Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Lohansung Biru (Podocarpus elongatus) Di Alam Liar

Lohansung Daun Biru

Lohansung Biru atau Lohansung Mutiara (Podocarpus elongatus) adalah spesies pohon konifer dalam keluarga Podocarpaceae yang masih berkerabat dekat dengan Lohansung Daun Panjang (Podocarpus henkelii) karena sama-sama berasal dari Afrika Selatan.

Pohon lohansung biru tumbuh menyerupai semak yang berukuran sangat besar, bulat, bertangkai banyak. Pohon lohansung biru memiliki daun seperti kebanyakan pohon lohansung lainnya, yaitu memanjang, berwarna hijau kebiruan, dan lebat.



Pohon lohansung biru umumnya ditemukan dalam bentuk semak besar dan rendah, kira-kira menyerupai gubuk. Ini adalah satu-satunya spesies Yellowwood Afrika Selatan yang tetap tumbuh ketika batang utama mereka rusak. Ia juga spesies pohon lembap yang mana ditemukan banyak di tepi-tepi sungai.

Kemampuan membentuk semak belukar penting bagi kelangsungan hidupnya, jadi jika mereka terganggu karena banjir, kebakaran hutan atau iklim alam lain, batang utama mereka masih terselamatkan karena berada di tengah rimbunnya daun dan cabang-cabang lebat.


Ciri Ciri Daun Lohansung Daun Biru


Ciri Ciri Daun Lohansung Daun Biru
Source : flickr.com/lotosleo

Ciri Ciri Bunga Lohansung Daun Biru


Ciri Ciri Bunga Lohansung Daun Biru
Source : anemonetimes.blogspot.com

Ciri Ciri Buah Lohansung Daun Biru


Ciri Ciri Buah Lohansung Daun Biru
Source : flickr.com/galanhsnu

Ciri Ciri Pohon Lohansung Daun Biru


Ciri Ciri Pohon Lohansung Daun Biru
Source : consultaplantas.com

Pohonnya sendiri endemik (hanya tumbuh alami disana) Afrika Selatan, tepatnya di Sungai Breede di Western Cape hingga pegunungan Cedarberg.



Pohon lohansung biru sering diperdagangkan sebagai pohon hias pekarangan dan taman. Ini tak seperti kebanyakan pohon lohansung lain, sebab yang satu ini perlu iklim asli tempat mereka tumbuh. Bisa dikatakan, mereka sulit untuk dibudidayakan diluar habitat aslinya.

Sama seperti pohon berkayu kungin lain yang tumbuh di Afrika Selatan, lohansung daun biru yang termasuk pohon kayu kuning juga dilindungi.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Lohansung Biru (Podocarpus elongatus) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel