Artikel Pilihan

Yang Menyebabkan Buah Pada Pohon Bidara Cepat Membusuk

Pohon Bidara

Ada banyak sekali tanaman yang memberikan manfaat bagi manusia, salah satunya adalah pohon bidara. Ziziphus mauritiana atau pohon bidara ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit berat. Tanaman yang satu ini bisa menyembuhkan penyakit kulit hingga penyakit jantung.

Buah bidara merupakan bagian yang sering diambil dari pohon bidara. Buah yang satu ini mengandung berbagai nutrisi yang sangat berguna, seperti beta karoten, protein, lemak, vitamin A, B, dan C. Namun, perawatan yang kurang tepat dapat menyebabkan buah bidara cepat membusuk. Selain perawatan yang kurang tepat, anda harus tahu penyebab lainnya. 

Penyebab Pohon Bidara Menghasilkan Buah yang Cepat Busuk 

Pohon Bidara
Sumber: atmago.com

1. Tidak Cukup Mendapatkan Air 

Alasan pertama buah bidara cepat membusuk adalah buah yang berbentuk seperti apel ini tidak mendapatkan air yang cukup. Anda pasti berpikir kalau pohon bidara tidak perlu disiram secara rutin karena habitat aslinya di daerah yang kering. 

Meski tinggal di tempat yang kering dan tidak perlu disiram terlalu sering, buah yang berbentuk seperti apel ini tidak membutuhkan pasokan air yang cukup untuk menjaga kelembapan. 

Hampir 90% buah bidara terdiri dari air sehingga kalau anda tidak menyiram secara rutin, buah ini akan mengering, layu, hingga akhirnya membusuk dan layu. Karena itulah, anda harus memberikan tanaman ini cukup air. 

Setidaknya siram pohon bidara dua hari sekali. Memastikan tanaman ini mendapatkan air yang cukup sangat penting bagi buah bidara agar berkualitas. Selain menghasilkan buah yang berkualitas, daun bidara juga hijau dan sehat. Daun bidara merupakan bagian lain yang bermanfaat selain buah bidara. 

2. Terlalu Lembap 

Pohon bidara yang terlalu kering menjadi penyebab buah yang busuk. Terlalu banyak air juga menyebabkan buah bidara membusuk. Jadi, anda harus memberikan takaran air yang sesuai untuk tanaman yang satu ini. 

Terlalu banyak air membuat buah bidara terasa sangat lembap. Saat terlalu lembap, beberapa bagian pohon bidara sangat mudah ditumbuhi mikroorganisme yang merugikan, seperti jamur dan bakteri. 

Karena itu, sangat penting untuk menjaga tanaman yang mampu tumbuh hingga 40 meter ini agar tidak terlalu lembap. Pada dasarnya, tumbuhan ini memang tinggal di daerah yang kering dengan curah hujan yang sangat sedikit. 

Jangan juga menanam pohon bidara di tempat yang lembap karena tidak bagi tanaman yang satu ini. Tempat terbaik untuk meletakkan bibit bidara adalah di tempat yang selalu terkena sinar matahari saat siang hari. 

3. Serangan Hama 

Hama sangat tertarik pada tumbuhan yang dalam proses pembuahan. Hama yang menyerang pohon bidara membuat buah bidara cepat membusuk sehingga anda harus menyingkirkan hama-hama tersebut. 

Ada hama semut hitam dan lalat buah yang selalu menghinggapi pohon bidara. Khusus untuk lalat buah, hewan yang satu ini sering membuat buah bidara menjadi tempat tinggalnya dan meletakkan telurnya. 

Telur tersebut akan pecah menjadi larva yang membuat buah bidara menjadi busuk. Larva tersebut akan memakan buah bidara yang mulai membusuk. 

Semut hitam juga akan ikut memakan buah bidara yang membusuk. Selain buah, semut hitam suka memakan daun bidara hingga tampak bolong. 

4. Pemberian Pupuk yang Kurang Tepat 

Meski merupakan tanaman yang mudah dirawat, pohon bidara juga butuh diberikan pupuk secara rutin. Pupuk diberikan agar memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman yang berfungsi untuk perkembangannya. 

Ada unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan pohon bidara dalam jumlah yang sesuai. Pemilihan pupuk yang kurang tepat akan membuat tanaman ini kekurangan atau kelebihan salah satu unsur hara. 

Saat unsur hara yang diberikan kepada tanaman ini tidak seimbang, buah bidara jadi cepat membusuk. Bahkan terdapat kasus dimana buah bidara tidak tumbuh sama sekali meski tumbuhan ini telah berumur panjang. 

Anda harus mengetahui beberapa unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang banyak, seperti nitrogen, kalium, phosphor, magnesium, kalsium, oksigen, dan hidrogen. 

Ada juga unsur hara mikro yang hanya dibutuhkan tanaman ini dalam jumlah yang sedikit. Beberapa diantaranya adalah besi, seng, tembaga, klor, boron, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Beberapa unsur hara ini bisa didapatkan melalui tanah atau udara. Namun, ketika ada unsur hara yang kurang, anda tetap harus membantu memenuhinya dengan memberikan pupuk yang tepat. 

Mengatasi Buah pada Pohon Bidara yang Cepat Membusuk 

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah buah bidara membusuk, tergantung pada penyebabnya. Kalau penyebabnya adalah kekurangan air, anda harus menyiram pohon bidara dengan rutin. 

Kalau penyebabnya adalah hama, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, salah satunya adalah membuat pestisida alami. Anda hanya membutuhkan bawang putih, bubuk cabai, dan sabun cuci untuk membuat pestisida secara alami. 

Rendam bawang putih dan bubuk cabai selama 24 jam dalam botol yang berisi air. Ketika sudah 24 jam, tambahkan sabun cuci dan kocok sebentar. Pestisida alami siap digunakan, semprotkan pada bagian buah dan daun bidara. 
Pohon Bidara
Sumber: rumahtanaman.com
Apa anda sudah mengetahui penyebab buah bidara yang anda miliki cepat membusuk? Jika sudah tahu penyebabnya, lebih baik anda cepat mengatasi buah yang dihasilkan pohon bidara ini.

Belum ada Komentar untuk "Yang Menyebabkan Buah Pada Pohon Bidara Cepat Membusuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel