Artikel Pilihan

Cara Agar Pohon Jeruk Menghasilkan Buah yang Manis

Pohon Jeruk

Anda pasti mengharapkan buah yang berkualitas ketika menanam pohon jeruk, baik untuk dikonsumsi sendiri atau dijual lagi. Umumnya, pohon jeruk akan mulai berbuah saat berumur 8 bulan. Namun, ada beberapa jeruk yang akan panen pada umur 4 tahun, seperti jeruk keprok. Ada juga jeruk yang berbuah saat berumur 2 tahun, seperti jeruk siam.

Rasa jeruk tergantung dari jenis pohon jeruk yang anda tanam. Jeruk nipis, jeruk purut, jeruk lemon, dan jeruk limau memiliki rasa yang asam. Jenis jeruk yang lain memiliki rasa yang manis jika sudah matang. Namun, ada beberapa jeruk yang memiliki rasa yang kuras manis. Jika buah jeruk yang dihasilkan tanaman anda kurang manis, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. 

Cara Agar Pohon Jeruk Menghasilkan Buah yang Lebih Manis 

Pohon Jeruk
Sumber: tipspetani.com

1. Menentukan Suhu yang Lebih Panas 

Soal suhu, tanaman ini satu ini agak cerewet. Suhu tempat anda menanam pohon jeruk haruslah pas, bila lebih dingin atau lebih panas sedikit, tanaman ini sulit menghasilkan buah yang berkualitas. 

Hampir semua jenis jeruk lebih bagus tinggal pada suhu 25 derajat celcius sampai 30 derajat celcius. Jika tempat tinggal anda terlalu panas atau terlalu dingin. Namun, tetap ingin menanamnya, anda bisa menggunakan teknik tabulampot. 

Tabulampot adalah teknik menanam tanaman buah dalam pot yang nanti pot tersebut bisa anda bawa ke dalam ruangan yang suhu sudah anda atur. Anda juga bisa menggunakan rumah kaca untuk menanam tanaman ini. 

Namun, suhu yang panas membuat buah jeruk menghasilkan gula yang lebih banyak sehingga rasanya lebih manis. Anda tetap harus berhati-hati karena suhu panas membuat pohon ini cepat mati. 

2. Berikan Sinar Matahari 

Sudah dijelaskan sebelumnya kalau suhu yang panas membuat buah jeruk menghasilkan gula yang lebih banyak untuk membuat rasanya menjadi lebih manis. Karena itu, anda perlu memastikan kalau tanaman ini mendapatkan sinar matahari yang cukup agar suhu yang diterimanya lebih hangat. 

Selain itu, sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi pohon jeruk. Salah satunya adalah membantu proses pernapasan tanaman ini sehingga menghasilkan nutrisi yang dibutuhkan. 

Setidaknya tanaman ini membutuhkan sinar matahari selama 5 jam setiap harinya. Kalau anda menanam di dalam pot dan meletakkan di suatu ruangan, rajin-rajinlah memindahkannya keluar agar terkena cahaya matahari. 

3. Pemberian Air yang Tepat 

Jumlah air yang sesuai merupakan kunci sukses dalam membuat tanaman menjadi subur. Tanpa adanya air, pohon jeruk tidak akan bisa tumbuh, apalagi menghasilkan buah jeruk yang manis. 

Pohon jeruk juga merupakan tanaman yang agak ribet soal air. Alasannya masih berkaitan dengan suhu yang diperlukan oleh tanaman ini. Media tanam pohon ini tidak boleh terlalu lembap, meski anda harus menyiramnya setiap hari dan tidak boleh terlalu kering. 

Pastikan anda selalu menyiram tanaman ini setiap hari, pada suhu yang normal. Jika musim panas, siramlah tanaman ini dua kali sehari. Waktu menyiram yang baik adalah saat pagi hari sebelum matahari terbit dan sore hari saat matahari akan terbenam. 

Sebaliknya, kalau musim hujan, lebih baik anda kurangin penyiramannya. Jika memang harus menyiram, siram saja satu kali dalam sehari. Tanah yang lembap sepanjang hari akan membuat tanaman ini cepat busuk. Selain itu, rasa buah yang dihasilkan juga asam. 

Jika saat musim hujan, tanah berisiko tergenang air. Pohon ini tidak akan hidup dengan umur panjang di tanah yang tergenang air sehingga anda harus membuat sistem penyerapan air dari tanah agar tanah cepat kering. 

Kalau anda menggunakan teknik tabulampot untuk menanam pohon jeruk, pastikan anda sudah membuat lubang pada bagian bawah pot sebagai tempat keluarnya air. 

4. Pemilihan Bibit yang Terbaik 

Sebenarnya cara menghasilkan buah jeruk yang manis sudah harus dilakukan sejak pemilihan bibitnya. Agar mendapatkan buah jeruk termanis, pilihlah pohon yang produktif dan menghasilkan buah yang berkualitas pula. 

Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan bibit tanaman ini dari pohon jeruk. Salah satu caranya adalah dengan metode cangkok. Jika anda ingin menggunakan metode ini, ambillah batang bawah karena akan menghasilkan buah yang lebih manis. 

Selain menggunakan metode cangkok pada pohon langsung, anda juga bisa menanam menggunakan biji buah. Namun, sebelum menanam biji jeruk secara asal, pastikan terlebih dahulu kalau anda mendapatkan biji dari buah jeruk yang manis. 

Cara ini setidaknya bisa memastikan kalau anda mendapatkan bibit biji tersebut dari buah yang berkualitas. 

Cara Menanam Pohon Jeruk 

Selain keempat cara di atas, anda juga harus memperhatikan cara penanaman anda terhadap pohon jeruk yang anda miliki. Cara penanaman yang salah tentu tidak akan menghasilkan pohon yang baik. 

Untuk menanamnya cukup mudah, anda perlu mencari pot atau tanah dengan lubang berdiameter 30 cm sampai 60 cm. Setelah itu, anda hanya perlu memberikan pupuk sebelum menanam bibit pohon jeruk. Jika sudah tanam bibit tersebut dan segera siram. 
Pohon Jeruk
Sumber: pertanianku.com
Itulah cara agar pohon jeruk dapat menghasilkan buah yang manis. Apakah anda sudah melakukan keempat cara tersebut dengan benar? Selamat mencoba ya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Pohon Jeruk Menghasilkan Buah yang Manis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel