Artikel Pilihan

Hal yang Harus Diperhatikan Kalau Mau Berbisnis Alat-Alat Bonsai

Bonsai Kelapa

Apa hal yang paling wajib dimiliki oleh orang yang mempunyai tanaman bonsai? Jawabannya adalah alat-alat bonsai. Tanpa alat-alat bonsai, orang-orang tidak akan bisa membuat tanaman bonsai menjadi lebih indah. Kebutuhan akan peralatan bonsai bagi orang yang mempunyai tanaman bonsai bisa menjadi ide bisnis menarik.

Anda bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan menyediakan alat-alat bonsai yang berkualitas. Namun, anda juga harus memperhatikan banyak hal sebelum memulai bisnis peralatan bonsai. Beberapa hal ini akan menentukan ketahanan serta arah dari bisnis menjual peralatan bonsai yang akan anda mulai. 

Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Berbisnis Alat-Alat Bonsai 


1. Modal 

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah modal yang anda miliki untuk memulai bisnis alat-alat bonsai. Banyak atau sedikitnya modal akan mempengaruhi model bisnis yang anda miliki. 

Anda tidak akan bisa memiliki toko dengan gedung yang mewah bila anda hanya memiliki modal yang sedikit. Karena itu, kalau anda hanya memiliki modal yang sedikit, anda harus menerapkan strategi yang berbeda. 

Sistem dropship dan membuka toko online bisa menjadi opsi kalau anda hanya memiliki modal yang sangat sedikit. Sistem dropship memungkinkan anda untuk bisa jualan tanpa harus melakukan stok terhadap barang, sedangkan toko online membuat anda berjualan tanpa harus memiliki gedung. 

Kedua pilihan tersebut bisa membuat anda memfokuskan modal yang anda miliki untuk merancang strategi pemasaran yang lebih baik. Strategi pemasaran yang baik akan mendatangkan banyak pembeli sehingga anda bisa mengembangkan bisnis anda. 

2. Supplier 

Untuk mendapatkan alat-alat bonsai yang akan anda jual, anda harus mencari supplier yang juga menjual barang yang sama. ada beberapa kriteria yang dalam memilih supplier peralatan bonsai yang harus anda ketahui. 

Pertama, cari supplier peralatan bonsai yang memberikan potongan harga kepada anda sehingga anda dapat bersaing di pasaran. Kedua, pilih supplier yang memberikan pelayanan terbaik, terutama kalau kamu ingin menerapkan sistem dropship. 

Selain kriteria itu, ada kriteria terpenting, yaitu mencari supplier yang terpercaya. Menjaga hubungan baik dengan supplier dengan kepercayaan sangat penting agar bisnis peralatan bonsai anda dapat berjalan dengan lancar. 

Anda bisa mencari supplier peralatan bonsai yang anda di dalam negeri ataupun dari luar negeri. Kalau anda memutuskan mencari supplier dalam negeri, pastikan kalau supplier tersebut merupakan tangan pertama agar anda mendapatkan harga yang lebih murah. 

Kalau anda ingin membeli dari supplier yang berasal dari luar negeri, pastikan kalau ongkos kirimnya tidak terlalu besar dan masih bisa tertutupi dengan harga jual anda. 

3. Strategi Pemasaran 

Pemasaran merupakan ujung tombak dari sebuah bisnis. Tanpa adanya penjualan, bisnis anda tidak akan bisa berumur panjang. Karena itu, anda harus sangat serius dalam merancang strategi pemasaran. 

Ada banyak alat bantu pemasaran yang bisa anda pakai, mulai dari yang gratis sampai yang berharga mahal. Kalau ingin gratis, anda bisa menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis alat-alat bonsai anda. 

Selain itu, berikan pelayanan yang bagus agar pelanggan yang pernah membeli di tempat anda kembali lagi dan merekomendasikan toko peralatan bonsai anda kepada orang lain. 

Bila anda sudah mengumpulkan modal lebih dan ingin mencoba strategi pemasaran berbayar, seperti iklan, anda bisa mencoba memasang iklan di media sosial atau menyewa artis untuk merekomendasikan peralatan bonsai yang anda jual. 

4. Brand 

Memiliki brand tidak harus memiliki produk dengan logo brand anda. Nama toko juga sudah termasuk brand sehingga harus anda perhatikan. Buatlah logo yang meyakinkan agar orang tertarik untuk membeli di toko anda. 

Selain itu, bangun juga brand yang ramah, elegan, dan berkualitas dengan cara menjual alat-alat bonsai yang berkualitas dan memberikan pelayanan yang cepat. Membangun brand merupakan perjalanan yang panjang dalam sebuah bisnis. Namun, merupakan cara yang jitu untuk membangun kepercayaan dari pembeli. 

Bagaimana Cara Menjual Alat-Alat Bonsai? 

Pahat Bonsai
Sumber: tanamanbonsai.com
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam berbisnis alat-alat bonsai. Membuat strategi marketing bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, ada beberapa cara yang efektif untuk memasarkan peralatan bonsai. 

Gunakan strategi word of mouth atau kekuatan dari kata-kata orang yang pernah membeli alat-alat bonsai dari anda. Inti utama dari strategi ini adalah agar orang yang pernah membeli peralatan bonsai dari toko anda merekomendasikan kepada orang lain. 

Orang lain akan lebih percaya dengan orang yang mereka kenal dan sebelumnya pernah membeli di toko alat-alat bonsai milik anda. Maka, orang yang direkomendasikan tersebut akan segera membeli di toko anda. 

Karena itu, memberikan pelayanan yang terbaik meski orang tersebut tidak membeli merupakan hal yang penting. Hal kedua, jangan lupa pelanggan yang pernah membeli alat-alat bonsai di toko milik anda. 

Meski sudah tidak memberikan keuntungan lagi. Namun, pelanggan yang pernah membeli merupakan aset yang berharga. Karena itu, terus follow up keadaan pelanggan yang pernah membeli di toko anda. 
Gunting Bonsai
Sumber: 99.co
Apakah anda sudah mempersiapkan semua hal tersebut? Jika belum, sebaiknya anda segera mempersiapkannya agar bisa segera memulai bisnis alat-alat bonsai.

Belum ada Komentar untuk "Hal yang Harus Diperhatikan Kalau Mau Berbisnis Alat-Alat Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel