Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Leda (Eucalyptus deglupta) Di Alam Liar

Rainbow Eucalyptus Flower

Leda atau Rainbow Eucalyptus (Eucalyptus deglupta) adalah satu-satunya spesies Eucalyptus yang hidup di hutan hujan. Habitat asli pohon ini meliputi Filipina, Indonesia, dan Papua Nugini.

Penyebaran pohon leda meluas secara alami ke belahan bumi utara. Pohonnya sangat mudah dikenali, itu karena kulit batangnya yang memiliki warna-warni yang cerah dan mencolok seperti warna biru, hijau, oranye dan merah.



Pohon leda pertama kali dideskripsikan pada tahun 1850 oleh Carl Ludwig Blume, yang menerbitkan penjelasan dalam bukunya "Museum Botanicum Lugduno-Batavum sive stirpium Exoticarum, Novarum atau Minus Cognitarum, mantan Vivis, Siccis Brevis Expositio et Descriptio" dari spesimen yang dikumpulkan di Celebes.


Ciri Ciri Daun Leda


Ciri Ciri Daun Leda

Daunnya tersusun berpasangan, berlawanan, panjang 7-15 cm dan lebar 5-8 cm.


Ciri Ciri Bunga Leda


Ciri Ciri Bunga Leda

Bunga leda tumbuh axils dan berkelompok, berwarna putih cerah atau putih kekuningan. Waktu berbunga tergantung pada lokasi pohonnya tumbuh.


Ciri Ciri Pohon Leda


Ciri Ciri Pohon Leda

Pohon leda memiliki pertumbuhan yang cepat, biasanya ketinggian pohonnya di alam liar mencapai 60-75 meter dengan diameter batang hingga 2,5 meter. Kulit batangnya sangat berciri khas, yaitu berwarna-warni cerah.

Batang Pohon Leda Dari Dekat

Seringkali pohonnya ditemukan tumbuh di hutan hujan dataran rendah dan pegunungan pada ketinggian 1.800 m dpl.


CARA PERBANYAK / BUDIDAYA POHON LEDA :

Pohon leda dapat dibudidayakan melalui biji buahnya. Untuk bisa berkecambah, biji buah leda yang disemai harus berada dalam wilayah yang memiliki suhu 20-22 °C.

Selain dari semai biji, pohon leda juga bisa diperbanyak dengan cara stek batang. Pohon yang distek harus berumur kurang dari 5 tahun. Pohon berusia lebih dari 5 tahun memiliki sifat penghambatan tumbuh, itu termasuk akar dan mengakibatkan cara stek tidak berhasil.



MANFAAT POHON LEDA :

Pohon ini ditanam secara luas di seluruh dunia, terutama untuk dimanfaatkan kayunya sebagai bahan baku pembuatan kertas.

Pohon leda juga sering ditanam sebagai pohon hias di daerah beriklim tropis seperti Hawaii, California Selatan, Texas, dan Louisiana.


Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Leda (Eucalyptus deglupta) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel