Artikel Pilihan

Beginilah Cara Mudah Menanam Tanaman Bonsai Serut


Ciri Ciri Pohon Bonsai Serut
Sumber: alamendah.org

Apakah Anda tahu bahwa salah satu tanaman yang tergolong mahal adalah tanaman bonsai serut. Tanaman ini biasanya menjadi hiasan di dalam maupun di luar rumah. Daunnya yang kehijauan dan batang serta bonggol yang berwarna keputihan menambah pesonanya. Keindahan ruangan Anda akan terpancar dengan adanya tanaman bonsai serut.

Bonsai Serut atau nama latinnya Streblus Asper, p ohon bonsai sangat unik, memiliki bunga, daun, dan juga buah yang kecil. Tanaman ini memiliki karakter yaitu menggugurkan daunnya di saat-saat tertentu diantaranya saat musim kemarau tiba. Memiliki batang yang cukup keras dan berwarna putih. Penyebarannya di Indonesia paling banyak di Pulau Jawa dan Sumatera.

Sayang sekali tingginya minat akan tanaman ini tidak dibarengi dengan ilmu bagaimana cara merawat dan menanam bonsai serut dengan baik. Sehingga beberapa tanaman tidak dimaksimalkan keindahannya. Jadi sebaiknya, sebelum Anda membeli tanaman mahal ini, ketahui dahulu cara menanam bonsai serut yang baik. Simak di bawah ini:



1. Memilih Bonggol Bonsai Serut dengan Teliti

Agar tumbuh menjadi bonsai serut yang bagus, Anda harus bisa memilih bonggol atau bakalannya dengan baik. Agar mendapat kualitas yang bagus, Anda harus mencarinya di tempat khusus penjualan benih tanaman.

Siapkan beberapa alat seperti bakalan bonsai, pot, gunting, kawat, media tanam, pestisida, dan juga tang, Anda akan membutuhkan semua alat ini saat menanam bonsai untuk pertama kalinya.

Untuk bakalan bonsainya, Anda bisa menggunakan stek batang, cangkok, bonggol dari tanaman induk, atau menggunakan akarnya. Ada banyak sekali pilihan yang bisa Anda gunakan.

2. Pangkas Daunnya dengan Barhati-hati

Setelah melakukan pemilihan bonggol bonsai serut, sebaiknya Anda pangkas atau rapikan dedaunannya menggunakan gunting khusus tanaman. Selain memangkas dauh, Anda juga harus memangkas bagian akarnya untuk mengontrol pertumbuhan akar.

Setelah itu, Anda harus membersihkannya dengan air dan oleskan perangsang tumbuhan secukupnya. Anda bisa membelinya di tempat penjualan tanaman hias.

3. Menyiapkan Media Tanam

Karena ini adalah tanaman istimewa dan tentunya tidak semua orang memilikinya, Anda juga harus memberikan pelayanan yang istimewa juga berbeda dari tanaman biasanya. Untuk media tanamnya Anda harus menggunakan media tanam yang sudah dicampur dengan tanah dari gunung.

Tanah gunung ini adalah campuran dari tanah humus dan juga pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing maupun sapi. Untuk perbandingannya, Anda bisa menggunakan rumus 1 : 1 : 1

Jika tidak ada, media tanam seperti ini Anda juga bisa menggunakan sekam padi dan juga cacahan dari sabut kelapa. Oh iya, Anda juga sebaiknya membiarkannya ditempatkan di pot yang lebih besar, saat tanaman bonsai serut sudah siap barulah Anda pindah ke pot yang lebih kecil.

4. Berikan Waktu Untuk Adaptasi

Sama seperti manusia, tanaman juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi terutama di tempat yang baru. Siapkan pot yang cukup besar untuk menampung bonsai agar hasilnya bisa lebih bagus.

Namun sebelum membentuk bonsai serut dengan kawat stainless, Anda wajib membiarkannya beberapa waktu dahulu agar tanaman tidak stress. Jika Anda merasa akar tanaman bonsai tersebut sudah mulai tumbuh dan usai bonsai juga sudah cukup dewasa, Anda bisa mulai membentuknya.

5. Gunakan Kawat Lilit untuk Membentuk Bonsai Serut

Untuk membentuk bonsai serut, Anda bisa menggunakan kawat yang terbuat dari stainless steel atau bisa juga menggunakan kawat lainnya yang kuat dan tidak mudah berkarat.

Anda membutuhkan paling tidak kawat berdiameter 3 mm. Lilitkan dari bonggol ke dahan membentuk pola yang Anda inginkan. Untuk hasil yang maksimal, Anda harus bersabar menunggu dalam waktu 4 hingga 5 bulan.



6. Membentuk Tanaman Bonsai Serut

Agar mendapatkan hasil yang Anda inginkan sebaiknya lakukan pruning pada daun tanaman. Beberapa cara yang tepat adalah dengan memotong ranting dan dahan menggunakan gunting khusus dan merapikannya. Melilitkan kawat dengan hati-hati, dan membentuk bonsai dengan bentuk yang bagus namun tidak terkesan memaksa.

7. Rajin Merawat Tanaman Bonsai Serut

Bonsai serut harus Anda jaga dengan cara lakukan penyiraman secara rutin dan jangan lupa menyemprotkan pestisida agar tanaman Anda sehat tidak diserang oleh hama.

Itulah tadi bagaimana Cara Mudah Menanam Tanaman Bonsai Serut yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Beginilah Cara Mudah Menanam Tanaman Bonsai Serut "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel