun sepanjang dan selebar ini sudah termasuk daun yang besar. Jika dibandingkan pohon peneduh lainnya, beringin misalnya, maka ketapang jauh lebih efektif dalam mereduksi panas dari matahari.

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Daun yang lebar ditunjang dengan jarak antara satu daun dengan daun lainnya yang saling berdekatan. Bahkan hampir rapat. Tentu saja sinar matahari akan sulit menembus dedaunan dari pohon ini.

2. Tajuknya Rindang

Selain daunnya, tajuk pohon ini juga membuatnya jadi rindang. Bagaimana tidak? Pasalnya tajuk dari pohon ini memiliki cabang yang cukup banyak. Bahkan cabangnya ini selalu merata ke berbagai arah. Dengan area berupa lingkaran, pohon ini mampu melingkupi area di bawahnya dengan cukup luas. Terutama bagi pohon ketapang yang sudah berumur dewasa.

Banyak yang menjadikan pohon ini sebagai atap alami di berbagai tempat makan dan café. Hal ini karena sifatnya yang membuat sejuk orang dibawahnya. Pohon ketapang memiliki bentuk batang yang relatif sama, tidak besar salah satu dan kecil salah satu. Sehingga seimbang ukurannya. Dengan begitu, bentuk dari pohon ini relatif teratur.

Dari cabangnya sendiri, jarang ditemukan bentuk yang naik atau turun. Rata-rata, cabangnya berbentuk lurus. Dimana di sekelilingnya ditumbuhi ranting yang lebih kecil lagi ukurannya. Keteraturan ini juga bisa dilihat dari cabangnya, jika dilihat secara seksama maka cabang tersebut tumbuh secara bertingkat-tingkat. Cabang yang satunya akan terdapat jarak sebelum cabang lainnya juga tumbuh. Cabang ini juga memiliki bentuk yang mendatar.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: catatandokterikan.com
Bentuk pohon ketapang memanglah unik. Jika anda melihatnya dari jauh maka bentuknya mirip dengan pagoda. Terutama untuk pohon ketapang peneduh yang umurnya sudah cukup dewasa.

Kombinasi antara tajuk dan daun yang pas membuatnya jadi pohon sempurna untuk peneduh jalan. Bahkan membuat tempat yang ditumbuhinya menjadi lebih asri lagi.

3. Dapat Tumbuh Dengan Cepat

Pohon ketapang adalah pohon yang memiliki pertumbuhan cukup cepat. Dengan begitu, Anda tidak perlu menunggu waktu lama sampai pohon ini dewasa dan tinggi.

Untuk bibit pohon ketapang memerlukan waktu mulai dari 2 sampai 3 Tahun untuk tumbuh tinggi dari 1 meter sampai 4/5 meter. Jika dibandingkan dengan pohon peneduh lainnya, maka pohon ketapang masuk kategori pohon yang cepat tumbuh.

Dengan ini, pohon ketapang banyak digunakan oleh pemerintah dalam hal penanaman pohon pinggir jalan. Pastinya anda tidak asing lagi dengan pohon ini yang sering berada di pinggir jalanan.



4. Minim Perawatan

Kemudahan yang ditawarkan dari pohon ketapang adalah dari segi perawatan. Tidak seperti pohon lainnya yang membutuhkan perawatan intensif, pohon ketapang tidak perlu demikian.

Pohon ini kebal terhadap beberapa hama sehingga anda tidak perlu sering- sering menyemprotnya. Bahkan pohon ini juga tidak perlu untuk disiram. Asalkan tanah dibawah pohon ini tidak terlalu kering, maka pohon ketapang tetap bisa tumbuh.

Pohon ketapang sejatinya adalah pohon yang punya banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk peneduh. Dengan penjelasan tadi setidaknya kita paham dan tidak bingung lagi ketika ingin mencari pohon peneduh yang berkualitas. Pilihlah pohon ketapang.

Belum ada Komentar untuk "Alasan Pohon Ketapang Cocok Jadi Tanaman Peneduh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel