Artikel Pilihan

Ciri Ciri Pohon Bunga Abadi / Edelweiss Jawa Di Alam Liar

Edelweiss Jawa

Bunga Abadi atau Edelweiss Jawa (Anaphalis javanica) adalah spesies tanaman berbunga yang endemik di dataran tinggi Indonesia. Pohon Edelweiss tumbuh sebagian besar di daerah pegunungan Jawa, Sumatra selatan, Sulawesi selatan dan Lombok. Meskipun pohon Edelweiss dewasa dapat mencapai ketinggian 8 meter, tapi kebanyakan spesies tingginya kurang dari satu meter.

Bunga Edelweiss mekar antara bulan April dan Agustus. Spesies burung Tiung Batu Licik (Myophonus glaucinus) menggunakan cabang-cabang pohon edelweiss untuk bersarang.

Dikenal sebagai Bunga Abadi atau Bunga Senduro dalam bahasa Indonesia, secara harfiah berarti bunga yang abadi dan itu memang terbukti, saat bunga edelweiss dipetik, mereka tidak akan membusuk selama itu disimpan ditempat yang kering.



Dulu, bunga edelweiss juga kering sering dijual sebagai oleh-oleh. Namun sekarang dilarang untuk dipetik karena termasuk tanaman yang terancam punah. Spesies edelweiss jawa memang terus berkurang jumlahnya dan saat ini dilindungi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat, yang merupakan salah satu tempat perlindungan terakhir tumbuhan ini.

Berbeda halnya di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, tumbuhan ini dinyatakan punah.

Keserakahan telah mengorbankan banyak populasi edelweiss, terutama populasi yang terletak di jalan-jalan setapak di puncak gunung.

Penelitian yang telah dilakukan dan menunjukkan bahwa pohon edelweis dapat diperbanyak dengan mudah melalui pemotongan cabang-cabangnya (stek).


Ciri Ciri Pohon Edelweiss Jawa

Ciri Ciri Pohon Edelweiss (Anaphalis javanic)

Pohon edelweis jawa merupakan tumbuhan pelopor bagi tanah vulkanik di pegunungan karena mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus. Eelweiss juga mampu membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu yang secara efektif memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akarnya dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara.


Ciri Ciri Daun dan Bunga Edelweiss Jawa


Ciri Ciri Bunga Edelweiss (Anaphalis javanic)

Bunga-bunganya, yang biasanya muncul di antara bulan April dan Agustus, sangat disukai oleh serangga, lebih dari 300 jenis serangga seperti kutu, tirip, kupu-kupu, lalat, tabuhan, dan lebah terlihat mengunjunginya.

Ciri Ciri Daun Edelweiss (Anaphalis javanic)

Tempat-tempat terbaik untuk melihat bunga edelweis adalah di Tegal Alun (Gunung Papandayan), Surya Kencana (Gunung Gede), Mandalawangi (Gunung Pangrango), dan Plawangan Sembalun (Gunung Rinjani).

Belum ada Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Bunga Abadi / Edelweiss Jawa Di Alam Liar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel