Artikel Pilihan

Kandungan Dalam Buah yang Dihasilkan Oleh Pohon Mangga

Pohon Mangga
Buah mangga merupakan buah yang dihasilkan oleh pohon mangga. Buah ini memiliki rasa yang lezat dan aroma yang sangat harum, tergantung dari jenis mangganya. Mangga memiliki rasa yang manis saat masak dan asam ketika belum matang. Bagian lain dari pohon mangga yang sering dimanfaatkan adalah bunga, daun, dan batangnya. 

Meski bagian lain bisa dimanfaatkan, tetap saja fungsi utama dari pohon mangga adalah buahnya. Selain memiliki rasa yang lezat, meski masih asam, ternyata buah mangga juga memiliki banyak sekali manfaat karena kandungan nutrisinya yang sangat lengkap. Dalam satu buah mangga, terdapat 12 kandungan nutrisi. 

Pohon Mangga Ternyata Menghasilkan Buah Kaya Nutrisi 

Pohon Mangga
Sumber: Dekoruma.com

1. Antioksidan 

Dalam satu buah mangga, terdapat antioksidan yang berupa polifenol dan beta karoten yang sangat berguna untuk melindungi sel dari tubuh dari kerusakan radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam buah mangga cukup banyak. 

Selain untuk mencegah sel dari kerusakan, antioksidan juga cocok digunakan sebagai produk kosmetik. Anda bisa menggunakan buah mangga sebagai bahan alami untuk mencegah penuaan dini. 

2. Serat 

Hampir seluruh buah terkenal mengandung serat yang tinggi. Begitu juga dengan buah mangga yang mengandung serat yang cukup tinggi. Dalam satu buah mangga terkandung serat sebanyak 1,5 sampai 2 gram. 

Serat berguna untuk membantu proses pencernaan anda dan membuat anda kenyang lebih lama. Itulah kenapa anda dianjurkan mengonsumsi makanan kaya serat saat diet dan mangga merupakan salah satunya. 

3. Karbohidrat 

Karbohidrat merupakan zat yang sangat penting bagi semua makhluk hidup. Pohon mangga juga menghasilkan buah mangga dengan cara menyalurkan banyak karbohidrat. Bagi manusia, karbohidrat berguna sebagai sumber tenaga utama. 

Ada 15 gram karbohidrat dalam satu buah mangga. Mengonsumsi buah yang satu ini cocok sebagai camilan bagi anda yang ingin segera berolahraga. 

4. Protein 

Selain karbohidrat, pohon mangga juga menyalurkan protein untuk menumbuhkan pohon mangga. Protein sendiri merupakan zat yang berguna untuk manusia. Protein berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh manusia. Bagi orang yang suka berolahraga angkat beban, protein sangat penting untuk membentuk otot. Dalam satu buah mangga, terdapat 1 sampai 1,5 gram protein.  

5. Vitamin A 

Buah seperti apel memang terkenal memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, tetapi buah mangga juga memiliki kandungan vitamin A yang tidak kalah tinggi. Ada sekitar 55 – 60 mikrogram vitamin A dalam setiap buah mangga. 

6. Vitamin C 

Buah mangga mengandung vitamin C sebanyak 25 sampai 60 miligram. Meski masih kalah dengan buah jeruk, tetapi buah ini tetap merupakan sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin C. 

Vitamin C sendiri berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh anda agar tahan terhadap penyakit yang disebabkan oleh berbagai virus dan bakteri. 

7. Vitamin E 

Sebuah mangga mengandung 9 miligram vitamin E yang berfungsi untuk membantu kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit, serta membantu pertumbuhan sel dalam tubuh anda. 

8. Folat 

Ada banyak sekali proses yang terjadi di dalam tubuh ketika anda mengonsumsi protein. Saat anda mengonsumsi protein, zat tersebut akan dipecah dan digunakan oleh tubuh. Folat berfungsi untuk membantu proses tersebut hingga membantu membentuk protein yang baru. 

Untuk mendapatkan folat yang cukup, anda bisa mengonsumsi buah mangga karena buah yang satu ini mengandung folat sebanyak 40 sampai 45 mikrogram. 

9. Kalsium 

Pohon mangga membutuhkan kalsium untuk berkembang. Wajar saja kalau dalam buah mangga juga terkandung kalsium sebanyak 10 sampai 15 miligram. Kalsium berfungsi untuk membuat tulang anda jadi lebih kuat. Nutrisi yang satu ini dibutuhkan oleh anak kecil dalam jumlah yang banyak. 

10. Magnesium 

Terdapat 10 sampai 15 gram magnesium dalam buah mangga karena pohon mangga sendiri juga membutuhkan magnesium. Karena itulah anda harus memberikan pupuk yang mengandung magnesium. 

Sama seperti kalsium, magnesium juga berguna untuk membantu menjaga kesehatan tulang. 

11. Kalium 

Setiap buah mangga mengandung 200 mg kalium. Zat yang satu ini berguna untuk mengendalikan fungsi sel saraf dan otot yang anda miliki. Kalium sangat berperan dalam mengatur otot jantung. 

12. Fosfor 

Fosfor merupakan salah satu unsur hara yang dibutuhkan oleh pohon mangga dalam jumlah yang banyak. Jadi, wajar kalau ada kandungan fosfor dalam satu buah mangga. Terdapat 14 sampai 20 mg fosfor dalam mangga. 

Zat yang satu ini sangat penting bagi anda yang suka berolahraga karena fosfor akan membantu mengurangi nyeri otot ketika berolahraga. Selain itu, fosfor juga berperan untuk mengatur energi yang akan disimpan dan dikeluarkan oleh tubuh anda. 


Manfaat Bagian Lain dari Pohon Mangga 

Selain buah mangga yang kaya akan nutrisi, pohon mangga juga memiliki bagian lain yang tidak kalah bermanfaat. Daun mangga bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan atau lalapan karena mengandung berbagai zat yang tidak kalah penting. 

Batang pohon mangga juga bisa dimanfaatkan untuk membuat furniture, sedangkan bunga mangga bisa digunakan sebagai bahan kosmetik. 
Pohon Mangga
Sumber: Dzargon.com

Beruntunglah anda yang suka mengonsumsi buah mangga karena anda telah mendapatkan banyak zat yang berguna dari buah yang satu ini. Jika anda sangat menyukai buahnya, anda bisa menanam pohon mangga.

Belum ada Komentar untuk "Kandungan Dalam Buah yang Dihasilkan Oleh Pohon Mangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel