Artikel Pilihan

Peran Unsur Hara Bagi Pohon Bidara

Pohon Bidara

Pohon bidara merupakan tanaman yang biasanya tumbuh di daerah yang kering. Negara seperti Libya, Aljazair, atau Mesir merupakan habitat asli dari pohon bidara atau Ziziphus mauritiana. Meski tinggal di daerah dengan matahari yang terik. Namun, tanaman yang berbunga ini juga harus terkena air untuk pertumbuhan batangnya.

Selain harus tetap disiram dengan air, anda juga harus memperhatikan kebutuhan pohon bidara, seperti unsur hara. Unsur hara dapat membantu perkembangan tanaman ini jadi lebih berkualitas. Unsur hara terbagi dua, yaitu makro dan mikro, yang membedakan jumlah kebutuhan tanaman. 

Peran Berbagai Unsur Hara Terhadap Pohon Bidara 

Pohon Bidara
Sumber: sehatq.com

1. Nitrogen 

Unsur hara pertama yang sangat berguna untuk tanaman apa saja, termasuk pohon bidara adalah nitrogen. Unsur yang berlambang N ini merupakan unsur hara makro yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang banyak. 

Peran unsur nitrogen ini adalah untuk merangsang pertumbuhan tanaman, terutama untuk bagian batang, daun, dan akar. Selain itu, zat hijau atau klorofil pada daun bidara juga terbentuk karena unsur yang satu ini. 

Pembentukan lemak, karbohidrat, dan protein juga karena peran dari nitrogen. Karena perannya yang sangat penting, usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan nitrogen tanaman bidara anda. 

2. Phospor 

Unsur hara dengan lambang P ini berperan untuk mempercepat pertumbuhan akar. Perannya sangat penting bagi pohon bidara muda atau yang baru anda tanam. Phospor juga membentuk protein, sama seperti nitrogen. 

Peran lainnya untuk tanaman adalah membantu pernapasan pada tanaman. Jumlah Phospor yang tepat bisa membantu tanaman menyebarkan oksigen yang banyak. Buah bidara juga jadi cepat tumbuh dan masak kalau diberikan unsur hara yang satu ini dengan rutin. 

3. Kalium 

Unsur yang satu ini juga sangat penting bagi pohon bidara karena dapat membentuk karbohidrat dan protein yang memperkokoh batang bidara. Unsur dengan lambang K ini juga merupakan unsur hara makro yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. 

Karena memperbanyak karbohidrat dan protein, secara tidak langsung kalium juga memperkuat bunga, buah, dan daun bidara. 

Peran paling penting unsur kalium bagi tanaman adalah menjaga daya tahan tanaman agar tidak mudah terserang penyakit. 

4. Magnesium 

Unsur magnesium atau Mg ini merupakan unsur hara mikro yang hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil. Mesk hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil, magnesium juga punya peran yang penting bagi pohon bidara. 

Magnesium membantu pembentukan zat hijau daun bidara atau klorofil, lemak, karbohidrat, dan beberapa zat lain yang penting bagi tanaman. Selain itu, magnesium juga membantu penyebaran unsur phospor. 

5. Kalsium 

Kalsium merupakan zat yang sangat penting bagi makhluk hidup. Manusia saja membutuhkan kalsium untuk memperkuat tulang dan membuat tinggi. Peran yang sama juga berguna untuk pohon bidara. 

Unsur hara yang termasuk mikro ini dibutuhkan pohon bidara untuk membentuk bulu pada akar dan memperpanjang akar. Selain itu, kalsium berfungsi untuk mengeraskan batang bidara serta mempercepat pembentukan buah bidara. Peran paling penting dari kalsium untuk tanaman adalah menetralkan senyawa yang merugikan bagi tanaman. 

6. Sulfur 

Sulfur atau belerang juga merupakan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, meski dalam jumlah yang sedikit. Unsur hara dengan lambang S ini berperan untuk membentuk dan membantu pertumbuhan akar pohon bidara. 

Daun bidara akan berubah menjadi kering dengan warna hijau yang tidak merata kalau kekurangan unsur hara mikro yang satu ini. Gejala lainnya bisa anda lihat dari pertumbuhan pohon yang pendek, dimana biasanya pohon bidara mampu tumbuh hingga 40 meter. 

7. Besi 

Unsur hara selanjutnya yang dibutuhkan oleh tanaman adalah besi atau Fe. Unsur hara ini merupakan unsur hara mikro yang hanya boleh diberikan sedikit pada tanaman. 

Kalau anda memberikan unsur besi terlalu banyak, pohon bidara malah akan keracunan. Besi berfungsi untuk membantu proses pernapasan pada tanaman sehingga penyerapan antioksida dan pelepasan oksigen semakin cepat. Selain itu, besi juga membantu pembentukan klorofil atau zat hijau pada daun bidara. 

8. Mangan 

Mangan atau yang sering dilambangkan dengan Mn ini berfungsi untuk memperlancar pernapasan pohon bidara. Mangan juga berperan untuk membentuk enzim pada pohon bidara. 

Namun, anda tidak perlu terlalu pusing memenuhi kebutuhan mangan untuk tanaman yang satu ini karena mangan merupakan unsur hara mikro yang tidak terlalu dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. 

9. Seng 

Seng merupakan salah satu unsur hara yang berperan bagi manusia, yaitu untuk membentuk enzim. Ternyata, peran yang sama juga berlaku bagi tanaman. Unsur hara dengan lambang Zn ini juga mengaktifkan enzim yang penting bagi pohon bidara. 

Cara Pemberian Unsur Hara Untuk Pohon Bidara 

Unsur hara tersebut bisa anda berikan untuk pohon bidara dengan cara memberikan pupuk secara rutin. prioritaskan untuk memberikan unsur hara makro untuk tanaman. 

Selain dari pupuk, anda juga harus memperhatikan tanah media tanam untuk pohon bidara. Tanah yang baik merupakan tanah yang kaya akan unsur hara. 
Pohon Bidara
Sumber: linkarnews.com
Apakah anda sudah paham dengan peran penting unsur hara tersebut bagi pohon bidara? Unsur hara ibarat vitamin bagi tanaman sehingga anda harus memenuhi kebutuhannya. Semoga artikel kali ini menambah wawasan baru dalam merawat pohon bidara anda ya!

Belum ada Komentar untuk "Peran Unsur Hara Bagi Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel