Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Larch (Larix) Di Alam Liar

Larch

Larch (Larix) adalah genus tanaman dari keluarga Pinaceae, subfamili Laricoideae. Pohonnya memiliki tinggi rata-rata 20 hingga 50 meter. Larch ialah flora asli dari belahan bumi utara beriklim dingin, banyak ditemukan di dataran rendah atau di kaki pegunungan.

Habitat pohon larch mulai dari Amerika Utara hingga Siberia utara melewati Eropa, pegunungan Cina, dan Jepang.

Pohon larch mendominasi hutan boreal Siberia dan Kanada. Meskipun ia adalah tumbuhan runjung yang umumnya selalu hijau (evergreen), namun larch menggugurkan aun jarumnya di musim gugur.



Larch adalah pohon hutan yang penting di Rusia, Eropa Tengah, Amerika Serikat dan Kanada. Mereka membutuhkan iklim yang dingin dan cukup lembab untuk bisa hidup.

Larch termasuk pohon berumur panjang. Mereka hidup di hutan primer atau bersama dengan tumbuhan runjung lainnya dan jarang ditemukan yang bersandingan dengan pepohonan berdaun lebar.

Meskipun larch adalah pohon penghuni hutan, tak jarang masyarakat yang tinggal di Eropa dan Amerika zona dingin menggunakan larch sebagai pohon hias pekarangan atau pohon bonsai di dalam pot. Pohon ini dipilih karena dapat menciptakan warna daun kuning cerah di musim gugur yang mana sangat indah jika ditanam bersandingan dengan pohon-pohon gugur berdaun warna seperti American Sweetgum, dan Elm.


Ciri Ciri Daun Larch


Ciri Ciri Daun Larch
Source : flickr.com/John Lillis

Daunnya khas konifer (jarum), tumbuh berkelompok pada tunas sepanjang 10-20 cm, setiap kelompok memiliki 20-50 daun jarum, dan setiap daun jarumnya panjangnya 2-5 cm.

Larch ialah pohon berganti daun, yang artinya ia akan gugur di musim dingin dan berdaun kembali di musim semi.


Ciri Ciri Buah Larch


Ciri Ciri Buah Larch
Source : flickr.com/Megzee-cha

Buah larch berbentuk kerucut kecil, panjangnya sekitar 1-3 cm, dan memiliki bract pendek.


Ciri Ciri Pohon Larch


Ciri Ciri Pohon Larch
Source : flickr.com/Blake C. Willson

Pohon larch di alam liar dapat mencapai ketinggian 50 meter dengan ranting-ranting mendatar atau terjumbai. Kayunya berwarna cerah, mirip dengan sebagian besar pohon lain dari keluarga Pinaceae.



Kayu Larch dihargai karena kualitasnya yang baik, teksturnya keras, tahan air, dan awet. Kayu bebas simpul berkualitas tinggi sangat diminati untuk membangun yacht dan kapal kecil, untuk kelongsong bangunan eksterior, dan panel interior. Kayu larch tahan pada pembusukan saat bersentuhan dengan tanah, maka itu cocok untuk digunakan sebagai tiang dan pagar.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Larch (Larix) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel