Artikel Pilihan

Mau Menjual Alat-Alat Bonsai? Perhatikan Modal Anda Dulu

Bonsai Beringin

Alat-alat bonsai merupakan benda wajib yang harus dimiliki jika seseorang mempunyai tanaman bonsai. Bila anda hobi menanam bonsai, anda juga pasti memiliki alat-alat bonsai. Semua orang yang mempunyai tanaman bonsai rela mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli peralatan bonsai. Harga satu peralatan bonsai bisa mencapai ratusan ribu.

Kalau kamu jeli melihat peluang, maka anda pasti pernah berpikir untuk menjual alat-alat bonsai. Namun, berbisnis peralatan bonsai tidaklah mudah. Banyak hal yang harus anda persiapkan, salah satunya adalah modal. Namun, bukan berarti anda tidak bisa membuka bisnis peralatan bonsai dengan modal yang kecil. Masih ada beberapa alternatif yang bisa anda coba. 

Cara Berbisnis Alat-Alat Bonsai Jika Modal Kecil 

Kawat Bonsai
Sumber: gramho.com

1. Sistem Reseller 

Sistem reseller merupakan sistem bisnis dimana anda akan membeli barang dari supplier dan kemudian anda menjual lagi kepada pembeli setelah menaikkan harga barangnya. Sistem ini umum terjadi di berbagai bisnis sekarang ini, anda juga bisa menerapkannya pada bisnis alat-alat bonsai. 

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari supplier penyedia peralatan bonsai yang membuka sistem reseller. Pastikan kalau kualitas peralatan bonsai yang mereka jual cukup bagus. 

Setelah itu, lihat reputasi mereka sebagai supplier. Reputasi yang harus anda lihat adalah bagaimana cara mereka melayani orang yang mau menjadi reseller mereka. Perhatikan juga harga yang mereka tawarkan. Umumnya, supplier harus memberikan harga yang murah dibandingkan pasaran. 

Hindari juga supplier yang bisa merebut pelanggan anda. Supplier bisa merebut pelanggan anda dengan cara memasang harga yang sama yang ditawarkan kepada anda. Dengan harga yang lebih murah, supplier itu bisa lebih mudah mendapatkan pelanggan. 

2. Sistem Dropship 

Selain sistem reseller, sistem dropship juga sering dijumpai bagi pelaku bisnis yang belum memiliki modal yang terlalu besar. Sistem yang satu ini memungkinkan anda berjualan tanpa memerlukan stok. Bagaimana caranya? 

Anda hanya perlu menjual seperti biasa. Setelah ada yang membeli, anda tinggal memesan kepada supplier. Pihak supplier akan mengirimkan alat-alat bonsai yang dibeli sesuai dengan nama anda. 

Meski bisa mengatasi masalah modal yang kecil, ada beberapa kekurangan sistem dropship. Kekurangan tersebut adalah anda tidak bisa menerima transaksi cash on delivery atau bertemu secara langsung dengan pembeli dengan membawa barangnya. 

Selain itu, anda juga akan kesulitan mengecek stok yang ada di supplier karena harus bertanya terus kepada mereka. Karena itu, carilah supplier yang memiliki pelayanan yang bagus serta cepat membalas pesan anda. 

Pastikan juga supplier ini tidak pernah berbuat curang dengan cara memberikan namanya, bukan nama anda. Jangan lupa juga anda harus mencari harga yang bisa bersaing di pasaran. 

3. Buka Toko Online 

Setelah anda menentukan akan menggunakan sistem reseller atau sistem dropship, anda bisa memutuskan untuk membuka toko online. Toko yang memanfaatkan jaringan internet ini sangat cocok bagi anda yang ingin berbisnis alat-alat bonsai, tetapi tidak memiliki modal yang cukup. 

Dengan membuka toko online, anda tidak perlu menyediakan gedung. Modal yang anda miliki bisa digunakan untuk membeli peralatan bonsai sebagai stok, membuat website, dan sebagai biaya iklan. 

Kalau anda tidak mau membuat website sendiri, anda juga bisa berjualan di marketplace. Sudah banyak marketplace besar di Indonesia. Kelebihan lain dari toko online adalah anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Anda bisa menjual alat-alat bonsai kepada orang di satu negeri ini, bukannya hanya di tempat daerah anda tinggal. 

4. Manfaatkan Media Sosial 

Kalau anda sudah mulai membuka toko online yang menjual alat-alat bonsai, anda harus segera melakukan promosi agar ada orang yang menyadari toko online milik anda. Ada banyak sekali strategi promosi yang bisa anda lakukan. 

Sebagai pemula dengan modal yang kecil, lebih baik anda menggunakan promosi yang gratis terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Kalau anda sudah mengumpulkan modal yang lebih besar, anda bisa menggunakan iklan di berbagai media sosial tersebut. 

Cara Sukses Berbisnis Alat-Alat Bonsai 


Setelah anda menentukan cara berjualan alat-alat bonsai dengan modal yang terbatas, anda juga harus belajar cara agar bisa sukses mengembangkan bisnis ini. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar bisa sukses menjual berbagai peralatan bonsai. 

Pertama, karena anda berjualan secara online, pastikan gambar yang anda pampang bagus sehingga menarik minat dari pembeli. Kalau anda masih memiliki sisa modal, belilah kamera yang bagus atau menyewa jasa fotografi untuk mengambil gambar alat-alat bonsai yang anda jual. 

Kedua, saat ada orang yang menghubungi anda, biasakan untuk segera membalas. Jangan biarkan orang yang berpotensi menjadi pelanggan anda menunggu lama. Berikan pelayanan yang baik dan kasih informasi bahwa alat-alat bonsai yang anda jual memiliki kualitas yang tinggi. Berikan juga penawaran yang menarik sehingga mereka terdesak untuk membeli sekarang juga. 
Gunting Bonsai
Sumber: markamitra.co.id
Sudahkah anda menentukan untuk menjual alat-alat bonsai dengan sistem apa? Baik sistem dropship atau reseller, toko online atau toko konvensional memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, ada harus menyesuaikan dengan modal yang anda miliki ya.

Belum ada Komentar untuk "Mau Menjual Alat-Alat Bonsai? Perhatikan Modal Anda Dulu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel