Artikel Pilihan

Manfaat Menanam Pohon Mangga di Pekarangan Rumah

Pohon Mangga
Indonesia termasuk dalam negara penghasil buah jeruk terbesar di dunia dengan angka 1,6 juta ton setiap tahunnya sehingga wajar kalau anda menemukan banyak pohon mangga. Bukan hanya di lahan yang luas, anda juga akan sering menemukan pohon mangga di pekarangan rumah karena banyak orang yang menginginkan buah mangga. 

Menanam pohon mangga sangat mudah dilakukan sehingga siapa saja bisa menanamnya di pekarangan rumah mereka. Fungsi utama menanam pohon ini adalah memanfaatkan buahnya. Namun, ada banyak manfaat lain yang bisa anda dapatkan jika menanam pohon dengan nama latin Mangifera indica ini di pekarangan rumah. 

Keuntungan Memiliki Pohon Mangga di Pekarangan Rumah 

Pohon Mangga
Sumber: Pixabay.com

1. Perlindungan Terhadap Rumah 

Manfaat pertama yang akan anda dapatkan ketika menanam pohon mangga di pekarangan rumah adalah perlindungan bagi rumah anda. Pohon yang satu ini memiliki karakteristik yang tinggi, bisa setinggi 8 sampai 20 meter. 

Tinggi tersebut tentu saja setara atau bahkan lebih tinggi dari beberapa rumah. Dengan tinggi yang hampir setara dengan tinggi kebanyakan rumah, pohon ini tentu saja mampu melindungi rumah anda dari beberapa hal. 

Pohon mangga akan menghalangi rumah anda dari hembusan angin yang terlalu kencang. Jika anda tinggal di jalan raya yang banyak dilalui oleh kendaraan dan menyebabkan polusi, pohon ini akan menghalau polusi tersebut agar tidak masuk ke rumah anda. 

2. Membuat Teduh 

Keuntungan lainnya yang akan anda dapatkan dengan pertumbuhan pohon mangga yang tinggi adalah sejuknya rumah dan pekarangan rumah anda. Batang pohon ini akan menghalangi sinar matahari sehingga anda bisa bebas bermain di pekarangan rumah tanpa takut kepanasan. 

Di dalam rumah, udara juga akan terasa menjadi lebih sejuk karena tidak ada lagi panasnya sinar matahari yang membuat suhu di ruangan rumah anda meningkat. Rumah anda akan terasa sangat teduh meski sedang siang hari dan matahari sangat terik. 

3. Membuat Udara Lebih Sejuk 

Pohon mangga akan membuat kualitas udara di sekitar rumah anda menjadi lebih baik dengan cara menghalang debu dan berbagai polusi. Namun, bukan hanya itu saja caranya. Pohon yang satu ini akan melakukan proses fotosintesis yang menyerap karbondioksida serta menghasilkan oksigen. 

Dengan proses tersebut, udara di sekitar pohon mangga akan menjadi lebih berkualitas. Rumah anda yang berada di sekitar tanaman tersebut akan mendapatkan pasokan oksigen yang lebih banyak. 

4. Mencegah Banjir dan Kekeringan 

Akar memiliki peran yang sangat penting untuk mengatur air dalam tanah sehingga mencegah banjir ataupun kekeringan. Hal ini disebabkan karena akar pohon mangga dan kebanyakan pohon lainnya akan mengikat air di dalam tanah sehingga pada saat musim hujan, air akan lebih mudah terserap oleh tanah. 

Pada saat musim kemarau, kekeringan sering melanda beberapa daerah. Jika anda tinggal di daerah yang mudah kering dan panas, menanam pohon mangga bisa menjadi jawaban karena air yang disimpan oleh akarnya akan dilepas begitu tanah menjadi kering. 

Sistem ini merupakan bentuk mekanisme cadangan makanan yang membuat pohon ini bisa bertahan hidup. 

5. Meredam Polusi Suara 

Pohon mangga tidak hanya bisa mengatasi polusi udara, tetapi juga polusi suara. Jika rumah anda berada di jalan raya, penuh dengan tetangga, atau proyek pembangunan, kebisingan merupakan hal yang sangat mengganggu. 

Meski tanaman rambat lebih efektif meredam kebisingan. Namun, pohon mangga juga bisa meredam kebisingan tersebut jika sudah tumbuh dengan ukuran yang besar. 

6. Manfaatkan Buahnya 

Seperti yang sudah diketahui, kebanyakan orang menanam pohon mangga untuk memanfaatkan buahnya. Anda juga bisa memakan buahnya jika menanam tanaman ini di pekarangan rumah. 

Dengan memiliki pohon mangga yang produktif, anda tidak perlu membeli buah mangga di pasar. Anda juga jadi lebih hemat. Jika anda cermat, anda bahkan bisa menjual mangga tersebut untuk mendapatkan sejumlah keuntungan. 

Anda bisa mengolah mangga tersebut menjadi beberapa olahan makanan, seperti kue, es krim, rujak, dan buah kering. Namun, anda harus merawat pohon mangga yang anda miliki dengan benar terlebih dahulu. Setelah anda merawat dengan benar, barulah pohon ini akan berbuah. 


Cara Merawat Pohon Mangga 

Setelah menanam pohon mangga di pekarangan rumah, anda tentunya ingin pohon tersebut berumur panjang dan menghasilkan buah mangga yang banyak. Untuk mencapai kedua tujuan tersebut, anda harus melakukan perawatan yang benar terlebih dahulu. 

Perawatan pertama yang harus anda lakukan adalah menyiram dan memberikan pupuk dengan rutin. Saat musim kemarau, anda harus menyiram pohon ini sebanyak dua kali dalam sehari. Jika musim hujan, tidak perlu terlalu sering menyiramnya. Jaga tanaman ini jangan sampai kering ataupun terlalu lembap. 

Pohon mangga rentan diserang hama dan jamur yang menyebabkan berbagai penyakit. Pohon yang penyakitan tidak akan bisa menghasilkan buah yang sehat. Untuk mengusir hama, anda bisa menggunakan insektisida. Gunakan fungisida untuk menghilangkan jamur. 

Perhatikan juga jangan sampai ada gulma yang tumbuh di sekitar pohon mangga karena tanaman liar tersebut sering mengambil nutrisi yang dibutuhkan oleh pohon ini. 
Pohon Mangga
Sumber: Photontorpedos.com

Setelah melihat berbagai kelebihan menanam pohon mangga di pekarangan rumah, adakah hal lain yang membuat anda ragu untuk segera menanam pohon ini?

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Menanam Pohon Mangga di Pekarangan Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel