Artikel Pilihan

Cara Budidaya Pohon Singkong dengan Mudah

Ciri Ciri Pohon Singkong

Ada banyak sekali sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan di indonesia bukan hanya pepohonan yang mungkin harganya mahal. Karena bisa dimanfaatkan bagian kayunya tetapi pohon yang kecil sekalipun bisa menguntungkan seperti halnya singkong.

Anda tentu tahu bukan bahwa tanaman singkong seringkali diunggulkan. Karena tanaman ini memang bermanfaat sebagai pengganti bahan makanan nasi dan juga harganya murah. Ditambah lagi pembudidayaannya juga sangat mudah, dan menguntungkan berikut ini informasi lengkapnya.

Pilih Bibit

Pertama hal yang bisa didapatkan yaitu memilih bibit unggul walaupun hanya berupa pohon singkong. Tahukah anda jika memang digunakan untuk budidaya, maka anda harus bisa menanam pohon singkong yang berkualitas.



Maka nantinya singkong yang dipanen juga akan bagus hal ini sangat penting, agar bisa mendapatkan singkong yang nantinya bisa dijual kembali. Cobalah untuk menyesuaikan lokasi penanaman pohon dengan jenis bibit yang digunakan karena masing-masing berbeda.

Pengolahan Lahan

Selanjutnya adalah pengolahan lahan yang baik pengolahan ini penting sekali karena tanaman singkong bisa tumbuh subur dan sehat. Apa lagi pohon singkong ini sebenarnya tidak terlalu manja karena tidak membutuhkan perawatan yang merepotkan.

Tetapi bukan berarti anda bisa menanamnya di tanah yang tidak berkualitas, pastikan bahwa pohon singkong ditanam di lahan yang subur dan gembur, serta mengandung banyak unsur hara. Sehingga pohon bisa tumbuh dengan baik dan hasilnya nanti akan lebih bagus dibandingkan dengan ditanam secara sembarang.
Ciri Ciri Pohon Singkong
Sumber: kupang.tribunnews.com


Basmi Gulma

Selanjutnya hal yang dilakukan dalam membersihkan gulma sebenarnya tanaman pengganggu yang biasanya muncul di area lahan atau pohon singkong ini, memang tidak terlalu banyak. Tetapi bukan berarti anda bisa membiarkannya.

Hal ini perlu dilakukan untuk membantu menghindari pohon singkong kekurangan nutrisi karena adanya gulma mengingat tumbuhan tersebut. Gulma mengambil sebanyak mungkin unsur hara yang mereka butuhkan sedangkan budidaya singkong yang sedang anda lakukan. Akhirnya berjalan dengan gagal hal ini seringkali terjadi mengingat banyak sekali petani yang kurang informasi, mengenai perlunya untuk membersihkan gulma di area tersebut.

Penyiraman Singkong

Bagaimana dengan penyiramannya obat untuk pohon singkong sendiri sebenarnya tidak memerlukan penyelaman yang terlalu banyak, waktu terbaik untuk menyiram. Tentu saja ketika awal musim hujan namun apabila hujan tidak turun pastikan telah menyiram dengan rutin setiap harinya. Mulai dari pagi atau sore hari.

Selain itu sistem drainase dari pohon singkong yang dibudidayakan juga harus bagus karena pohon singkong sangat rentan, terhadap penyakit yang busuk. Tetapi bukan berarti pohon ini cukup manja, selama syarat tumbuh terpenuhi maka semua bisa dilakukan dengan mudah.

Basmi Hama

Terakhir informasi harus dilakukan bagi anda yang memutuskan untuk budidaya pohon dan tanaman singkong yaitu membebaskannya dari hama. Biasanya para petani menggunakan pestisida ataupun insektisida yang alami dengan begitu lebih irit dan juga lebih ampuh untuk menghindari tanaman yang terganggu. Hama seringkali memang mengganggu pohon singkong seperti halnya tungau merah. Tetapi jika menggunakan insektisida nantinya akan berbahaya.



Itulah deretan informasi yang bisa dilakukan apabila memutuskan untuk budidaya pohon singkong mungkin terlihat simpel atau sederhana. Tetapi faktanya ketika melakukan perawatan ada banyak sekali kendala yang sering terjadi saat anda melakukan budidaya pohon singkong.

Pastikan bahwa anda memang telah siap secara fasilitas dan juga memiliki tahapan yang sesuai dengan sistem pembudidayaan. Sehingga hasil singkongnya akan bagus dan bahkan bisa anda pasarkan dan menghasilkan keuntunga. Selamat Mencoba!

Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Pohon Singkong dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel