Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Ginkgo (Ginkgo biloba) Di Alam Liar

Ginkgo

Ginkgo (Ginkgo biloba) adalah satu-satunya spesies yang masih hidup di divisi Ginkgophyta, spesies lainnya telah punah berabad-abad silam. Asalnya dari Cina, namun kini telah disebarkan ke banyak wilayah subtropis untuk dibudidayakan sebagai tanaman hias yang indah.

Di negara asalnya Cina, pohon ginko sudah dibudidayakan sejak zaman kuno, di Amerika Serikat pohon ginkgo dibudidayakan sekitar 200 tahun yang lalu, dan Eropa sekitar 300 tahun yang lalu.

Fosil daun ginkgo pernah ditemukan oleh peneliti dan menunjukkan ia berasal dari sekitar 270 juta tahun lalu.

Fosil Daun Ginkgo
Fosil daun ginkgo berusia 270 juta tahun, di British Columbia, Kanada | Source : commons.wikimedia.org

Selama berabad-abad pohon ginkgo liar telah dianggap punah, tetapi sekarang ditemukan tumbuh secara alami setidaknya di dua daerah kecil di provinsi Zhejiang di Cina timur, dan di Cagar Alam Tianmushan.



Pohon ginkgo memiliki berbagai kegunaan dalam pengobatan tradisional dan buahnya dapat diolah menjadi makanan khas Tiongkok.

Dalam kehidupan, pohon ginkgo diadopsi menjadi lambang resmi ibukota Jepang Tokyo, dan logo Universitas Osaka sejak 1991.


Ciri Ciri Daun Ginkgo


Ciri Ciri Daun Ginkgo
Source : flickr.com/Jopa Elleul

Daun ginkgo sangat unik dengan berbentuk kipas yang berurat dan membelah, dan panjangnya 5-15 cm.


Ciri Ciri Buah Ginkgo


Ciri Ciri Buah Ginkgo
Source : flickr.com/chridage

Buahnya bulat, bertangkai panjang, berwarna kuning kecoklatan, muncul di ujung tangkai, dan biasanya setiap tangkai berisi 1-2 buah. Setiap buah ginkgo berisi 1 biji berukuran 1,5-2 cm.


Ciri Ciri Pohon Ginkgo


Ciri Ciri Pohon Ginkgo
Source : flickr.com/cristina colombini

Dihabitatnya pohon-pohon ginkgo dapat tumbuh dengan ketinggian 30-35 meter dan diameter batang 1 meter. Ranting-rantingnya panjang dan pohonnya tahan terhadap penyakit tanaman atau serangga. Diklaim bahwa pohon Ginkgo tertua yang saat ini masih hidup diketahui berusia 1.500 tahun dan terletak di banyak area pelataran kuil-kuil di Jepang dan Cina.



Pohon ginkgo menyutai tanah halus dan sedikit berlumpur dengan drainase yang baik juga pada keasaman setidaknya pH 5,0-5,5.

Saat ini pohon ginkgo dikenal oleh masyarakat dunia karena bentuk daunnya yang indah dan warnanya yang mencolok di musim gugur, dimana dedaunan ginkgo akan berubah menjadi warna kuning cerah sebelum jatuh.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Ginkgo (Ginkgo biloba) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel