Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Field Elm (Ulmus minor) Di Alam Liar

Field Elm

Field Elm atau European Elm (Ulmus minor) adalah spesies pohon elm yang sebagian besar tumbuh secara alami di Eropa selatan. Pohonnya tangguh, mentolerir banjir, suhu panas, dan kekeringan.

Pada tahun 2009, Dr Max Coleman dari Royal Botanic Garden, Edinburgh menulis: "pohon English Elm (Ulmus minor 'Atinia') yang penuh teka-teki seperti Plot Elm (Ulmus minor 'Plotii') telah terbukti merupakan klon tunggal dari Field Elm (Ulmus minor).



Di negara-negara Eropa, pohon Field Elm sangat dihargai sebagai tanaman hias pekarangan, taman, dan tepi jalan raya. Pohonnya pun dapat hidup dalam usia yang cukup panjang, namun sayangnya ia rentan terkena hama dan penyakit tanaman. Maka, untuk memelihara pohon Field Elm dibutuhkan konsistensi.

Pohon Field Elm kuno yang diketahui masih hidup sampai saat ini berada di alun-alun desa Metaxades, Thrace, Yunani. Pohonnya ditanam pada 1286 oleh penduduk desa setempat tepat di samping mata air pegunungan.

Ada banyak kultivar elm telah dibudidayakan di Eropa sejak abad ke-18, meskipun banyak sekarang mungkin beberapa diantaranya sudah punah akibat penyakit tanaman.


Ciri Ciri Daun Field Elm


Ciri Ciri Daun Field Elm
Source : flickr.com/PETER GREENWOOD

Daun Field Elm berbentuk oval atau bulat telur, panjang 3-5 cm, lebih kecil daripada spesies Elm Cina (Ulmus parvifolia) maupun Elm Eropa lainnya, namun bentuknya dapat sangat bervariasi sesuai dengan kondisi pertumbuhannya.

Daun pada pohon kecil / bibit kasar dan puber, sedangkan daun di pohon dewasa / tua umumnya halus, meskipun tetap sangat bervariasi dalam bentuknya.


Ciri Ciri Bunga Field Elm


Ciri Ciri Bunga Field Elm
Source : flickr.com/Blake C. Willson

Bunganya tumbuh menggerombol dan berwarna merah muda hingga merah tua.


Ciri Ciri Buah Field Elm


Ciri Ciri Buah Field Elm
Source : flickr.com/Blake C. Willson

Buahnya kecil, bergerombol, bentuknya pipih, berwarna hijau kekuningan dibagian tepi dan cokelat atau merah dibagian intinya.




Ciri Ciri Pohon Field Elm


Ciri Ciri Pohon Field Elm
Source : vdberk.co.uk

Pohon Field Elm termasuk pohon gugur yang biasanya tumbuh hingga ketinggian 30-40 meter di alam liar. Kulit batangnya kasar, berkerut di pohon yang tua dan membentuk retakan-retakan berpola kotak.

Yang sangat disayangkan, pohon Field Elm terancam punah di habitat asalnya karena penyakit tanaman bernama Kantung Jamur (Ascomycota) yang disebarkan oleh kumbang. Punahnya beberapa varietas pohon Elm kuno di alam liar juga karena jamur ini.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Field Elm (Ulmus minor) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel