Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Buah Ajaib (Synsepalum dulcificum) Di Alam Liar

Buah Ajaib

Buah ajaib (Synsepalum dulcificum) adalah tanaman yang dikenal dengan buah berinya. Buahnya sendiri memiliki kandungan gula rendah dan molekul glikoprotein, dengan beberapa rantai karbohidrat yang disebut miraculin. Ketika bagian daging buah dimakan, ia akan mengikat molekul ke lidah dan menciptakan rasa manis.

Miraculin mengikat protein dan mampu mengaktifkan reseptor manis, yang mana menghasilkan persepsi rasa manis. Rasa manis tersebut berlangsung hingga protein tersapu oleh air liur, sekitar 30 menit.



Di negara berbahasa Inggris, pohon buah ajaib disebut Miracle fruit, Miracle berry, Miraculous berry, dan Sweet berry. Sedangkan di Afrika Barat dinamai Agbayun, Taami, Asaa, dan Ledidi.

Nama buah ajaib diberikan oleh Gymnema sylvestre dan Thaumatococcus daniellii, yang merupakan dua spesies tanaman lain yang digunakan untuk membuat rasa pada makanan makanan.

SEJARAH POHON BUAH AJAIB

Marchais, yang mencari buah-buahan yang berbeda di Afrika Barat dalam kunjungan tahun 1725, memperhatikan bahwa penduduk setempat memetik buah beri dari semak-semak dan memakannya.

Pada tahun 1980-an, Amerika Serikat melakukan upaya untuk mengkomersialkan buah ajaib karena kemampuannya untuk menutupi makanan yang tidak manis menjadi manis. Tetapi itu tak berjalan mulus ketika FDA mengklasifikasikan buah ajaib sebagai aditif makanan. Hal ini berujung pada tuduhan kepada FDA bahwa proyek ini disabotase oleh industri gula, tetapi FDA menampik tuduhan ini dan menyatakan kalau mereka tidak pernah ditekan oleh industri gula.

Di tahun 1970-an, orang-orang diet di Amerika Serikat dapat membeli miraculin. Minat ini mengalami peningkatan di mana para orang diet yang umumnya mengonsumsi makanan asam dan pahit, seperti lemon, lobak, acar, saus panas, dan bir, menjadi terasa manis karena dicampurkan dengan miraculin.

Pohon buah ajaib telah digunakan di Afrika Barat setidaknya sejak abad ke-18, ketika penjelajah Eropa, Chevalier des Marchais, memberikan penjelasan tentang penggunaannya di sana.


Ciri Ciri Daun Buah Ajaib


Ciri Ciri Daun Buah Ajaib

Daunnya panjang 5-10 cm, lebar 2-4 cm, dan berbulu di bagian bawah.


Ciri Ciri Bunga Buah Ajaib


Bunga Ajaib

Bunganya putih.


Ciri Ciri Buah Ajaib


Ciri Ciri Buah Ajaib

Buahnya merah, dengan panjang 2 cm. Setiap buah mengandung satu biji.

Buah ajaib ada di daftar makanan baru UE, dan masih membutuhkan penilaian keamanan lebih mendalam sebelum bisa dijual sebagai makanan atau bahan tambahan makanan.


Ciri Ciri Pohon Buah Ajaib


Pohon Buah Ajaib

Pohon ajaib memiliki bentuk semak yang tumbuh antara 2-5 meter dan memiliki dedaunan lebat.

Sejak 2011, FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat telah memberlakukan larangan impor pohon hidupnya atau buahnya dari Taiwan, mereka menyatakannya buah ajaib sebagai "pemanis ilegal yang tidak diumumkan".


CARA PERBANYAK / BUDIDAYA POHON BUAH AJAIB :

Pohon buah ajaib dapat diperbanyak menggunakan cara semai. Benihnya membutuhkan 14-21 hari untuk berkecambah. Jarak tanam yang disarankan untuk budidaya pohon buah ajaib adalah 4 meter per pohon. Atau bisa juga menggunakan pot semai, tapi pertumbuhannya akan sedikit lebih lambat.

Ini sama dengan cara budidaya pohon kerendang (Carissa carandas). Pohon dapat berbuah setelah berusia sekitar 3-4 tahun, dan buahnya muncul setelah akhir musim hujan.



Pohon buah ajaib tumbuh paling baik di tanah dengan pH 4,5 hingga 5,8, lokasi yang teduh dengan memiliki kelembaban tinggi. Meskipun nyatanya pohon buah ajaib kuat dan dapat bertahan terhadap kekeringan juga sinar matahari yang terik.


MANFAAT BUAH AJAIB :

Di Afrika Barat bagian tropis, tempat spesies pohon ini berasal, olahan dari buah ajaib digunakan untuk memaniskan aren.

Secara historis, buah ajaib juga digunakan sebagai bahan pemanis dan penyedap untuk beragam minuman dan makanan, seperti roti, jagung, bir, koktail, cuka, dan acar.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Buah Ajaib (Synsepalum dulcificum) Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel