Artikel Pilihan

Cara Menanam Pohon Mangga di Dalam Pot

Pohon Mangga
Hampir setiap orang menyukai buah yang dihasilkan oleh pohon mangga karena rasanya yang lezat. Dalam setahun, pohon mangga bisa menghasilkan puluhan kilo buah mangga jika dirawat dengan cara yang benar. Pohon ini akan mencapai usia yang produktif saat sudah mencapai umur 1,5 tahun sampai 2 tahun. 

Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika ingin menanam pohon ini adalah lahan yang sempit. Normalnya, pohon yang satu ini bisa tumbuh setinggi 8 meter sampai 20 meter. Namun, masih ada cara jika anda ingin menanam pohon mangga dengan lahan yang sempit. Menanamnya di dalam pot bisa menjadi cara untuk mengatasi masalah ini. 

Menanam Pohon Mangga di Pot 

Pohon Mangga
Sumber: Mamthroso.com

1. Memilih Bibit Terbaik 

Anda tidak akan bisa menanam kalau tidak ada bibitnya sehingga anda harus menyiapkan bibitnya terlebih dahulu. Ada 4 cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan bibit pohon ini, yaitu dengan cara generatif dengan mengambil biji mangga atau dengan cara vegetatif, seperti cangkok, stek, dan okulasi. 

Jika anda membeli di toko tanaman, bibit pohon mangga yang dijual juga berbentuk dari 4 proses tersebut. Setiap cara juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, seperti cara vegetatif yang membuat pohon ini tumbuh lebih cepat. Namun, pohon akan memiliki akar yang kurang kuat. 

Kelebihan cara generatif adalah pohon bisa tumbuh lebih kuat dan sehat, tetapi memiliki pertumbuhan yang agak sedikit lebih lambat. Tidak ada yang lebih unggul dari keempat cara tersebut. Anda harus mempertimbangkan dengan tempat anda menanam bibitnya. 

2. Mempersiapkan Pot 

Setelah mempersiapkan bibit yang terbaik, jangan lupa juga mempersiapkan pot karena kali ini anda akan menanam pohon yang satu ini di dalam pot. Anda harus menyiapkan pot yang ukurannya sesuai dengan pohon mangga. 

Pohon mangga bisa tumbuh hingga 1,5 meter jika ditanam dalam pot sehingga anda harus menyiapkan pot dengan ukuran yang cukup besar. Siapkan pot dengan ukuran 60 cm. Bisa dengan ukuran kotak ataupun bulat. 

Lubangi bagian bawah pot tersebut agar air yang anda siram bisa mengalir dan tidak mengenang di media tanam. Tanah yang terus basah akan membuat pohon ini mati. 

3. Siapkan Media Tanam 

Semua tanaman membutuhkan media tanam agar bisa tumbuh, begitu juga dengan pohon mangga. Media tanam ibaratkan rumah, dimana tempat pohon ini menyerap nutrisi. 

Ada berbagai media tanam yang bisa anda gunakan, seperti tanah, air, dan bahkan pasir. Media tanam yang baik bagi pohon mangga ada tanah yang dicampur dengan humus dan pupuk kandang dengan perbandingan yang sama, yaitu 1:1:1. Anda juga bisa menambahkan serbuk gergaji untuk menambah kualitas media tanam. 

Keempat campuran tersebut akan membuat media tanam mengandung unsur hara yang banyak. 

4. Penanaman 

Setelah anda menyiapkan banyak hal sebelumnya, kini anda sudah bisa masuk dalam proses penanaman. Siapkan pot terlebih dahulu dan masukkan serbuk gergaji. Hal ini bertujuan agar air cepat terserap ketika anda menyiramnya. 

Setelah itu, masukkan bibit pohon mangga dan tutup dengan media tanam yang lainnya. Jangan terlalu tinggi atau rendah dalam meletakkan media tanam, pastikan hanya 3/4 dibandingkan tinggi pot. 

Setelah itu, langsung berikan pupuk lagi dan siram tanaman yang baru anda tanam tersebut. 

5. Siram dan Beri Pupuk 

Proses penanam sudah selesai begitu anda meletakkan bibit dan media tanam dalam pot. Namun, anda masih harus merawat tanaman tersebut dengan teliti, terutama untuk usia awal. 

Pada saat awal, anda harus menyiramnya secara teratur. Siram dua kali dalam sehari, bisa pagi dan sore hari. Anda harus menyiram lebih sering kalau sedang musim kemarau karena tanah akan menjadi sangat kering. 

Jangan lupa juga untuk memberikan pupuk karena unsur hara dari pupuk penting untuk pertumbuhan pohon mangga. Berikan pupuk yang mengandung nitrogen, phospor, dan kalium. Anda juga bisa memberikan pupuk kandang. 

Meski pupuk bisa membantu pertumbuhan pohon mangga. Namun, jangan memberikannya terlalu banyak agar tanaman ini tidak kelebihan unsur hara yang justru jadi merugikan. 


Keuntungan Menanam Pohon Mangga Dalam Pot 

Menanam pohon mangga dalam pot juga memiliki beberapa keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah lebih hemat lahan dan tempat. Menghemat lahan juga merupakan tujuan anda menanam pohon ini dengan teknik tabulampot. 

Banyak daun dari pohon ini yang akan gugur setiap harinya jika anda menanam dengan cara yang biasa. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menanamnya dalam pot sehingga anda tidak perlu terus membereskan sampai daun yang gugur. Tanaman mangga dalam pot juga jadi lebih mudah dirawat. 

Dengan menanam dalam pot, pohon mangga juga akan menyerap air dengan lebih maksimal karena media tanamnya terbatas sehingga air tidak menyebar ke bagian yang lain. Nutrisi untuk pohon ini jadi lebih banyak. 

Menanam dalam pot biasanya hanya dilakukan untuk tanaman hias. Namun, anda juga bisa menumbuhkan pohon mangga sebagai tanaman hias sehingga tampilannya akan menjadi lebih baik. 
Pohon Mangga
Sumber: 99.co

Itulah cara menanam pohon mangga dalam pot yang harus anda ketahui. Pastikan anda mengikuti langkah tersebut dengan teliti agar tidak ada kesalahan dalam menanamnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Pohon Mangga di Dalam Pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel