Artikel Pilihan

Begini Cara Membuat Bonsai Serut yang Benar untuk Pemula

Bonsai sebenarnya adalah tanaman yang harganya mahal. Mengapa demikian? Tentu saja proses membuatnya yang tidak mudah dan butuh keahlian khusus membuat tanaman ini tak semudah yang dibayangkan. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah bonsai serut.

Jenis bonsai ini memiliki daun yang berwarna hijau dengan bonggol dan batang yang berwarna sedikit keputihan. Pohon serut yang dipakai untuk bonsai adalah pohon yang memiliki daun ukuran kecil, buah kecil yang berwarna hijau dan mempunyai bunga. Karakteristik bonsai serut sendiri adalah jenis tanaman yang kerap menggugurkan daun.

Ciri Ciri Pohon Bonsai Serut



 
Melihat karakteristik dari bonsai serut sebenarnya bisa dibilang tanaman ini unik. Jadi jangan heran bila banyak orang yang cukup tertarik untuk menanam bonsai jenis serut. Bila kamu termasuk yang tertarik untuk menanamnya, pastinya kamu harus mengetahui berbagai langkah membuat bonsai serut.  Berikut langkah yang perlu dilakukan khususnya untuk para pemula.

1. Memilih Bonggol Bonsai Serut   

Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah memilih bonggol atau bakalan bonsai serut itu sendiri. Pastinya jika bonggolnya baik dan berkualitas maka bonsai serut akan tumbuh menjadi tanaman yang berkualitas dan baik pula. Agar mendapatkankan bonggol bonsai serut terbaik, kamu bisa mendapatkannya di tempat penjualan benih tanaman.   

Kamu bisa melihat ciri fisik dari bonggol yaitu tampak besar dan sehat. Tidak ada cacat yang biasanya terlihat dari batangnya. Jika sudah mendapatkan bonggol yang terbaik, kamu perlu memangkas semua daun yang ada di bonggol tersebut. Kamu perlu memakai gunting khusus untuk melakukan langkah ini. 

Tak hanya daun saja, kamu juga harus memangkas bagian akar yang berlebihan. Hal ini penting dilakukan untuk mengontrol pertumbuhan akar itu sendiri. Sebab, pertumbuhan akar yang berlebihan justru membuat tanaman sulit tumbuh. Akar yang berlebihan akan memenuhi media tanam sehingga bonsai sulit untuk tumbuh dengan sempurna.   
Ciri Ciri Pohon Bonsai Serut
Sumber: review.bukalapak.com

Setelah dipotong, kamu perlu mencuci bagian akar bonggol bonsai serut sampai bersih. Cuci gunakan air bersih ya. Setelah dicuci, kamu bisa mengolesi bonggol dengan perangsang pertumbuhan dengan merata di seluruh bagian bonggol. Obat perangsang ini bisa kamu temukan di berbagai toko tanaman hias. Hal ini akan membantu bonsai serut mendapatkan nutrisi yang terbaik.   

2. Menyiapkan Media Tanam   

Setelah mendapatkan bonggol terbaik, kini saatnya kamu menyiapkan media tanam yang akan membantu pertumbuhan bonsai serut. Media tanam yang dibutuhkan oleh bonsai serut adalah campuran dari tanah gunung. Hal ini cukup berbeda dengan tanaman hias pada umumnya.   

Apa itu tanah gunung? Tanah ini merupakan humus dan pupuk kandang yang asalnya dari sapi atau kambing. Perbandingan dari media tanam ini adalah 1:1:1. Campurkan semua media tanam tersebut ke dalam satu pot. Kamu juga bisa memakai media tanam dari cacahan sabut kelapa maupun sekam padi. Hal ini akan membuat tanaman terjaga dan cepat tumbuh.  

3. Proses Adaptasi Bonsai Serut   

Cara membuat bonsai serut pada langkah berikutnya adalah langsung menanam bonggol ke media tanam. Sebelum membentuk bonsai, kamu perlu membiarkan bonggol untuk beradaptasi dengan media tanam. Setelah ditanam, jangan buru-buru membentuknya dengan kawat.   

Kamu perlu membiarkan terlebih dahulu bonggol untuk tumbuh. Kalau akar sudah bisa tumbuh perlahan dan usianya cukup dewasa, kamu langsung bisa melanjutkan proses berikutnya yaitu membentuk bonsai. Jadi, pastikan dulu tanaman tumbuh dengan sempurna baru bisa kamu bentuk sesuai keinginan.
Ciri Ciri Pohon Bonsai Serut
Sumber: review.bukalapak.com


 
  

4. Membentuk Bonsai Serut   

Akhirnya kamu sampai ke dalam proses akhir membuat bonsai serut. Kamu bisa membentuk bonsai dengan kawat lilit yang terbuat dari stainless steel. Jenis kawat lain juga bisa kamu pakai hanya saja harus dipastikan ia tidak mudah putus dan berkarat.   

Kawat yang biasa dipakai adalah yang memiliki diameter sekitar 3 mm. Setelah itu, lilitkan kawat dari bagian bonggol sampai ke dahan. Lilitkan kawat dengan kuat dan bentuk pola sesuai dengan yang kamu butuhkan dan inginkan. Ingat bahwa kamu harus melakukan ini secara hati-hati.   

Bila tidak maka bonsai serut yang dibentuk bisa saja patah. Setelah selesai, biarkan bonsai serut supaya tumbuh dan mulai membentuk pola yang sudah disesuaikan dengan kawat. Jangan buru-buru mencabut kawat sebelum kamu yakin bonsai serut sudah benar-benar tumbuh dengan baik.

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Membuat Bonsai Serut yang Benar untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel