Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Srikaya (Annona squamosa) Di Alam Liar

Srikaya

Srikaya (Annona squamosa) adalah spesies pohon dari keluarga Annonaceae yang diperkirakan berasal dari Amerika tropis dan Hindia Barat, tetapi asal pastinya tidak diketahui.

Pohon srikaya banyak dibudidayakan di seluruh daerah tropis dan subtropis untuk dipanen buahnya yang manis dan lezat. Pohonnya tersebar hampir diseluruh Asia Tenggara termasuk Indonesia, Thailand, Taiwan, dan dinaturalisasi di Florida, Brazil, juga Bangladesh.



Pohon srikaya secara alami menduduki area tropis agak lembap dimana mereka membutuhkan suhu 25 °C hingga 41 °C. Pohonnya tidak tahan pada suhu dingin atau bersalju, di negara barat yang memiliki empat musim, pembudidayaan pohon srikaya biasaya dilakukan di dalam rumah kaca atau area khusus.

Meskipun tak tahan iklim subtropis, namun pohon srikaya agak kuat karena dapat bertahan pada suhu yang panasnya mencapai 41 °C, biarpun di suhu panas atau kering ia tidak mungkin menghasilkan buah. Di habitatnya pohon srikaya ditemukan pada area yang kurang dari 2.000 m dpl.


Ciri Ciri Daun Srikaya


Ciri Ciri Daun Srikaya
Source : flickr.com/Yeoh Yi Shuen

Daunnya tipis, sederhana, hijau pucat, muncul secara tunggal, panjangnya 5-17 cm dan lebar 2-6 cm. Tangkai daunnya panjangnya 0,4 cm sampai 2,2 cm, dan jarang puber.


Ciri Ciri Bunga Srikaya


Ciri Ciri Bunga Srikaya
Source : flickr.com/Yeoh Yi Shuen

Bungan srikaya muncul berkelompok atau bisa juga tunggal, tangkai bunga memiliki panjang 2-3 cm, panjang bunganya sekitar 3 cm dan berwarna kuning.

Berbunga tumbuh padaawal musim panas dan bunga diserbuki oleh kumbang nitidulid.


Ciri Ciri Buah Srikaya


Ciri Ciri Buah Srikaya
Source : flickr.com/Joel Abroad

Buah srikaya bundar atau berbentuk hati, berwarna kuning kehijauan ketika matang, panjangnya 5-10 cm dengan banyak tonjolan bundar dan sering diselimuti dengan bubuk putih.


Ciri Ciri Pohon Srikaya


Ciri Ciri Pohon Srikaya
Source : flickr.com/I likE plants!

Pohon srikaya umumnya tumbuh hanya sebagai semak atau pohon kecil, tapi di alam liar ia bisa mencapai ketinggian 6-8 meter. Cabang-cabangnya banyak, berwarna kehitaman, dan dedaunannya agak gundul saat pohon tumbuh menjadi dewasa.



MANFAAT POHON SRIKAYA :

Dalam pengobatan tradisional Thailand dan Amerika, daun srikaya digunakan dalam ramuan untuk mengobati disentri dan infeksi saluran kemih.

Dalam pengobatan tradisional India, daun srikaya dilumatkan dan dioleskan pada luka untuk mengurangi nyeri.

Di Meksiko, daunnya dihancurkan berkeping-keping lalu dan dimasukkan ke kandang ayam untuk mengusir kutu (tetep).


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Srikaya (Annona squamosa) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel