Artikel Pilihan

Jenis Jenis Tanaman Bonsai yang Umum Ditanam Orang

Ciri Ciri Pohon Bonsai

Siapa sangka tanaman juga bisa dibuat sebagai karya seni. Pastinya kamu mengenal dengan tanaman bonsai. Jenis tanaman ini dibentuk dengan karya seni tertentu dan pastinya dengan cara yang unik. Seni yang berasal dari Cina ini sudah dilakukan lebih dari 2000 tahun yang lalu.  

Lalu, mengapa Jepang lebih terkenal dengan bonsainya dibanding Cina? Ternyata Jepang menyalin bentuk seni bonsai pada 700 tahun yang lalu. Barulah teknik bonsai yang kita kenal sekarang dilakukan. Kata “bonsai” sendiri memiliki arti ditanam dalam wadah.   

Jika kamu ingin memulai melakukan hobi ini, ketahuilah terdapat jenis-jenis tanaman bonsai yang bisa kamu coba untuk tanam. Berbagai tanaman ini punya keunikan dan gayanya tersendiri loh. Penasaran?

  

1. Adenium 

Jenis bonsai yang pertama adalah adenium.  Jenis pohon ini punya ciri yang cukup unik yaitu punya batang yang tebal dan bulat. Daunnya juga mengkilap serta memiliki bunga dengan warna indah sehingga sangat cocok untuk dijadikan tanaman bonsai.   

Tak hanya keindahan tanamannya saja, salah satu keunikan dari pohon jenis ini adalah bonggolnya. Daya tarik bonggol ini semakin indah dengan berbagai warna bunga adenium seperti kuning, pink dan juga merah. Daya tarik lainnya yang mungkin bisa jadi pertimbangan adalah bentuk batangnya yang berkelok.   

Ciri Ciri Pohon Bonsai
Sumber: tokopedia.com

Salah satu tips sukses menanam tanaman adenium adalah dari lingkungannya. Pilih lingkungan yang cerah dengan ventilasi dan sinar cahaya yang baik. Selain itu, pilih pula media tanam yang tepat misalnya kompos, tanah dan juga pasir. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan adenium yang terbaik.   

2. Asam    

Jenis bonsai berikutnya adalah asam atau bisa disebut dengan asam Belanda. Jenis satu ini juga cukup digemari oleh banyak orang. Bentuknya memiliki daun yang rindang karena kerap disebut dengan pohon peneduh. Batang dan cabangnya yang tak beraturan justru malah menjadi nilai seni tersendiri.   

Bentuknya yang tak beraturan ini justru membuat tanaman asam mudah untuk dirawat. Maka tak heran jika banyak orang yang senang menanamnya karena tidak rewel dan juga manja. Bagi pemula mungkin menanam bonsai asam adalah pilihan yang tepat.   

3. Beringin   

Salah satu yang tak kalah populer adalah bonsai beringin. Keunggulan dari pohon ini adalah tidak mudah mati dan usianya panjang. Selain itu, bentuknya juga bisa dibilang relatif besar. Tanaman ini tidak mudah mati karena daya tahan yang baik serta memiliki kemampuan untuk adaptasi terhadap lingkungan di sekitarnya.   

Beringin sendiri punya daya tarik tersendiri di mata penggemarnya.Bentuk batang dan akarnya menimbulkan kesan atraktif sehingga sangat disukai oleh penggemar bonsai. Maka tak jarang jika bonsai beringin ini mudah ditemui dan ditanam oleh para penggemarnya.  

Ciri Ciri Pohon Bonsai
Sumber: casaindonesia.com


 4. Azalea   

Siapa sangka jenis bonsai ini cukup memainkan posisi yang istimewa dan juga berharga bagi para pecinta bonsai. Azalea termasuk dalam pohon dan semak yang sebenarnya tidak terlalu menarik di ukuran aslinya. Tetapi jika dibentuk dan dibuat ke dalam bonsai, Azalea memiliki karya seni yang tinggi.   

Keunikan dari bentuk batang dan daun tanaman inilah yang membuat imajinasi seseorang jadi terangsang. Apalagi untuk membentuk tanaman ini, seseorang harus melakukannya dengan hati-hati dan presisi. Pohon Azalea bisa berbunga dan membuat pesona tersendiri dengan pilihan warna bunga merah, merah muda bahkan putih. 

5. Baobab   

Jenis bonsai ini cukup legendaris dan berasal dari Afrika. Tanaman ini dalam bentuk asli bisa sangat tumbuh tinggi dan besar. Mengapa jenis bonsai ini begitu diminati? Ternyata Baobab mudah untuk beradaptasi di lingkungan pot bonsai. Selain itu, perawatannya juga mudah loh.

  

Kamu hanya perlu memastikan pohon berada di lingkungan yang hangat. Sementara jika berada di iklim yang dingin memang membutuhkan perawatan tertentu. Jika ditanam di iklim tropis seperti Indonesia, jenis bonsai ini sebaiknya diletakkan pada sinar matahari langsung. Sementara jika terlalu dingin, bonsai bisa diletakkan di dalam ruangan.   

Itu dia sebagian jenis tanaman bonsai yang cukup banyak digemari orang. Tak hanya bentuknya yang unik dan indah, perawatan yang mudah juga membuat tanaman bonsai ini menjadi daya tarik tersendiri.  

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jenis Tanaman Bonsai yang Umum Ditanam Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel