Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Lohansung Daun Panjang (Podocarpus henkelii) Di Alam Liar

Lohansung Daun Panjang

Lohansung Daun Panjang (Podocarpus henkelii) adalah spesies pohon konifer yang berasal dari Afrika Selatan, dan dalam keluarga Podocarpaceae. Pohon ini seringkali ditanam sebagai tanaman hias di taman atau pekarangan luas karena bentuk pohonnya yang rapi, menarik, dan dedaunannya yang elegan dan terkulai.

Pohon lohansung daun panjang yang menarik ini dikenal sebagai salah satu pohon kayu kuning. Ia dapat dengan mudah dibedakan dari saudaranya seperti Ki Putri (Podocarpus neriifolius), Lohansung Biru (Podocarpus elongatus), Lohansung Merah (Podocarpus lawrencei), dan Lohansung asli atau Melur (Podocarpus macrophyllus) karena bentuk daunnya yang panjang dan ramping.

Pohonnya memiliki batang yang lurus, terbentuk dengan baik, dan secara alami mengasumsikan bentuk piramida saat tumbuh besar, yang pada umumnya mencapai ketinggian 30 meter di alam liar.



Seperti kebanyakan pohon kayu kuning, lohansung daun kuning juga tergolong pohon ini dioecious, dengan pohon jantan dan betina yang terpisah.

Sebagai pohon konifer, mereka juga memiliki buah berbentuk kerucut. Lapisan berdaging benih mengandung penghambat perkecambahan sehingga, jika biji tidak dimakan oleh burung atau hewan lain, kemungkinan berkecambah akan sangat lama, sebab tidak melalui proses alami yang dialami biji saat berada di dalam perut burung.

Pohon lohansung daun panjang banyak ditemukan di Afrika Selatan, tepatnya di provinsi KwaZulu-Natal dan Eastern Cape. Di lokasi tersebut pohon-pohon lohansung daun panjang tumbuh di tinggi, dan menduduki hutan afro-montana di pegunungan Drakensberg.

Meski ia banyak ditemukan di habitatnya, namun pohon ini dilindungi di Afrika Selatan.

Di Internasional, pohon lohansung disebut dengan beragam nama sinonim seperti Henkel's Yellowwood, Henkel-se-Geelhout, dan Umsonti.


Ciri Ciri Daun Lohansung Daun Panjang


Ciri Ciri Daun Lohansung Daun Panjang
Source : flickr.com/Paco Garin

Ciri Ciri Bunga Lohansung Daun Panjang


Ciri Ciri Bunga Lohansung Daun Panjang
Source : hackfalls.wordpress.com

Ciri Ciri Buah Lohansung Daun Panjang


Ciri Ciri Buah Lohansung Daun Panjang
Source : treesofsantacruzcounty.blogspot.com

Ciri Ciri Pohon Lohansung Daun Panjang


Ciri Ciri Pohon Lohansung Daun Panjang
Source : flickr.com/Onno Pool

Bentuk pohonnya rapi, menarik, dan dedaunan yang sangat dekoratif membuatnya cocok sebagai pohon hias daripada pohon penghasil kayu. Ketinggian pohon dewasa di alam mencapai tinggi 30-35 meter, membentuk kerucut, dan usianya sangat panjang (ratusan tahun).

Pohonnya tangguh, karena dapat bertahan pada suhi panas maupun dingin dan toleran pada macam-macam jenis tanah. Namun, yang paling baik untuk menanam pohon lohansung daun panjang adalah tanah yang lembab dan dalam.



CARA PERBANYAK / BUDIDAYA POHON LOHANSUNG DAUN PANJANG :

Benih atau biji buah lohansung dapat disemai dalam kondisi tanah basah/lembap dan area yang semi-teduh/ternaungi.

INFO : Sebelum disemai, biji harus dikeluarkan dari cangkangnya karena itu dapat menghambat perkecambahan. Biji lohansung daun panjang juga rentan terhadap infeksi jamur.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Lohansung Daun Panjang (Podocarpus henkelii) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel