Artikel Pilihan

Budidaya Pohon Nanas agar Berhasil

Ciri Ciri Pohon Nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Nanas berasal dari pohon nanas, yang tentu saja ditanam oleh para petani untuk dibudidayakan. Nantinya hasil panennya dapat dijual atau dikonsumsi.

Ternyata tidak mudah dalam menanam nanas apalagi tanaman ini terkenal manja dan cukup sulit, terutama untuk ditanam di area dataran rendah. Lantas bagaimana cara budidaya yang benar?

Jika memang anda ingin menanam pohon nanas, berikut informasi lengkapnya.

1. Bibit Sempurna

Hal pertama yang dapat dilakukan ketika memutuskan untuk budidaya pohon nanas yaitu mencari bibit ataupun sumber tanaman awal. Pembudidayaan dapat dilakukan dalam berbagai cara, mulai dari bibit langsung yang bisa dibeli di toko pertanian, atau memperbanyak yang melalui tunas batang atau stek batang. Cobalah untuk memilih induk tanaman yang baik dan sehat. Setelah itu anda bisa mendapatkan stek yang berkualitas untuk ditanam selanjutnya.



2. Persiapkan Lahan

Hal kedua yang bisa dilakukan yaitu memastikan lahan sudah siap apabila anda ingin menanam tanaman nanas. Lahan yang disediakan harus cukup baik, waktu yang paling tepat untuk mengolah lahan yaitu bulan sebelum awal musim hujan.

Hal ini bertujuan agar nantinya ketika musim hujan tiba tanaman mendapatkan penyiraman yang cukup sekaligus tanah akan menjadi subur. Selain itu penting untuk melakukan pengolahan tanah sebelum hujan sehingga menghindari bibit atau pun tanaman busuk, akibat terlalu banyak air yang masuk ke dalam tanaman.

3. Jarak Tanam

Hal yang harus diketahui ketika budidaya pohon nanas yaitu jangan menanamnya dengan jarak yang terlalu dekat. Nanti nya tanaman nanas ini akan berkembang dan juga tumbuh melebar ke samping.

Pasti kan sudah memiliki jarak yang memadai minimal 1 m setiap tanamannya. Sehingga semakin besar tanaman tersebut, tidak akan mengganggu tanaman yang di sebelahnya. Semakin jauh jarak tanamnya akan semakin baik.
Ciri Ciri Pohon Nanas
Sumber: penjagarumah.com

4. Pemupukan Pohon Nanas

Selanjutnya pemeliharaan yang bisa dilakukan ketika budidaya pohon nanas, yaitu pastikan bahwa nanas yang ditanam mendapatkan pemupukan yang baik. Anda yang melakukan budidaya harus melakukan pemupukan kurang lebih 2 atau 3 bulan sekali, yang nantinya akan dilanjutkan setiap 3 atau 4 bulan. Selanjutnya pohon nanas ini dapat digunakan atau dimanfaatkan. Ketika sudah mulai berbuah dan pada akhirnya nanti buah tersebut bisa dijual ataupun dikonsumsi sendiri.

5. Panen Pohon Nanas

Terakhir hal yang paling penting adalah proses pemanenan nya anda baru bisa mendapatkan nanas yang berkualitas. Ketika sudah satu hingga dua tahun ditanam pohon nanas baru bisa dipanen ketika mereka memiliki mahkota buah yang terbuka. Selain itu, tangkai yang mulai mengkerut serta buah yang sudah mulai menguning nantinya akan muncul aroma khas.



Sehingga ketika budidaya nanas dilakukan maka wangi dari buah nanas akan menguat di seluruh perkebunan. Namun hal ini bisa jadi berbeda-beda karena tenggat waktu nya mulai dari 1 hingga 2 tahun tidak semua pohon memiliki waktu panen yang sama.

Jika melihat secara fisik, buah yang menjadi sarana perbanyakan tanaman secara vegetatif ini digemari banyak orang. Nanas memiliki manfaat yang beragam, diantaranya meningkatkan kinerja pencernaan tubuh dan mampu mengurangi masalah kulit seperti jerawat.

Belum ada Komentar untuk "Budidaya Pohon Nanas agar Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel