Artikel Pilihan

Cara Membuat Pohon Bonsai Kaliage (Cudraina chochinsinensis)


ciri ciri pohon Pohon Bonsai Kaliage
Bonsai Kaliage (tanamanbonsai.com)

Pohon bonsai kaliage atau nama latinnya Cudrania chochinsinensis merupakan jenis tanaman yang tumbuh secara bergerombol semak belukar. Tanaman ini sangat unik karena memiliki warna kuning cerah gradasi ke nuansa orange. Batangnya memiliki duri, kaku dan panjang.

Biasanya tanaman bonsai kaliage yang masyarakat Indonesia lebih mengenal dengan sebutan sisir dapat tumbuh pada 4 mdpl hingga ¾ ketinggiaan puncak gunung. Sangat mudah menemukan pohon ini dimanapun, sehingga kaliage menjadi populer. Cudrania chochinsinensis ternyata memiliki banyak kerabat, antara lain :
• Cudrania javanensis,
• Maclura chochinsinensis,
• Maclura pomifera, sp,
• Maclura tinctoria.



Maclura pomifera menjadi kerabat yang paling sering disamakan atau dikira Cudrania chochinsinensis. Sebab, dilihat dari fisik dan karakteristik tanaman sama bahkan terbilang kembar identik.

Sama halnya dengan, Maclura tinctoria yang hanya tumbuh di benua Afrika sering disamakan dengan Cudrania javanica. Untuk kerabat ini sering dinamakan “Ink Plant” karena ketika daunnya dipijat oleh tangan akan terlihat seperti mengeluarkan tinta tulis berwarna hitam.

Cara Membuat Pohon Bonsai Kaliage (Cudraina chochinsinensis)

ciri ciri pohon Pohon Bonsai Kaliage
Bedengan (sites.google.com)


Tanaman bonsai kaliage ini dikatakan paling menarik karena batang yang kuat dan terkesan tua. Daun dari bonsai kaliage kecil-kecil dan rindang membuat tampilannya menjadi lebih cantik. Bagian duri yang ada pada batang kaliage dinilai berbeda dari tanaman lainnya sehingga cocok dijadikan tanaman bonsai.

Selain itu, karakteristik bonsai kaliage yang mudah dikenali yakni:
• Berwarna orange muda maupun hijau hulk dibagian luar batang.
• Kulit luar seolah terbelah dan memanjang, seperti kulit pohon yang berusia tua.
• Biasanya memiliki daun rimbun dan berwarna hijau, karena digolongkan tanaman semak belukar
• Memiliki bentuk duri kaku, panjang, dimana ujungnya tajam
Kelebihan dari kaliage yakni dapat beradaptasi di daerah mana saja untuk bertahan hidup. Baik itu daerah sangat dingin dan daerah yang beriklim tropis. Disamping itu, tanaman bonsai kaliage sering dijuluki sebagai tanaman bonsai paling istimewa diantara semua jenis bonsai.
Cara membuat bonsai Kaliage atau sisir tersebut tidak berbeda jauh dari pembuatan bonsai secara umum. Namun, ada beberapa trik jitu agar dapat membuatnya lebih sempurna.



1. Wajib mempersiapkan perlengkapan dan tanaman terlebih dahulu:

• Tempat tanam atau pot.
• Media tanaman, idealnya tanah yang telah diberikan pupuk kompos.
• Bakal bonsai kaliage atau sisir.
• Pestisida dan sektisiga guna mencegah hama.

2. Setelah itu, lakukan penanaman bakal bonsai kaliage atau sisir terlebih dahulu. Untuk metode penanamannya tidak dapat asal-asalan agar pertumbuhan tanaman baik. Ikuti langkah-langkah penanaman bakal bonsai kaliage berikut.

• Menyiapkan bakal bonsai kaliage yang bagus dan bebas dari penyakit tanaman.
• Menyediakan media tanaman dengan mencampurkan tanah dan kompos, gunakan perbandingan 2 : 1.
• Masukan campuran media tanam ini dalam pot hingga 1/4 dari volume pot terisi.
• Selanjutnya masukkan bakal bonsai kaliage dalam media tanam yang ada di pot.
• Timbun dengan tanam sampai volume pot terpenuhi.

3.Bakal bonsai kaliage yanng telah ditanam ini sebaiknya biarkan dahulu agar dapat tumbuh dengan baik. Biasanya dibiarkan saja selama 10 hari.

4. Berikan pula pestisida pada permukaan tanah yang ada didalam pot berguna menghindari tanaman bonsai kaliage dari berbagai serangan penyakit. Umumnya pestisida khusus bonsai kaliage adalah furdan bubuk. Cara penggunaannya dengan menaburkan saja pada permukaan tanaman dan akan diserap sampai ke akar tanaman dengan sendirinya.

5. Selanjutnya tinggal menunggu tanaman kaliage atau sisir ini tumbuh dan siap dijadikan bonsai. Penanam bisa mengatur besar maupun kecilnya tanaman bonsai kaliage menggunakan interfal waktu yang pada tanaman ini.




6. Setelah diperoleh ukuran bonsai yang diinginkan, serta batang dan dahan seimbang maka siap dipotong atau dipangkas.
Seperti itulah cara membuat pohon bonsai kaliage sampai berhasil di pekarangan rumah sendiri. Semoga ulasan diatas bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Pohon Bonsai Kaliage (Cudraina chochinsinensis)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel