Artikel Pilihan

Urutan Alat-Alat Bonsai Terpenting Hingga yang Tidak Wajib Dimiliki

Alat-Alat Bonsai

Pohon bonsai merupakan tanaman hias yang memerlukan perawatan ekstra menggunakan alat-alat bonsai. Anda bisa membeli langsung semua alat-alat bonsai tersebut bila memiliki uang yang mencukupi. Namun, tidak semua orang memiliki uang yang cukup untuk membeli semua peralatan bonsai.

Ada banyak alat-alat bonsai yang harus anda miliki. Namun, ada juga beberapa peralatan bonsai yang tidak wajib anda miliki karena fungsinya dapat diganti dengan alat lain. Ada tang, gunting, gergaji, pisau, penyerok tanah, kawat, kuas pembersih, kawat bonsai, dan meja pemutar yang bisa anda beli. Sebaiknya yang mana dulu yang dibeli? 

Urutan Alat-Alat Bidara dari yang Terpenting 


1. Gunting dan Pemotong Ranting 

Ranting pohon bonsai dapat tumbuh panjang dan mengganggu bentuk yang anda inginkan. Karena itu, anda harus sering memotong ranting pohon bonsai tersebut. Anda bisa saja memotongnya dengan menggunakan gunting biasa. Namun, karena tidak didesain untuk memotong ranting, ranting yang tertinggal akan menjadi jelek. 

Kalau anda ingin memiliki pohon bonsai dengan ranting yang rapi, setidaknya anda wajib memiliki gunting pemotong ranting. Begitu juga dengan tang yang digunakan untuk memotong ranting yang lebih kuat. 

Alat-alat bonsai ini merupakan peralatan yang harus dimiliki oleh seorang pemilik pohon bonsai agar bisa membentuk bonsai sesuai dengan imajinasi. Tanpa adanya kedua alat tersebut, akan sangat sulit untuk membuat pohon bonsai yang indah. 

2. Pisau Bonsai 

Pisau khusus tanaman bonsai juga merupakan alat yang dimodifikasi dari pisau biasa yang berukuran besar. Ukuran pisau khusus bonsai dibuat lebih kecil menyesuaikan dengan ukuran pohon bonsai. 

Salah satu kelebihan alat-alat bonsai ini sehingga menjadi alat yang terpenting adalah alat ini memiliki fungsi yang sangat banyak. Anda bisa menggunakan pisau bonsai untuk memotong ranting, daun, akar, dan tanaman liar yang mengganggu bonsai. 

3. Gergaji Bonsai 

Ada banyak sekali jenis gergaji bonsai yang menyesuaikan dengan bentuk pohon bonsai yang anda tanam. Gergaji bonsai digunakan untuk memotong batang yang besar pada bagian bonsai. 

Sebenarnya fungsi gergaji bonsai dapat diganti dengan pisau bonsai. Namun, batang yang terlalu kuat tidak akan bisa dipotong dengan pisau bonsai. Itulah mengapa anda harus memiliki alat-alat bonsai ini. 

4. Pemahat Bonsai 

Dari namanya, anda pasti sudah tahu kalau fungsi alat ini adalah untuk memahat batang pohon bonsai. Apakah perlu untuk memahat pohon bonsai? Kalau anda ingin memiliki pohon bonsai dengan bentuk yang indah, maka peralatan ini wajib anda miliki. 

Bila anda hanya ingin membentuk batangnya dengan kawat saja, alat ini juga wajib dimiliki. Kenapa? Karena fungsi lain dari pemahat bonsai adalah menyingkirkan sisa ranting yang telah anda potong sebelumnya. 

5. Kuas Pembersih 

Kuas pembersih yang dirancang untuk membersihkan pohon bonsai berbeda dengan kuas pembersih pada umumnya. Kuas ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih halus sehingga anda tidak perlu khawatir menghancurkan batang atau ranting dari pohon bonsai. Itulah alasan kenapa kuas pembersih khusus pohon bonsai wajib anda miliki. 

6. Kawat Bonsai dan Tang Pemotong Kawat 

Kawat bonsai berfungsi untuk membentuk batang dan ranting sesuai dengan keinginan anda. Sebenarnya fungsi kawat bonsai dapat digantikan dengan tali. Namun, hasilnya tidak akan seindah bila menggunakan kawat bonsai. 

Kalau anda sudah memutuskan untuk membeli kawat bonsai, jangan lupa juga membeli tang pemotong kawat bonsai. Tang pemotong ini berfungsi agar kawat tidak tajam saat dipotong hingga tidak melukai batang bonsai. Alat-alat bonsai ini sudah seperti satu paket yang harus anda beli keduanya. 

7. Meja Putar 

Alat-alat bonsai yang penting urutan ketujuh adalah meja putar. Alat ini berfungsi untuk memudahkan pekerjaan anda saat merawat bonsai dengan memutarkan pohon bonsai. Alat ini dijual dengan harga yang beragam, mulai dari 90 ribu hingga ratusan ribu Rupiah. Kalau anda tidak masalah harus terus berputar saat merawat bonsai, maka anda tidak terlalu memerlukan alat ini. 

8. Penggaruk Tanah 

Alat-alat bonsai terakhir yang dinilai lumayan penting adalah penggaruk tanah. Alat yang satu ini berfungsi untuk meratakan tanah yang sudah menggumpal. Tanah yang menggumpal memang tidak baik bagi tanaman. 

Anda bisa mengganti penggaruk tanah khusus bonsai dengan beberapa alat lain dengan fungsi yang hampir sama. Meskipun tidak akan semudah bila menggunakan penggaruk tanah, setidaknya hasilnya tidak akan jauh berbeda. 


Alat-Alat Bonsai yang Lainnya 

Kawat Bonsai
Sumber: ruparupa.com
Selain alat-alat bonsai di atas yang dinilai terpenting, ada juga beberapa peralatan bonsai lainnya yang bisa anda beli. Salah satunya adalah tas peralatan bonsai yang memiliki fungsi untuk menjaga peralatan bonsai anda. 

Alat-alat bonsai yang anda miliki bisa disimpan dalam tas tersebut sehingga tidak mudah rusak dan hilang. Tas tersebut umumnya berbentuk lipatan dengan beberapa cantolan untuk meletakkan peralatan bonsai. 

Tas bonsai memiliki harga sekitar 300 ribu Rupiah. Alat ini tidak wajib untuk anda miliki. Namun, tidak ada salahnya membeli alat ini agar bisa menjaga alat-alat bonsai anda yang lainnya. 
Gergaji Bonsai
Sumber: markamitra.co.id
Apakah anda sudah membeli alat-alat bonsai yang termasuk penting? Bila anda belum membelinya, sebaiknya anda segera membeli alat tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Urutan Alat-Alat Bonsai Terpenting Hingga yang Tidak Wajib Dimiliki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel