Artikel Pilihan

Begini Proses Perawatan Brokoli Hidroponik Agar Sukses Panen

Siapa yang sedang gemar melakukan proses bercocok tanam dengan bantuan hidroponik? Teknik menanam yang tidak menggunakan unsur hara alias tanah ini memang sedang digandrungi banyak orang, mungkin termasuk kamu.

Tak hanya mudah dilakukan, hidroponik juga membuat seseorang lebih bersih saat menanam karena tidak memakai tanah. Terlebih lagi ada banyak tanaman yang bisa ditanam dengan cara hidroponik. Mulai dari buah hingga sayur termasuk salah satunya brokoli.
Ciri Ciri Pohon Brokoli

Makanan yang termasuk mahal ini ternyata bisa ditanam dengan hidroponik. Yuk ketahui proses perawatan brokoli secara hidroponik supaya kamu bisa berhasil saat mencoba menanamnya. Jika salah dalam perawatannya bisa jadi kamu mengalami gagal panen.



1. Penyulaman

Tahap pertama dalam proses penanaman brokoli secara hidroponik adalah penyulaman. Proses ini biasanya terjadi selama 10 sampai 15 hari setelah bibit ditanam. Kamu pastinya menanam bibitnya terlebih dahulu pada media tanam yang kamu pilih. Setelah itu barulah proses penyulaman dilakukan.

Penyulaman ini dilakukan untuk melihat pertumbuhan tanaman. Jika ada tanaman yang tumbuhnya tidak optimal atau bahkan mengalami kematian, proses penyulaman ini perlu dilakukan. Jika dibiarkan begitu saja, bisa jadi dapat mengganggu pertumbuhan bunga.

Sebab salah satu kunci kesuksesan brokoli dengan hidroponik adalah produksi bunga yang maksimal. Jika selama proses ini ditemukan tanaman yang tidak bertumbuh dengan optimal, kamu sebaiknya langsung mengganti dengan bibit yang baru ya!

2. Penyiraman

Seperti tanaman pada umumnya, tentu brokoli dengan hidroponik juga butuh disiram. Proses ini juga penting dan cukup berpengaruh pada tumbuh kembang tanaman. Kamu bisa menyiram ketika melihat rockwool atau media tanam yang kamu pakai kering.

Kamu juga jangan terlalu sering untuk menyiram tanaman tersebut. Sebab jika terlalu sering menyiram bisa menimbulkan kebusukan pada akar. Hal ini akan berisiko membunuh pertumbuhan brokoli secara keseluruhan.

3. Membuat larutan nutrisi

Saatnya masuk ke proses pemberian larutan nutrisi. Proses ini dilakukan bersamaan dengan proses sebelumnya yakni penyiraman. Berapa banyak nutrisi yang dibutuhkan tanaman brokoli agar tumbuh subur?

Banyaknya nutrisi biasanya ditentukan dari bagaimana pertumbuhan tanaman tersebut. Jika tanaman yang bertumbuh berukuran besar maka larutan nutrisinya juga semakin besar. Maka, kamu harus melihat terlebih dahulu pertumbuhan tanamannya.

Cobalah untuk memberikan dosis 5g per 1 liter untuk tanaman berukuran kecil. Kemudian untuk tanaman yang besar bisa menggunakan dosis terbesar yakni 15 g per 1 liter.

4. Pemupukan

Agar pertumbuhan brokoli semakin baik dan maksimal, kamu perlu menambah nutrisinya dengan pemupukan. Nah, pemupukan sendiri dilakukan selama tiga tahap. Pemupukan awal biasanya dilakukan saat tanaman berusia 7 sampai 10 hari. Pada masa ini, tanaman bisa diberikan pupuk ZA, KCL dan TSP dengan dosis 1 sdm.

Proses pemupukan kedua bisa dilakukan saat tanaman berusia 20 hari. Jenis pupuk yang dibutuhkan dan dosisnya sama dengan proses sebelumnya. Kemudian untuk pemupukan ketiga dilakukan pada saat tanaman berusia 30-35 hari. Dosisnya juga sama dengan proses sebelumnya.
Ciri Ciri Pohon Brokoli Hidroponik
Sumber: iribb.org

5. Penempelan tunas

Nah, ini adalah proses yang unik dalam menanam brokoli secara hidroponik. Kamu bisa melakukan penanaman tunas pada saat tanaman memasuki usia 1 bulan. Proses ini ternyata penting agar tanaman bisa tumbuh lebih maksimal. Proses ini akan membantu proses tumbuhnya bunga lebih baik.

6. Mengatasi hama serta penyakit

Salah satu kekurangan dalam menanam brokoli hidroponik adalah tanaman ini ternyata rentan terhadap hama dan penyakit. Beberapa penyakit yang mengancam antara lain kutu daun, akar yang busuk atau bercak hitam yang muncul di sekitar tanaman. Lalu, bagaimana cara mencegahnya?



Kamu bisa menyemprot cairan pestisida secara rutin. Selain itu, kamu juga perlu langsung melakukan penyemprotan fungisida ketika sudah melakukan proses perempelan tunas. Cara-cara ini ampuh untuk membuat brokoli menjadi lebih segar dan berkualitas saat dipanen.

Wah ternyata cukup rumit ya ketika ingin menanam brokoli secara hidroponik. Memang dari segi sayuran, brokoli termasuk unik karena memiliki bunga. Kamu bisa melakukan proses panen ketika bunga tanaman ini sudah mekar dengan sempurna. Lakukan proses panen pada pagi hari dengan memotong batang yang ada bunganya. Nah, apakah kamu tak sabar memanen brokoli yang ditanam secara hidroponik?

Belum ada Komentar untuk "Begini Proses Perawatan Brokoli Hidroponik Agar Sukses Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel