Artikel Pilihan

Begini Cara Memilih Tanaman Bonsai dan Media Tanamnya

Bonsai merupakan salah satu teknik yang dipakai supaya tanaman bisa memiliki bentuk yang lebih menarik. Akhirnya tak heran bila tanaman ini disukai banyak orang. Bonsai sendiri tidak hanya bisa dipakai untuk satu jenis tanaman saja.

Ciri Ciri Pohon Bonsai

Ada banyak tanaman yang bisa ditanam dengan cara bonsai. Meskipun hanya tanaman berkayu yang umumnya bisa dipakai. Jika kamu ingin memulai untuk membuat tanaman bonsai, ketahui cara untuk memilih tanaman bonsai. Tak hanya itu saja, ketahui pula cara memilih media tanamnya.

Cara Memilih Tanaman Bonsai

Tanaman yang akan dibuat sebagai tanaman bonsai disebut dengan bakalan bonsai. Nah, bakalan ini adalah tanaman yang diambil dari alam. Biasanya bagian yang diambil bisa dari biji, cangkok, enten, setek maupun okulasi.

Untuk mengambil tanaman bonsai, kamu harus mengetahui kriteria tertentu.

Tanaman yang memenuhi kriteria ini adalah yang bisa dijadikan tanaman hias. Kriteria inilah yang akan membuat tanaman tersebut jadi bonsai yang sempurna. Lantas, jenis tanaman apa saja yang bisa dijadikan bonsai?

1. Tanaman dikotil dan monokotil

Tanaman dikotil merupakan tanaman berkeping dua. Tanaman ini umumnya berbentuk pohon yang keras dan memiliki kambium. Jenis tanaman ini termasuk yang ideal untuk dijadikan bonsai. Selain itu, tanaman monokotil juga bisa dikerdilkan misalnya jenis bambu, kelapa, perdu dan semak.

2. Berusia panjang

Bonsai adalah seni yang terus menurus tumbuh. Artinya, kamu membutuhkan tanaman berusia panjang. Pilih tanaman yang memang bisa hidup hingga pulihan tahun. Bahkan, ada beberapa orang yang mencari tanaman yang mampu hidup hingga ratusan tahun.

3. Tahan untuk hidup menderita

Pilih tanaman bakal bonsai yang tahan terhadap panas dan hujan. Selain itu, tanaman juga harus bertahan terhadap wadah yang terbatas dan juga sempit. Tanaman harus bisa hidup meski jumlah makanan dan nutrisinya sedikit. Tanaman harus bisa berkembang dengan akar dan batang seadanya. 

4. Bentuknya indah

Pilih pohon yang memang pada dasarnya memiliki daya tarik tersendiri. Bentuk daun, akar, bunga, batang hingga buah harus semenarik mungkin. Keindahan ini pastinya akan semakin menonjol bila mendapatkan teknik tanam bonsai yang baik dan benar. 

Ciri Ciri Pohon Bonsai
Sumber: ciriciripohon.com

5. Tahan terhadap berbagai perlakuan

Agar mendapatkan bentuk bonsai yang sempurna, pohon akan mendapatkan teknik tertentu misalnya dililit dengan kawat, dipangkas serta diiris. Semua teknik tersebut akan dilakukan demi mendapatkan tanaman yang indah. Maka, tanaman yang dijadikan bakal bonsai harus tahan terhadap berbagai teknik tersebut.

Ada beberapa jenis tanaman yang umumnya dijadikan bonsai. Tanaman tersebut antara lain pinus, jeruk, bougenvill dan sianto. Selain itu, tanaman azalea, asam, ulmus, beringin dan buxux juga termasuk jenis yang cocok dijadikan tanaman bonsai.

Pemilihan Media Tanam

Selain memilih jenis tanaman bonsai yang tepat, kamu juga harus memperhatikan dan memilih media tanam yang tepat. Pohon bonsai hanya memiliki persediaan nutrisi yang terbatas.

Selain itu, ia sangat sensitif terhadap air hujan ataupun air siraman. Maka dari itu, media tanam yang dipilih harus mengandung nutrisi serta bahan mineral yang cukup. Hal ini akan membuat tanaman bisa hidup dan bertumbuh dengan lebih baik.

Apa saja media tanam yang bisa dipakai untuk tanaman bonsai?

Pertama adalah pasir. Bahan ini mempunyai sifat porous sehingga dapat meneruskan air serta mencegah air menggenangi media tanam untuk waktu yang lama.

Selain itu, pasir juga memudahkan udara bisa masuk ke media tanam, Selain pasir, kamu juga bisa memakai tanah. Jenis tanah yang bisa dipakai antara lain tanah gunung berwarna cokelat tua atau hitam serta tanah merah.

Berikutnya adalah humus. Media tanam ini berasal dari ranting pohon atau daun yang sudap mengalami proses pelapukan dengan waktu yang lama. Humus memiliki zat hara dan mikroorganisme yang ada manfaatnya untuk tanaman.

Media tanam berikutnya adalah kompos. Jenis ini bisa menjadi media tanam yang baik karena mengandung unsur hara. Biasanya ditambahkan pada tumbuhan supaya berkembang dengan baik sesuai potensi produksinya.

Ciri Ciri Pohon Bonsai
Sumber: gardener.id

Bentuk pupuknya pun bermacam-macam. Ada yang cair, tablet, briket, pelet hingga curah. Selain kompos, media tanam yang juga bisa dipakai adalah pupuk kandang. Media tanam ini terbuat dari kotoran kambing dan mampu mempertahankan air serta kelembaban lebih tinggi. Dengan begitu, tanaman bonsai bisa tumbuh dengan maksimal.

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Memilih Tanaman Bonsai dan Media Tanamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel