Artikel Pilihan

Penyakit yang Sering Menyerang Pohon Jeruk

Pohon Jeruk
Pohon jeruk merupakan salah satu pohon yang paling mudah ditanam dan dirawat. Selain itu, pohon jeruk sangat mudah berbuah dan ditanam di mana saja. Kalau anda hanya memiliki lahan yang sempit, anda bisa menanam pohon dengan nama latin Citrus ini di pot. Tanaman ini juga cocok digunakan sebagai tanaman hias.

Seperti tanaman pada umumnya, pohon jeruk juga bisa terserang berbagai hal yang merugikan. Hama, gulma, dan penyakit merupakan beberapa hal yang dimaksud sebelumnya. Untuk penyakit, ada beberapa penyebabnya. Biasanya, penyakit pada tanaman disebabkan oleh jamur dan juga bakteri. 

Penyakit Pada Pohon Jeruk 

Pohon Jeruk
Sumber: alihamdan.id

1. Pseudomonas Syringae 

Penyakit pertama yang sering menyerang pohon jeruk dipengaruhi oleh bakteri yang bernama Pseudomonas syringae. Bakteri ini akan menyerang bagian daun, bunga, hingga buah jeruk. 

Coba perhatikan setiap bagian pohon yang anda miliki. Jika ada bintik hitam yang muncul, terutama pada bagian tangkai daun, bisa jadi itu pertanda penyakit ini telah menyerang tanaman anda. 

Jika anda perhatikan setiap hari, bintik hitam tersebut akan semakin banyak dan membesar. Pertanda lainnya jika Pseudomonas syringae menyerang pohon jeruk adalah daun jeruk akan berbentuk keriting dan kering. Tidak lama kemudian, daun itu akan mati. 

Anda juga akan sering menemukan ada bintik hitam pada bagian buah jeruk. Salah satu cara untuk menghilangkan bakteri ini adalah dengan menggunakan fungisida tembaga. Cara ini akan melindungi buah jeruk dari kebusukan yang disebabkan oleh bakteri yang satu ini. 

2. Xanthomonas Citri 

Selanjutnya, ada Xanthomonas citri yang juga akan membuat buah jeruk cepat membusuk. Ciri-ciri yang disebabkan oleh patogen yang satu ini pada pohon jeruk hampir sama seperti bakteri Pseudomonas syringae. 

Gejala yang mudah ditemui adalah timbulnya bintik hitam, terutama pada daun dan buah jeruk. Jika anda perhatikan, buah jeruk juga sering jatuh sebelum waktunya. Daun juga cepat kering hingga akhirnya mati. 

Bagian yang paling sering diserang Xanthomonas citri adalah daun, tunas, dan jeruk yang masih muda. Patogen ini cepat sekali menyebar ke tanaman lain. Cara penyebarannya juga sangat sulit dikendalikan, yaitu melalui air hujan. 

Jika salah satu pohon jeruk yang anda miliki telah terserang patogen ini, sebaiknya anda segera mengatasinya sebelum menyebar ke tanaman yang lain. 

3. Thielaviopsis Basicola 

Kalau dua penyakit sebelumnya disebabkan oleh bakteri, penyakit yang satu ini disebabkan oleh jamur yang bernama Thielaviopsis basicola. Berbeda dengan dua bakteri sebelumnya yang menyerang bagian daun, bunga, dan buah, jamur ini lebih sering menyerang bagian akar pohon. 

Meski yang diserang berbeda. Namun, gejala yang ditunjukkan hampir sama. Pohon yang terkena penyakit ini akan memiliki akar yang menghitam. Awalnya hanya bintik hitam, tetapi menyebar hingga seluruh akar menjadi hitam. Hingga akhirnya akar akan membusuk dan tanaman menjadi mati. 

4. Penicillium Digitatum 

Penyakit selanjutnya ini juga disebabkan oleh jamur yang bernama Penicillium digitatum. Jamur yang satu ini akan menimbulkan jamur lain hingga akhirnya pohon jeruk yang anda miliki akan dipenuhi oleh jamur. 

Selain membuat seluruh bagian pohon menjadi berjamur, jamur ini juga akan menyebabkan buah jeruk jadi membusuk dan akhirnya jatuh sebelum waktunya. Selain itu, jika anda mendapati buah jeruk yang anda miliki menyusut dan kering, itu pertanda jamur ini telah menghinggapi tanaman anda. 

Untuk mengatasi penyakit ini, anda bisa menggunakan obat anti jamur atau fungisida. Ada beberapa fungisida yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit ini. Namun, umumnya penyakit ini bisa diatasi dengan fungisida yang umum dijual. 

5. Diaporthe Citri 

Penyakit terakhir disebabkan oleh Diaporthe citri ayng membuat tanaman menjadi Melanose, yaitu timbulnya bercah hitam pada beberapa bagian pohon jeruk hingga perubahan enzim yang membuat tanaman ini tidak dapat tumbuh dengan normal. 

Daun, buah, dan batang yang baru tumbuh merupakan bagian yang paling sering muncul bintik hitam jika jamur ini menghinggapi tanaman. Selain itu, buah jeruk akan jatuh, meski buahnya masih sangat muda. 

Jika pohon yang anda miliki masih muda, pohon tersebut tidak akan bisa tumbuh tinggi. Daun yang dimiliki juga tidak akan lebat jika terserang penyakit ini sehingga anda harus segera mengatasinya. 

Hama dan Gulma Penganggu Pohon Jeruk 

Selain berbagai penyakit yang disebabkan oleh penyakit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri, ada juga masalah yang ditimbulkan oleh hama dan gulma pada pohon jeruk. Hama merupakan hewan yang sering merugikan tanaman, sedangkan gulma adalah tanaman liar yang sering mengambil nutrisi pada tanaman. 

Hama yang paling sering merugikan pohon jeruk adalah kutu. Hama yang satu ini akan tinggal di bagian daun jeruk, membuat daun menjadi keriting, cepat kering, hingga akhirnya mati. Selain itu, kutu juga akan membuat buah menjadi cepat busuk. 

Saat busuk, lalat buah akan datang dan membuat sarang di buah yang telah membusuk tersebut. Selain hama, ada pula gulma yang mengambil nutrisi yang seharusnya diserap oleh akar pohon jeruk. 
Pohon Jeruk
Sumber: pinterest.com
Itulah penyakit yang menyerang pohon jeruk. Apakah pohon anda telah menunjukkan gejala yang sama?


Belum ada Komentar untuk "Penyakit yang Sering Menyerang Pohon Jeruk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel