Artikel Pilihan

Keuntungan Menanam Pohon Mangga Dalam Pot

Pohon Mangga
Pohon mangga merupakan salah satu tanaman buah yang paling sering ditemukan di Indonesia, bahkan di pekarangan rumah karena buah yang dihasilkan pohon yang satu ini merupakan buah favorit masyarakat Indonesia. Menanam dan merawat pohon mangga juga tidaklah sulit. Jika anda tidak memiliki lahan yang cukup, anda bisa menggunakan teknik tabulampot. 

Teknik tanaman buah dalam pot atau tabulampot merupakan teknik menanam pohon buah di dalam pot. Meski jarang ada yang menanam pohon mangga di dalam pot, cara yang satu ini memiliki beberapa kelebihan. Ada banyak sekali keuntungan yang akan anda dapatkan dari kelebihan tersebut. 

Keuntungan Menanam Pohon Mangga Dengan Tabulampot 

Pohon Mangga
Sumber: Republika.co.id

1. Bisa Menghemat Lahan 

Teknik menanam tanaman buah di dalam pot muncul karena adanya masalah keterbatasan lahan saat ingin menanam pohon buah yang besar dan tinggi. Menanam pohon mangga pot tentu sangat cocok bagi anda yang ingin menghemat lahan ataupun tidak memiliki lahan sama sekali. 

Karena anda menanam di dalam pot, anda tidak membutuhkan lahan yang luas. Anda bahkan bisa meletakkan pot tersebut di dalam ruangan. Namun, pot yang anda sediakan harus menyesuaikan dengan besar pohonnya. 

Jika anda ingin menanam pohon mangga, yang memiliki batang yang cukup besar, anda membutuhkan ukuran pot yang lebih besar. Untuk pohon ini, siapkan pot dengan ukuran diameter 60 cm. 

2. Tidak Menghasilkan Banyak Sampah 

Kelebihan lainnya menanam pohon mangga di dalam pot adalah pohon tidak akan menghasilkan banyak daun yang berguguran. Pohon yang ditanam dalam pot tidak menghasilkan banyak daun kering yang gugur karena sedikitnya hembusan angin yang membuat daun jadi rontok. 

Hal ini membuat tidak banyak sampah yang dihasilkan oleh pohon mangga yang ditanam degan teknik ini. Berbeda dengan pohon yang ditanam di lahan langsung danmenghasilkan banyak sekali daun kering sehingga anda harus sering membereskannya. 

3. Mudah Dirawat 

Perbedaan paling mencolok antara pohon mangga yang ditanam di sebuah lahan dan dalam pot adalah cara perawatannya. Merawat pohon ini memang sangat mudah. Namun, akan terbatas jika anda menanamnya di lahan secara langsung karena anda sulit mengendalikan cuaca. 

Bila sedang musim hujan, media tanam pohon ini akan menggenang dan membuatnya busuk sehingga anda harus mempunyai sistem penyerapan air yang baik. Jika anda hanya menggunakan pot, anda cukup membuat lubang di bawah pot sehingga air bisa mengalir ke bawah. 

Bila sedang musim kemarau, pohon berisiko untuk kekeringan and akhirnya mati. Namun, bila anda menanam di dalam pot, anda bisa meletakkannya di dalam ruangan sehingga tanaman jarang menjadi kering. 

Anda juga harus sering memangkas bagian dari pohon mangga jika ada bagian yang rusak atau terkena penyakit. Akan sangat sulit memotong bagian yang terlampau tinggi. Jika menanam di dalam pot, biasanya pohon ini tidak akan tumbuh terlalu tinggi sehingga tidak membutuhkan tenaga yang lebih untuk memotongnya. 

4. Penyerapan yang Optimal 

Setiap hari, tanaman perlu disiram dan diberikan pupuk. Namun, tidak semua air dan pupuk yang anda berikan bisa diserap optimal oleh pohon mangga. Hal ini dikarenakan media tanam yang terlalu luas sehingga air bisa mengalir ke tempat lain yang tidak terjangkau oleh akar pohon ini. 

Jika menanam di dalam pot, media tanam sangat terbatas dan tidak melebar ke tempat lain sehingga air hanya bisa tertampung di pot tersebut. Akar pohon mangga bisa menyerap air yang anda siram dengan lebih optimal. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa teknik ini bisa membuat pohon menyerap air dan pupuk 80% lebih optimal dibandingkan menanam di lahan yang luas. 

5. Bisa Jadi Tanaman Hias 

Teknik tabulampot sering dipakai untuk menjadi tanaman buah menjadi tanaman hias. Pohon beringin bahkan bisa menjadi bonsai jika menggunakan teknik yang satu ini. 

Jika anda ingin memiliki tanaman hias dan pohon mangga dalam satu bentuk, menanam pohon tersebut di dalam pot bisa menjadi solusinya. Anda bisa menghiasnya sebagus mungkin. 

6. Biaya yang Hemat 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya kalau anda harus memperhatikan sistem penyerapan air jika ingin menanam pohon di lahan yang terbuka sehingga anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar. 

Anda bisa menghemat biaya tersebut jika menanam pohon mangga di pot karena anda cukup melubangi bagian bawah pot saja. Selain itu, perawatan yang lebih mudah juga membuat anda bisa menghemat biaya. 


Kekurangan Menanam Pohon Mangga Dengan Tabulampot 

Dibalik semua kelebihannya, menanam pohon mangga dengan teknik yang satu ini juga memiliki beberapa kelemahan, meski kelemahannya tidak terlalu merugikan dan tidak sebanding dengan kelebihannya. 

Satu-satunya kelemahan menanam pohon mangga dalam pot adalah hasil yang tidak maksimal. Karena bentuknya yang menjadi lebih kecil, pohon ini tidak bisa berbuah dengan banyak. 

Dalam masa panen, pohon mangga hanya bisa menghasilkan beberapa buah mangga saja dibandingkan anda menanam pohon tersebut langsung di tanah yang luas. 
Pohon Mangga
Sumber: Tabloidsinartani.com

Itulah kelebihan menanam pohon mangga di dalam pot yang harus anda ketahui. Meski memiliki kelebihan, cara ini juga memiliki kelemahan sehingga anda harus mempertimbangkannya dengan sangat baik.

Belum ada Komentar untuk "Keuntungan Menanam Pohon Mangga Dalam Pot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel