Artikel Pilihan

Meski Sudah Dipetik Dari Pohon Mangga, Ada Cara Membuat Buahnya Lebih Matang

Pohon Mangga
Tujuan utama ketika anda menanam pohon mangga anda untuk mendapatkan buahnya. Pohon mangga akan memasuki usia produktif dan panen saat 100 sampai 150 hari setelah anda menanamnya. Namun, usia produktif ini tergantung dari jenis mangga yang anda tanam. Dalam sekali panen, jumlah buah mangga yang tumbuh juga bisa sampai ribuan buah. 

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pohon mangga adalah waktu matang yang berbeda-beda. Anda mungkin merasa tidak sabar ingin segera menikmati hasil setelah menanam pohon dengan nama latin Mangifera indica ini dengan sangat lama. Jika anda tidak sabar menunggu kematangan buah mangga, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar buah ini cepat matang. 

Membuat Buah Dari Pohon Mangga Cepat Matang 

Pohon Mangga
Sumber: Pixabay.com

1. Kubur di Dalam Beras 

Cara pertama yang bisa anda lakukan kalau ingin membuat buah mangga cepat matang setelah dipetik dari pohonnya adalah dengan mengubur buah tersebut di dalam beras. Cara yang satu ini telah populer dilakukan oleh ibu-ibu. 

Dibandingkan membiarkannya begitu saja, lebih baik anda merendam buah mangga dengan beras. Hal ini bertujuan agar air dalam buah mangga menjadi terserap dengan suhu hangat dari beras. 

 Konsepnya hampir sama seperti saat ponsel anda jatuh ke air dan basah. Anda bisa menguburnya dengan beras supaya air dari ponsel tersebut terserap oleh beras. 

Letakkan buah mangga di dalam beras selama 1 sampai 2 hari dan tutup di dalam sebuah ember. Setelah dua hari, mangga akan terlihat lebih matang. Kalau anda merasa masih belum terlalu matang, ulangi lagi cara di atas dengan waktu yang lebih lama. Namun, jangan terlalu lama karena bisa membuat mangga menjadi terlalu matang dan busuk. 

2. Letakkan di Kantong Kertas 

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk membuat buah yang telah dipetik dari pohon mangga lebih cepat matang adalah menggunakan barang yang sama-sama memiliki suhu yang hangat. Salah satunya adalah kantong kertas. 

Selain caranya yang mudah, cara yang satu ini juga lebih ramah lingkungan dalam mempercepat proses kematangan buah. Siapkan kantong kertas dan simpan buah mangga di dalam kantong tersebut. 

Letakkan di tempat yang gelap selama 1 sampai 2 hari. Suhu yang hangat dari kantong kertas akan membuat buah ini cepat matang, ditambah dengan tidak adanya sinar matahari sehingga membuat proses kematangan lebih cepat. 

Kenapa harus kantong kertas dan bukan kantong plastik? Kantong plastik akan membuat udara terhambat. Bukannya membuat semakin matang, kantong plastik justru membuat buah ini menjadi busuk. 

3. Letakkan di Tempat Gelap 

Cara yang satu ini sudah cukup populer dalam membuat berbagai buah menjadi lebih cepat masak. Anda juga bisa menggunakan cara yang satu ini untuk membuat buah mangga lebih cepat matang. Namun, caranya tidak secepat dua cara sebelumnya yang membutuhkan satu sampai dua hari. 

Meletakkan mangga di tempat gelap bisa membuatnya matang dalam waktu 2 sampai 4 hari. Meski lebih lama, tetapi kematangan yang dihasilkan jauh lebih sempurna dibandingkan dua cara sebelumnya. 

Meletakkan buah mangga di tempat yang gelap bisa membuat cepat matang karena sel-sel dalam buah mangga menjadi aktif agar mangga bisa bertahan hidup. 

Saat sudah 4 hari, cobalah cek tingkat kematangan mangga tersebut dengan cara menekan buahnya. Jika lembek, itu tanda kalau buah ini sudah matang. 

4. Campurkan Dengan Mangga Matang 

Mencampur mangga muda dengan mangga matang merupakan salah satu cara yang membuat mangga muda menjadi cepat matang. Meski terdengar tidak masuk akal. Namun, cara yang satu ini memiliki penjelasan ilmiahnya. 

Reaksi kimia merupakan jawaban dari cara mencampur mangga muda dan mangga matang. Mangga muda akan terpengaruh terhadap reaksi kimia dari mangga yang sudah matang terlebih dahulu sehingga mempercepat proses kematangan mangga yang masih muda. 

Jika anda memiliki buah mangga yang sudah matang dan sudah dipetik dari pohon mangga, cobalah letakkan dalam satu wadah dengan buah mangga yang masih muda. Letakkan dengan perbandingan 1:1. 

Anda juga bisa sekalian meletakkan kedua mangga tersebut di dalam tempat yang gelap agar semakin mempercepat proses kematangan mangga yang muda. Namun, perhatikan mangga yang masih matang. Jangan sampai mangga matang tersebut jadi membusuk. 


Cara Agar Pohon Mangga Menghasilkan Buah Berkualitas 

Baik matang atau belumnya buah mangga, anda tetap harus memperhatikan kualitasnya. Kualitas buah mangga tentu saja dipengaruhi oleh pohon mangga. Agar mendapatkan buah mangga yang berkualitas, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. 

Cara pertama adalah anda harus memberikan pupuk secara teratur kepada pohon mangga. Tanaman ini membutuhkan unsur hara dari pupuk untuk membuat buah yang berkualitas. 

Jangan lupa juga menyiram pohon mangga secara teratur karena hampir 90% komposisi dari buah mangga adalah air. Namun, jangan sampai tanah terlalu lembap karena bisa membuat pohon menjadi busuk dan mati. 
Pohon Mangga
Sumber: Pixabay.com

Itulah keempat cara yang bisa anda lakukan untuk membuat buah mangga cepat matang, meski sudah dipetik dari pohon mangga. Cara mana saja yang sudah pernah anda lakukan?

Belum ada Komentar untuk "Meski Sudah Dipetik Dari Pohon Mangga, Ada Cara Membuat Buahnya Lebih Matang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel