Artikel Pilihan

Hal yang Harus Anda Persiapkan Kalau Ingin Berbisnis Budidaya Pohon Pisang

Pohon Pisang
Pohon pisang dapat dengan mudah anda temukan di Indonesia. Hampir semua jenis pohon pisang ada di Indonesia karena pohon ini mudah ditanam di mana saja dan cocok dengan iklim tropis. Buah pisang sendiri merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi orang Indonesia. Harga jual 1 kg pisang bisa sekitar 20 ribu sampai 40 ribu Rupiah. 

Melihat pasar buah pisang, banyak orang yang mulai menangkap peluang bisnis. Salah satu peluang bisnis yang dapat anda coba dalam memenuhi kebutuhan buah pisang di pasar adalah membudidayakan pohon pisang. Namun untuk memulai bisnis ini, anda memerlukan persiapan yang cukup matang. 

Persiapan Dalam Budidaya Pohon Pisang 

Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

1. Pengetahuan 

Pengetahuan merupakan hal yang sangat penting dalam budidaya pohon pisang. Pengetahuan yang dimaksud disini bukanlah sekadar bagaimana cara menanam dan merawatnya. 

Anda juga harus mengetahui karakteristik, kondisi yang pas, cara mengatasi hama atau penyakit, serta memanfaatkan setiap bagian pohon pisang dengan baik. Tanpa adanya pengetahuan tersebut, disaat hama menyerang, anda akan kewalahan. 

Dengan pengetahuan yang tepat, anda juga bisa menghasilkan buah pisang yang lebih banyak. Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan agar pohon dengan nama latin Musa ini bisa berbuah dua kali. Ada pula teknik yang bisa dilakukan agar anda bisa menanam lebih banyak dalam lahan yang sempit. 

Tidak perlu mempelajari secara mendalam, cukup pelajari bagaimana mengatasi masalah yang mungkin akan muncul ketika anda menjalankan bisnis ini. Tidak perlu juga menunda untuk memulai karena merasa tidak cukup punya ilmu tentang pohon pisang. Pengetahuan akan anda dapatkan seiring dengan pengalaman anda dalam budidaya pohon ini. 

2. Lahan 

Pastilah anda membutuhkan lahan untuk menanam pohon pisang, apalagi dalam jumlah yang banyak. Menyiapkan lahan tidak sekadar memiliki tanah yang kosong saja. Anda harus memastikan kalau lahan tersebut cocok untuk tanaman. 

Lahan yang baik untuk pohon yang mampu tumbuh hingga 3 meter ini adalah lahan yang gembur, mengandung banyak unsur hara, dan netral. Karena itu, pastikan anda menggembur lahan yang anda miliki terlebih dahulu. 

Setelah menggemburkan tanah, tebarkan pupuk secukupnya untuk memastikan kalau unsur hara pada tanah sudah cukup. Gunakan alat pengukur pH untuk mengukur kadar asam dan basa pada tanah. pH yang baik untuk tanah adalah antara 5,5 sampai 7,5. 

Setelah memastikan semua hal tersebut pada lahan yang ada, barulah anda boleh menanam tunas pisang di lahan tersebut. 

3. Mempersiapkan Peralatan 

Anda membutuhkan peralatan yang tidak sedikit ketika ingin mulai membudidayakan pohon pisang. Dalam lahan dengan luas 1.000 meter2, bisa ditanam sebanyak 165 pohon. 

Peralatan yang anda butuhkan juga banyak untuk menunjang perawatan untuk 165 batang pohon tersebut. Anda harus memiliki cangkul, timbangan, sabit, dan selang. Setidaknya anda membutuhkan 2 unit untuk setiap peralatan tersebut. 

Anda juga membutuhkan pupuk, insektisida, dan fungisida untuk menjaga pertumbuhan pohon pisang yang lebih optimal. Pupuk yang anda butuhkan setiap bulannya sekitar 10 kg, sedangkan insektisida dan fungisida baru digunakan ketika ada serangan hama dan jamur. 

4. Sistem Pengairan yang Benar 

Pohon pisang merupakan tanaman yang tumbuh dengan optimal bila anda menanamnya di tanah yang lembap. Kelembapan tanah yang baik untuk pohon yang satu ini adalah sekitar 80% sampai 90%. 

Curah hujan yang cocok untuk pohon pisang juga tinggi, antara 2.000 sampai 2.500 mm per tahun. Komposisi pohon dan buah pisang sendiri hampir setengah terdiri dari air. 

Meski lebih cocok tinggal di tanah yang lembap serta curah hujan yang tinggi, tetapi pohon pisang tidak bisa tinggal di tanah yang tergenang air. Pohon ini akan mati bila ada air yang menggenang di tanah. 

Karena itu, anda harus memiliki sistem pengairan yang benar agar air cepat terserap ke dalam tanah. 

5. Pemilihan Tunas yang Baik 

Agar bisa menghasilkan pohon pisang yang baik, pastilah anda harus memilih tunas yang baik pula. Anda harus mengetahui beberapa kriteria tunas yang baik, seperti tingginya sekitar 1 sampai 1,5 meter dengan diameter sekitar 15 sampai 20 cm. 

Pilihlah tunas anakan dewasa yang lebih siap untuk ditanam. Tunas anakan dewasa telah memiliki cadangan makanan yang lebih banyak dibandingkan tunas muda. 

Tunas anakan dewasa memiliki bentuk yang mirip dengan tombak, serta memiliki daun yang seperti pedang. Tunas anakan dewasa juga memiliki calon bunga. 


Modal Untuk Budidaya Pohon Pisang 

Untuk memulai budidaya pohon pisang, pastilah anda membutuhkan modal dalam jumlah yang tidak sedikit. Namun, modal yang anda butuhkan juga tidak terlalu banyak. 

Kalau anda menyewa lahan untuk menanam pohon pisang, anda harus membayar sekitar 1.500 Rupiah untuk satu meter. Kalau anda mendapatkan lahan seluas 1.000 meter2, artinya anda butuh 1,5 juta Rupiah. 

Anggap saja anda membutuhkan cangkul, timbangan, dan sabit sebanyak dua buah. Jika ditotal, harganya sekitar 4,8 juta Rupiah. Jadi, totalnya sekitar 6,3 juta Rupiah. 
Pohon Pisang
Sumber: Unsplash.com

Itulah hal yang harus anda persiapkan kalau ingin memulai bisnis budidaya pohon pisang. Apakah anda sudah menyiapkannya?

Belum ada Komentar untuk "Hal yang Harus Anda Persiapkan Kalau Ingin Berbisnis Budidaya Pohon Pisang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel