Artikel Pilihan

Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Pohon Mangga Berbuah Lebat

Pohon Mangga
Kalau anda pernah mengunjungi rumah yang memiliki pekarangan, pasti sering melihat kebanyakan rumah tersebut memiliki pohon mangga. Pohon mangga memang banyak ditanam di pekarangan rumah karena mudah ditanam dan dirawat. Selain itu, tanaman ini juga tidak terlalu banyak masalah dengan berbagai jenis tanah. 

Jika anda merupakan orang yang memiliki pohon mangga, masalah yang sering dihadapi adalah pertumbuhan buah yang sangat sedikit. Padahal anda sudah menantikan tanaman ini berbuah sehingga anda bisa memakan mangga yang segar. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar pertumbuhan buah mangga semakin lebat. 

Cara Agar Pohon Mangga Tumbuh Lebat 

Pohon Jeruk
Sumber: Pertanianku.com

1. Memilih Pohon Mangga Terbaik 

Cara pertama yang dapat anda lakukan ketika akan menanam pohon mangga adalah mencari bibit yang terbaik. Cara ini sudah harus anda lakukan bahkan sebelum tanaman ini tumbuh dan akan mempengaruhi pertumbuhan dari tanaman ini. 

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan bibit pohon ini, beberapa diantaranya adalah cangkok, stek, dan vegetatif. Semua cara tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

Yang pasti, semua cara tersebut akan membuat bibit pohon mewarisi sifat dari pohon induknya sehingga anda harus mencari pohon yang terbaik agar bibit pohon juga mewariskan sifat yang bagus tersebut. 

2. Atur Jarak Pohon 

Jika anda sudah terlanjur menanam pohon ini, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Salah satunya adalah jarak antar pohon, kalau anda menanamnya dalam jumlah yang banyak. Pastikan kalau jarak antar pohon ini setidaknya 1 meter. 

Kalau anda menanamnya di pekarangan rumah, pastikan juga tanaman ini memiliki jarak yang cukup dengan rumah. Kalau jaraknya terlalu dekat dengan rumah, pertumbuhan pohon ini bisa terganggu. Selain itu, rumah anda juga mungkin akan rusak karena ditabrak oleh tanaman ini. 

Selain rumah, anda juga harus memastikan pohon mangga yang anda tanam tidak menganggu alur kabel serta peralatan lainnya. 

3. Berikan Zat Pengatur Tumbuh 

Secara Teratur Sudah menjadi pengetahuan umum kalau ingin tanaman berbuah dengan lebat dan berkaulitas, harus diberikan pupuk atau zat pengatur tumbuh. Zat pengatur tumbuh akan membantu pohon mangga untuk membuat bunga tumbuh hingga akhirnya terjadi pembuahan. 

Zat pengatur tumbuh atau ZPT yang paling cocok untuk pohon mangga adalah yang mengandung paklobutrazol. Zat ini lebih cocok diberikan kepada pohon yang sudah masuk dalam usia produktif, kurang lebih 5 tahun. 

Ada dua cara yang dapat anda lakukan dalam memberikan ZPT, yaitu lewat daun dan tanah. Keduanya memiliki peranan yang hampir sama, hanya berbeda pada dosisnya. Kalau anda memberikan lewat daun, berikanlah dalam dosis yang kecil. Jika memberikan lewat tanah, lebih baik berikan dengan dosis yang lebih besar. 

4. Pangkas Secara Teratur 

Salah satu cara yang lumayan efektif agar pohon ini cepat berbuah adalah dengan cara memangkas beberapa bagiannya. Pemangkasan bisa menjadi cara yang efektif karena saat anda melakukan pemangkasan, tunas vegetatif dan generatif akan tumbuh. 

Tunas tersebut akan membuat cabang semakin banyak, yang membuat tempat tumbuh buah semakin banyak. 

Anda tidak boleh asal memangkas pohon mangga. Ada beberapa cara pemangkasan yang harus anda lakukan. Pertama, siapkan gergaji yang tajam. Kedua, pilihlah bagian ranting yang terserang penyakit atau hama untuk dipotong. Cara pemangkasan harus dilakukan dengan cara mengarah keluar. 

5. Lilit Batangnya 

Melilitkan batang pohon mangga untuk mendapatkan buah yang lebat merupakan cara tradisional yang telah lama dilakukan. Menghambat hasil fotosintesis dari daun ke akar hingga nutrisi menumpuk di daun mangga merupakan tujuan dari melilitkan batang. 

Batang yang bisa dililitkan meliputi batang primer, cabang, hingga batang utama. Gunakan kawat yang kuat untuk melilit batang. Ikatlah sekencang mungkin. 

6. Melukai Batang 

Siapa sangka ternyata melukai batang pohon mangga juga bisa membuat pohon ini berbuah lebih banyak. Konsepnya hampir sama seperti melilitkan batang, yaitu agar nutrisi lebih terfokus kepada bagian batangnya. 

Anda bisa melukai bagian leher batang hingga terlihat bagian jaringan kayu. Ada banyak teknik melukai batang yang bisa anda lakukan. Cara ini memang bisa berisiko membuat tanaman menjadi terserang penyakit. Namun, kalau anda sudah tahu cara mengatasinya, anda bisa melakukan cara ini dengan baik. 


Cara Memilih Bibit Pohon Mangga yang Baik 

Memilih bibit pohon mangga yang baik merupakan salah satu cara agar tanaman ini bisa menghasilkan buah yang lebat. Karena itu, anda harus mengetahui ciri-ciri bakal bibit yang baik sebelum menanamnya. 

Batang pohon harus sehat merupakan ciri pertama yang harus anda lihat. Batang merupakan sebuah tubuh utama dari pohon. Anda tidak akan bisa mendapatkan pohon mangga yang kuat dan besar kalau tidak memiliki bibit yang berasal dari pohon dengan ciri-ciri yang sama. 

Anda juga harus memilih pohon mangga yang memiliki akar serabut yang sangat lebat serta daun yang cerah. Kedua ciri ini bisa menjadi tanda kalau pohon yang anda pilih merupakan pohon yang sehat. 
Pohon Jeruk
Sumber: 99.co

Apakah anda sudah melakukan tips di atas? Kalau sudah, sebentar lagi pohon mangga anda pasti berbuah dengan lebat.

Belum ada Komentar untuk "Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Pohon Mangga Berbuah Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel